Cara Alami Mengobati Batuk

By | September 21, 2015

Cara alami mengobati batuk – Cara alami mengobati batuk lebih banyak dicari karena lebih aman. Cara alami tersebut tentunya menggunakan berbagai macam obat tradisional untuk mengobati batuk yang dipercaya tidak memiliki efek samping dan bahaya. Hal tersebut tentunya berlawanan dengan cara pengobatan batuk yang memanfaatkan obat kimia. Dalam jangka pendek mengobati batuk memanfaatkan obat kimia tentunya cukup cepat dan efektif, namun apabila mengobati batuk dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka bisa menimbulkan efek samping terhadap fungsi organ tubuh.

Nenek moyang kita telah berjasa dalam memberikan informasi kepada kita semua mengenai obat alami yang cukup efektif untuk menghilangkan serta mengobati penyakit batuk. Obat alami untuk batuk tersebut tentunya bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Apalagi jika kita senang bercocok tanam dalam membuat apotik hidup. Tentu hal tersebut akan lebih memperbanyak koleksi kita terhadap berbagai macam jenis obat tradisional yang salah satunya bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk secara alami.

Seperti kita ketahui bersama bahwa penyakit batuk digolongkan menjadi berbagai macam. Jenis batu tersebut adalah batuk kering dan batuk berdahak. Cara alami untuk mengobati kedua jenis batu tersebut tentunya berbeda. Hal tersebut dikarenakan sifat dari jenis batuk tersebut juga berbeda. Namun secara umum kedua jenis penyakit batuk tersebut, baik batuk kering maupun batuk berdahak bisa kita sembuhkan dengan cara alami.

Penyakit batuk yang sering menyerang kita sebenarnya berasal dari rasa gatal yang menyerang di tenggorokan kita. Rasa gatal tersebut merupakan sebuah efek yang ditimbulkan oleh rangsangan benda asing dimana rangsangan tersebut berasal dari bakteri yang memang menyebabkan penyakit batuk. Dengan memanfaatkan berbagai macam jenis tanaman, diharapkan sumber rangsangan dan juga rasa gatal yang ada di tenggorokan kita menjadi berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Cara alami mengobati batuk secara umum:

Cara Alami Mengobati Batuk

Cara Alami Mengobati Batuk

Memanfaatkan gula merah dan asam jawa.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan terlebih dahulu, yaitu gula merah secukupnya, buah asam jawa seberat 10 gram dan satu gelas air panas. Selanjutnya cara pengobatan batuk dengan memanfaatkan bahan di atas yaitu dengan cara menyeduh buah asam jawa menggunakan satu gelas air panas yang di dalamnya sudah ditambahkan gula merah dengan takaran secukupnya. Setelah itu anda bisa meminum ramuan tersebut pada saat masih dalam kondisi hangat.

Memanfaatkan madu dan cabai jawa.

Bahan yang harus dipersiapkan adalah cabai jawa kering seberat 6 gram dan madu dengan takaran secukupnya. Cara mengobatinya yaitu langkah pertama dilakukan penumpukan hingga halus cabai jawa yang sudah dalam kondisi kering, lalu dilanjutkan dengan mencampur antara tumbukan cabai jawa menggunakan 1 sendok makan madu. Lakukan untuk meminum obat tersebut sebanyak tiga kali sehari secara rutin hingga penyakit batuk berkurang atau sembuh.

Memanfaatkan jeruk nipis.

Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan jeruk nipis adalah jeruk nipis sebanyak satu buah, gula batu dengan takaran secukupnya serta kapur sirih dengan takaran secukupnya juga. Untuk melakukan pengobatan dengan memanfaatkan jeruk nipis adalah langkah pertama anda bisa membagi 2 jeruknipis. Langkah selanjutnya yaitu membalur dengan kapur sirih belahan jeruk nipis yang dilanjutkan dengan mendiamkan tinggal beberapa saat.

Langkah selanjutnya silahkan anda bakar sampai dengan bagian luar dari kulit jeruk. Langkah selanjutnya silakan anda peras belahan jeruk tersebut lalu silahkan anda tambahkan gula batu. Dan langkah terakhir adalah ketika campuran sudah merata maka anda bisa mulai meminum air perasan tersebut.

Memanfaatkan buah kapulaga.

