10 Gestur Rahasia Android Yang Belum Diketahui

By | September 8, 2015

10 Gestur Rahasia Android Yang Belum Diketahui – Navigasi utama smartphone atau tablet Android mengandalkan layar nya, selain itu sisanya menggunakan softkey ( apabila memilikinya). Tentunya jari Anda berperan besar untuk melakukan navigasi di layar. Oleh karena itu secara built in sistem Android sudah menyediakan fasilitas gestur untuk memaksimalkan fungsi fungsi tertentu. Dan tentunya intinya akan memudahkan anda dalam bernavigasi.

Anda pasti sudah mengenal beberapa gestur default bukan? Seperti misalnya untuk melakukan zoom in dan zoom out melalui gestur pinch to zoom. Ini dapat dilakukan di beberapa kondisi seperti saat melihat foto atau membaca artikel di website. Tetapi menariknya disini adalah terdapat beberapa gestur yang bisa jadi anda tidak ketahui, namun justru Gestur ini dapat membantu anda untuk mengakses bagian tertentu di system. Berikut penjelasannya.

Cara Mengetahui Versi Android dan Namanya Dengan Mudah 2

Di bawah ini adalah 10 Gestur rahasia Android yang mungkin saja belum Anda ketahui:

  1. Akses Quick Setting lebih cepat

Gestur pertama yang dibahas adalah untuk mengakses toggle Quick Setting lebih cepat. Dengan menarik status bar ke bawah menggunakan dua jari sekaligus, maka quicksetting akan langsung ditampilkan tanpa harus melalui bar notifikasi terlebih dahulu. Tentu hal ini bergantung dengan versi Android yang Anda gunakan, mengingat beberapa versi menampilkan toggle setting dengan notifikasi.

  1. Berpindah antar Tab di Chrome

Chrome merupakan salah satu Browser yang banyak digunakan di Android, mengingat browser ini sudah tersedia di dalam sistem. Saat anda menggunakannya, biasanya membuka beberapa tab secara langsung. Untuk berpindah tempat dengan cepat, langsung saja sapukan ke kiri atau ke kanan pada address bar untuk berpindah antar tak. Sedang untuk memilih tetap secara individu, sapukan address bar ke bawah, lalu pilih tapi yang diinginkan.

  1. Ubah shortcut tombol home

Anda pastinya tahu tentang shortcut untuk akses cepat Google Now bukan? Caranya adalah tekan dan tahan tombol home lalu Arahkan ke atas. Tetapi Tahukah Anda dalam mengganti gestur ini untuk fungsi lain? Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal sebuah aplikasi yang kompatibel, kemudian melakukan kembali ke Store, dan akan muncul opsi untuk memilih aplikasi yang telah diinstal. Setelah itu Anda dapat mengaksesnya dengan cepat via tombol home.

  1. Shortcut app info

Gestur yang satu ini khusus untuk Android Lollipop, dan anda perlu Mengaktifkan menu developer option terlebih dahulu. Shortcut app info ini sangat bermanfaat Ketika anda ingin menghentikan paksa aplikasi yang berjalan. tap tombol task Switcher/ recent apps, lalu cari tahu berisi aplikasi yang ingin dihentikan, lalu tap dan tahan lama icon aplikasi. Anda akan dibawa langsung ke layar info. Kemudian dapat memberhentikan paksa aplikasi dengan menekan tombol force stop.

  1. Zoom satu jari

Merupakan salah satu gestur yang sangat membantu. Daripada melakukan sum di aplikasi seperti Google Map dan Chrome menggunakan gestur pinch to zoom yang notabennya harus melakukannya dengan dua jari, anda justru dapat melakukannya hanya dengan satu jari. Caranya adalah Ketuk dua kali layar, tetapi jangan lepaskan Jari Dari layar pada ketukan kedua. Lanjut ke share jari ke atas atau ke bawah untuk melakukan zoom in dan zoom out.

  1. Safe mode

Jika anda memiliki masalah dengan aplikasi pihak ketiga namun masih ragu, maka dapat menggunakan fasilitas safe mode. Dengannya sistem akan berjalan tanpa aplikasi pihak ketiga, Sehingga anda dapat mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah. Caranya adalah tekan dan tahan tombol power hingga muncul menu power. Kemudian tap dan tahan opsi “power off”lalu muncul opsi untuk mengakses safe mode. Tap “OK”.

  1. Akses simbol di Google Keyboard

Jika anda ingin mengakses karakter spesial, hal yang selalu dilakukan adalah menekan tombol simbol (“?123”) di sudut kiri bawah, memilih simbol ( misal &,@,? Dan sebagainya), lalu tekan tombol character (“abc”) untuk kembali ke layout keyboard. Terdapat secara lebih cepat. Tap dan tahan tombol simbol, lalu drag jari kearah karakter spesial yang akan digunakan, lalu lepaskan. Simbol pun akan ditampilkan di jendela chat, dan layout akan kembali ke karakter.

  1. Pilih opsi menu Chrome

Ketika mengakses menu pada aplikasi Android apapun, hal yang biasa dilakukan adalah menekan tombol menu, menunggu menu tampil, kemudian memilih opsi yang ingin diakses. Chrome menawarkan metode yang lebih cepat. Tap dan tahan Tombol menu, lalu jangan lepaskan cari. Tarik ke bawah menuju opsi yang diinginkan, lalu lepas dari untuk memilih opsi tersebut. Hal ini memungkinkan anda untuk memilih opsi menu dengan satu gerakan.

  1. Dobel tap untuk smart zoom

Masih untuk Chrome, terdapat fitur Smart zoom yang memungkinkan anda untuk melakukan double tap di manapun pada halaman web untuk melakukan zoom in. Namun fitur ini hanya berlaku untuk website yang didesain khusus untuk browser desktop. Google menonaktifkan fitur Smart Zoom pada website yang dioptimalkan untuk perangkat mobile. Untuk mengaktifkan fitur ini, akses menu setting >> accesibility >> tentang opsi “Force enable Zoom”.

  1. Triple tapping zoom

Tak semua bagian dapat di zoom, dan jika suatu saat Anda memerlukannya, maka dapat menggunakan fitur bantuan yang bernama triple tapping zoom. Akses menu setting >> accesibility, lalu aktifkan opsi “magnification gesturs”. Untuk melakukan zoom, layar Tiga kali terlebih dahulu kemudian lakukan gestur pinch to zoom. Anda dapat melakukan zoom di bagian mana pun kecuali keyboard dan navigation bar.

Demikianlah tutorial singkat mengenai 10 gestur rahasia Android yang kemungkinan belum diketahui oleh banyak pengguna Android. Mudah mudahan tutorial ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

10 Gestur Rahasia Android Yang Belum Diketahui was last modified: September 8th, 2015 by admin