Bagaimana Cara Mempercepat Startup Windows 7

By | September 22, 2016

Cara mempercepat startup windows 7 benar-benar mudah. Anda hanya perlu mengetahui cara-cara rahasia yang dapat membantu Anda agar proses startup windows 7 Anda dapat berjalan dengan lebih cepat. Biasanya Anda membutuhkan kecepatan yang lebih saat startup karena Anda ingin menjalankan beberapa program yang Anda butuhkan di windows 7 Anda. Untuk itu Ada perlu memperbaiki terlebih dahulu pengaturan default windows Anda karena bisa jadi kelambatan startup windows 7 muncul akibat sistem operasi perangkat lunak Anda atau bisa juga dipengaruhi oleh perangkat keras netbook Anda.

Cara Mempercepat Startup Windows 7

Jika windows Anda memiliki kendala saat startup seperti kelemotan yang luar biasa, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh kondisi CPU Anda. Oleh sebab itu, agar Anda tidak perlu lagi menunggu lama waktu boosting, Anda dapat melakukan upgrade perangkat keras Anda. Beberapa perangkat keras yang dapat Anda tingkatkan adalah bagian processor, RAM, dan motherboard. Namun jika memang tidak ditemukan masalah apapun ada perangkat keras Anda maka besar kemungkinan yang bermasalah adalah bagian dalam atau software netbook Anda. Jika hal ini yang terjadi maka ada beberapa cara mempercepat startup windows 7 yang dapat Anda ikuti.

Tips Meningkatkan Kecepatan Proses Startup Windows 7

Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar windows 7 Anda dapat melakukan proses startup dengan lebih cepat dan tidak lambat. Cara meningkatkan proses startup windows 7 yang pertama adalah dengan menata ulang file dan data yang ada di dalam netbook Anda atau dikenal dengan sebutan defragment hard drive. Dengan Anda menata ulang seluruh file dan data yang sebelumnya berserakan Anda akan dapat meningkatkan proses kerja netbook. Program disk defragmenter dapat Anda temukan di windows 7 Anda. Saat menjalankan program ini ada baiknya bila Anda menutup seluruh program yang Anda jalankan sebelumnya.

Selain itu program penataan ulang otomatis ini tidak akan menghilangkan atau menghapus file yang ada di dalam netbook Anda. Cara mempercepat startup windows 7 yang kedua adalah dengan mematikan search index yang muncul di menu windows 7 Anda. Dengan mematikan search index pada windows, Anda dapat meningkatkan performa netbook Anda. Caranya adalah dengan membuka windows explorer lalu Anda mengklik kanan netbook Anda. Pilihlah menu Manage. Selanjutnya klik service and application dan Anda pilih bagian service.

Setelah itu lakukan pencarian dan melakukan double click pada windows serach Anda. Pada bagian startup type yang muncul ada tab di layar, ubahlah pilihan dari yang sebelumnya general menjadi disabled. Setelah itu Anda tinggal mengklik ok atau apply. Cara mempercepat startup windows 7 yang ketiga adalah dengan melakukan minimal free space hard drive. Pastikan bahwa netbook Anda tidak kelebihan muatan dengan cara mengecek bagian drive jika telah beralih warna dari yang sebelumnya biru menjadi merah hal ini menandakan bahwa netbook Anda telah kelebihan muatan dan perlu dilakukan pembersihan ulang. Langkah mempercepat startup windows 7 adalah dengan mengurangi fitur windows.

Cara mempercepat startup windows 7 dengan mengurangi fitur windows dapat dilakukan dengan mengklik start menu lalu Anda mengetik windows features dan tekan enter. Saat tab muncul, hilangkan centang pada fitur-fitur windows yang dirasa tidak anda perlukan. Lalu tekan OK. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan disk cleanup windows yang akan membersihkan segala file-file sampah yang tidak terpakai di netbook Anda. File-file ini akan dibuang secara permanen sehingga akan membuat drive Anda menjadi lebih leluasa. Tips terakhir adalah lakukan pengecekan virus setiap satu bulan sekali meskipun Anda telah menggunakan software anti virus.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Bagaimana Cara Mempercepat Startup Windows 7 was last modified: March 31st, 2016 by admin