Cara Agar Komputer Tidak Lemot

By | December 5, 2015

Cara agar komputer tidak lemot merupakan salah satu bagian yang di upayakan oleh banyak pengguna komputer guna mendapatkan performa terbaik komputer.​ dengan melakukan beberapa langkah dan teknik tertentu maka seorang pengguna komputer akan bisa mendapatkan komputer dengan kinerja yang cukup memuaskan. Langkah yang perlu dilakukan agar komputer tidak lemot juga tidaklah terlalu sulit. Hanya dibutuhkan beberapa langkah saja supaya performa dari sebuah komputer menjadi lebih maksimal.

Namun yang perlu digarisbawahi agar komputer tidak lemot sebagai upaya meningkatkan performa komputer adalah ada beberapa bagian yang perlu dikerjakan dengan mengeluarkan sedikit modal. Namun bagian yang lain perlu dilakukan hanya dengan jalan melakukan beberapa perintah saja tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Komputer yang tidak lemot tentunya akan sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Selain lebih produktif pada saat digunakan, komputer yang tidak lemot tentunya akan lebih cepat menyelesaikan tugas yang diberikan. Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda mengenai cara agar komputer tidak lemot pada saat digunakan.

Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Cara agar komputer tidak lemot bisa anda simak penjelasannya sebagai berikut:

  1. Pembersihan berkala perlu dilakukan terutama ketika anda menggunakan komputer sebagai teman bekerja sehari-hari. Pembersihan yang dimaksud adalah kegiatan mengosongkan tong sampah atau recycle bin, pembersihan registry pada windows, melakukan pembersihan file temporary dan file cache, membersihkan software browser dari berbagai macam file history, cokies, dan cache. Beberapa kegiatan di atas perlu anda kerjakan secara rutin minimal satu bulan sekali.
  2. Tidak menyimpan berbagai macam file di direktori atau drive C. Kegiatan tersebut biasanya anda lakukan ketika anda menggunakan software downloader seperti internet download accelerator ataupun bit torrent. Secara tidak sadar, ketika kita mendownload sebuah file menggunakan software internet download manager atau internet download accelerator maka secara default file hasil download tersebut akan tersimpan di direktori atau drive C. Apabila hal tersebut dilakukan secara terus-menerus maka suatu saat pasti direktori atau drive akan penuh. Oleh sebab itu alangkah baiknya ketika anda ingin menyimpan berbagai macam file, lebih baik anda langsung simpan file tersebut di direktori selain C, misalnya di drive D atau E.
  3. Membuang atau meng uninstall berbagai macam program atau software yang tidak digunakan juga merupakan salah satu bagian penting untuk mempercepat kinerja dari komputer supaya tidak lemot. Tentunya pada sebuah komputer tidaklah dibutuhkan banyak software atau program. Penggunaan komputer tentunya akan mengikuti dari kebutuhan penggunanya. Apabila sebuah software sudah tidak digunakan lagi, maka alangkah baiknya software tersebut segera dihapus atau di uninstal. Tujuan dari uninstal software tersebut tentunya untuk melonggarkan drive C.
  4. Hindari penggunaan slide show pada background desktop. Secara tidak sadar apabila anda menggunakan background desktop dengan modus akan memakan banyak sumber tenaga komputer itu sendiri. Sehingga tentunya sedikit banyak akan membuat komputer menjadi lemot terhenti oleh sebab itu sangat disarankan anda tidak menggunakan wallpaper dalam mode slide slow sebagai background pada desktop komputer anda. Akan lebih baik lagi ketika anda menggunakan satu warna solid untuk background komputer. Dengan cara menggunakan satu warna solid pada desktop komputer performa komputer akan menjadi lebih cepat.
  5. Menggunakan tema mode classic adalah salah satu bagian yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer sehingga tidak lemot lagi. Namun yang perlu diketahui persamaan adalah manakala anda menggunakan tema motor klasik maka tampilan dari desktop komputer menjadi tidak semenarik ketika kita menggunakan tampilan secara default terhenti namun tampilan klasik tersebut akan membawa dampak komputer tidak lagi lemot digunakan.
  6. Dan bagian terakhir guna mengatasi agar komputer tidak lemot adalah dengan cara menambah kapasitas RAM. Cara ini memang lah cara yang tidak gratis untuk dikerjakan. Namun dari sekian banyak cara yang sudah saya paparkan di atas, cara terakhir ini merupakan cara yang sangat jelas perbedaan performa yang dihasilkan. Oleh sebab itu penambahan kapasitas RAM akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa komputer supaya tidak lemot.

Sekian tutorial mengenai cara agar komputer tidak lemot yang bisa anda coba satu persatu guna mengetahui perbedaan secara signifikan dari komputer yang setiap hari anda gunakan mudah-mudahan tutorial di atas bisa membantu anda guna mengatasi komputer supaya tidak lemot lagi. Selamat mencoba dan terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Agar Komputer Tidak Lemot was last modified: December 2nd, 2015 by admin