Untuk bisa menggunakan buah kapulaga untuk mengobati penyakit batuk secara alami adalah dengan cara mengambil buah kapulaga sebanyak lima butir serta air bersih sebanyak 1 kelas. Langkah selanjutnya adalah anda bisa merebus buah kapulaga tersebut yang sebelumnya harus dicuci terlebih dahulu. Rebus hingga air mendidih. Setelah itu pada kondisi masih hangat silahkan anda minum air rebusan buah kapulaga tersebut.

Memanfaatkan daun kayu putih.

Cara menggunakan daun kayu putih untuk mengobati batuk secara alami yaitu dengan merebus sebanyak 10 hingga 15 gram dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas hingga menyusut sebanyak satu gelas. Setelah air rebusan tersebut tersisa tinggal 1 gelas, maka silahkan anda minum air rebusan tersebut. Usahakan kondisi air rebusan daun kayu putih masih dalam kondisi hangat.

Cara alami mengobati batuk kering.

Setelah kita bahas cara mengobati batuk secara alami dimana kondisi batu tersebut masih umum, maka berikutnya kita bahas cara alami mengobati batuk kering. Yang dimaksud dengan batuk kering adalah pada saat kita batuk maka kondisi tenggorokan kita tetap kering tanpa adanya dahak yang menyumpal. Biasanya batuk kering ini sangat terasa di tenggorokan kita sehingga tentunya akan sangat mengganggu aktivitas keseharian yang kita lakukan.

Cara alami mengobati batuk kering bisa dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut

Dengan memanfaatkan umbi bidara upas.

Tanaman ini merupakan tanaman umbi-umbian. Tanaman ini sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit, di samping memang jenis umbi-umbian ini cukup enak untuk dikonsumsi sehari-hari. Salah satu jenis penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan umbi bidara upas adalah batuk kering. Cara mengobati batuk kering menggunakan umbi bidara upas juga cukup mudah, yaitu anda cukup memotong pipis umbi bidara upas sepanjang 1 jari tangan saja. Kemudian silahkan anda punya potongan tipis umbi bidara upas tersebut sambil anda pelan airnya. Jangan lupa untuk membuang ampas kunyah and dari umbi bidara upas.

Jahe merah.

Untuk mengobati batuk kering menggunakan jahe merah juga hampir sama dengan mengobati batuk kering dengan memanfaatkan umbi bidara upas. Anda cukup mengambil satu jari jahe yang sudah dibersihkan, lalu silahkan anda kunyah jahe tersebut. Perlahan-lahan silahkan anda telan air dari kunyah and jahe lalu anda buang ampas kunyahan jahe tersebut.

Cara alami mengobati batuk berdahak.

Batuk berdahak memang sangat mengganggu kita dalam beraktivitas, sehingga kita sangat terganggu olehnya. Selain mengeluarkan suara yang tidak enak, ternyata batuk berdahak juga menghasilkan dahak yang tidak enak pula sehingga harus kita keluarkan. Untuk itulah sangat disarankan untuk segera mengobati batuk berdahak secara alami supaya kegiatan kita tidak terganggu.

Cara alami dalam mengobati batuk berdahak bisa ditempuh dengan cara memanfaatkan 2 sendok makan air jahe, dua sendok makan air kunyit, 1 buah jeruk nipis yang diambil perasaan airnya serta 1 sendok madu asli. Langkah untuk membuat ramuannya juga cukup mudah yaitu anda cukup mencampurkan beberapa bahan yang sudah saya sebutkan tadi. Setelah seluruh bahan tercampur rata maka langkah selanjutnya adalah anda bisa meminum ramuan tersebut.

Konsumsilah ramuan tersebut secara rutin dan teratur sehingga anda mendapatkan hasil di mana batuk berdahak anda berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Untuk melakukan pengobatan batuk secara alami memang dibutuhkan waktu, di mana waktu tersebut tentunya tidak sebentar. Pada banyak kasus pengobatan alami untuk penyakit batuk bisa memakan waktu hingga 3 hari. Namun ada beberapa kasus pula yang membutuhkan waktu lebih lama lagi dalam mengobati batuk secara alami, ada yang mungkin membutuhkan waktu sampai dengan 1 minggu. Namun setidaknya pengobatan batuk secara alami akan lebih mengamankan organ tubuh kita dari efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat batuk kimia.

Demikianlah bahasan mengenai cara alami dalam mengobati batuk. Mudah-mudahan tutorial ini bisa bermanfaat bagi anda terutama yang sekarang sedang mengalami sakit batuk sehingga anda lebih cepat sembuh dari sakit batuk tersebut. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Alami Mengobati Batuk was last modified: September 21st, 2015 by admin