Bagaimana Cara Mempercepat Booting Windows 7

By | August 30, 2016

Proses booting windows 7 tiap komputer berbeda-beda tergantung specs komputer dan juga bagaimana anda menginstal windows 7 pada komputer anda. Oleh karena itu, jika anda bosan dengan proses booting anda yang melelahkan itu, anda bisa mencari cara mempercepat booting windows 7 di komputer anda agar komputer anda tidak lemot lagi. Selain faktor diatas, ada banyak lagi faktor yang menyebabkan komputer anda mengalami kelambatan saat membuka windows 7 anda. Oleh karena itu, cara mudah yang bisa anda lakukan adalah mengubah pengaturan default windows.

4 Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Tips mudah cara mempercepat booting windows 7

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan ketika anda windows 7 anda lambat saat booting dan anda juga perlu menyadari alasan kenapa komputer anda lambat. Biasanya, kerja startup dipengaruhi oleh kinerja CPU keseluruhan. Oleh karena itu, anda bisa melakukan upgrade hardware mulai dari processor, RAM, dan motherboard. Selain cara ini, anda juga bisa memilih cara mempercepat booting windows 7 yang lain agar windows anda bisa berjalan dengan lancar. Cara mengoptimalkan booting windows 7 ini bisa anda lakukan mulai dari mematikan proses startup yang tidak perlu.

Untuk melakukan proses startup ini, anda bisa memulai dari membuka start menu windows, pilih Run..dan tuliskan msconfig dan klik OK. Pilihlah startup dan uncheck semua program windows. Selain itu, cara mempercepat booting windows 7 lain yang bisa anda lakukan anda melakukan defragment hard disk komputer secara berkala. Cara mengoptimalkan booting windows 7 melalui defragment ini lebih aman karena tidak ada efek samping dari data hilang atau terhapus saat menjalankan program disk defragmenter pada windows.

Jika anda masih bingung dengan cara tersebut diatas cara mempercepat booting windows 7 lain yang bisa anda lakukan adalah memanfaatkan Disk cleanup windows. Program ini adalah program bawaan Microsoft windows yang memiliki fungsi untuk membersihkan file sampah yang berada didalam komputer seperti temporary files, log files, dan bahkan file yang masih berada di Recycle Bin. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir jika komputer anda sangat lemot sangat booting. Anda tidak perlu tergesa-gesa untuk menginstal ulang komputer anda.

Selain itu, ada sebagian orang juga yang menyangka bahwa booting lemot tersebut disebabkan oleh virus dan anda langsung memasang antivirus yang menurut anda bagus. Padahal, tidak semua antivirus itu bisa langsung memproses kelemotan komputer anda. Padahal, cara mempercepat booting windows 7 dengan antivirus bisa dilakukan jika anda bisa melakukan scan virus secara keseluruhan secara rutin. Untuk melakukan scan virus ini, anda bisa melakukan minimal 1 bulan sekali untuk mencegah virus merusak program-program anda. Meskipun sebagian anti virus ada yang melakukan scan secara otomatis, lebih baik anda melakukannya secara manual agar hasilnya pun lebih bagus.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Bagaimana Cara Mempercepat Booting Windows 7 was last modified: March 31st, 2016 by admin