Bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 7

By | August 1, 2016

Membagi partisi hardisk dalam komputer khususnya yang menggunakan windows 7 merupakan salah satu hal yang perlu anda ketahui agar anda bisa menyimpan data sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jika anda masih bingung dengan hal tersebut, anda bisa mencari tahu cara partisi hardisk windows 7 agar anda bisa membagi hardisk windows 7 anda lebih baik lagi dan anda tidak kebingungan saat hendak menyimpan dokumen atau file-file lain pada PC anda. Anda bisa melakukan pembagian hardisk ini melalui software maupun manual sehingga anda tidak perlu risau ketika anda menginginkan ruan pada partisi pada komputer. Ini merupakan kelebihan dari windows 7 yang bisa mempartisi hardisk tanpa software.

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 7

Cara partisi hardisk windows 7 tanpa software

Sebelum anda mempartisi hardisk pada komputer anda, anda juga perlu mengenal jenis partisi hardisk seperti primary partition yang merupakan master partisi dan sebagai tempat penyimpanan file sistem operasi windows dan biasanya tersimpan pada drive C. Selain itu, ada juga extended partition dan logical partition yang mana extended partition merupakan pembatas antara primary dan logical partisi dan logical partisi ini berfungsi untuk menyimpan file, aplikasi, foto, video, dsb dan ini biasanya disebut sebagai drive D, drive E, dst. Pada cara partisi hardisk windows 7 bisa anda lakukan hanya untuk logical partition saja.

Langkah awal pada cara partisi hardisk windows 7 adalah mengeklik kanan pada computer dan pilihlah manage. Setelah itu, kliklah storage dan pilih disk management. Setelah pilih disk management, langkah untuk mempartisi hadisk pada windows 7 adalah klik kanan pada harddisk yang akan dipartisi. Kemudian, pilihlah shrink volume dan tunggulah sebentar untuk memproses pilihan anda. Setelah muncul jendela shrink, kita tinggal menentukan volume kapasitas partisi yang akan anda buat. Jika anda sudah menentukan berapa besar volume yang anda inginkan, anda bisa mengeklik shrink pada komputer anda.

Jika proses tersebut diatas sudah berjalan, cara partisi hardisk windows 7 selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menunggu karena setelah anda melakukan proses tersebut, partisi terbaru akan anda lihat meskipun belum terformat. Biasanya, partisi terbaru ini memiliki warna hijau sehingga anda bisa mengenalinya secara langsung. Cara partisi hardisk windows 7 terbaru selanjutnya adalah anda memformat partisi terbaru tersebut agar bisa digunakan. Untuk membuatnya, klik kanan pada partisi yang berwarna hijau tersebut kemudian pilih new simple volume.

Setelah itu, anda bisa mengikuti langkah selanjutnya seperti klik next pada perintah yang anda sudah klik sebelumnya. Lakukan hal tersebut hingga anda mendapati format patition yang pada file sistem ini kita harus pilih NTFS dan pada label isilah nama label drive partisi. Dan langkah terakhir pada cara partisi hardisk windows 7 adalah klik finish pada jendela completing the new simple volume wizard. Setelah klik finish, artinya anda sudah berhasil mempartisi hardisk windows 7 anda dengan baik.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 7 was last modified: March 31st, 2016 by admin