Cara Backup Data Computer Dengan Aman

By | December 11, 2015

Cara backup data computer dengan aman sangat dibutuhkan tutorialnya terutama oleh mereka yang bekerja sebagai teknisi maupun bagi mereka yang senang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan data yang ada di hardisk. Melakukan backup data secara aman pada komputer adalah pekerjaan yang cukup mudah namun memiliki resiko yang cukup tinggi. Apabila kita tidak berhati-hati dalam melakukan backup data pada komputer maka potensi kehilangan data yang penting di dalam komputer akan sangat besar oleh sebab itu walaupun pekerjaan backup data komputer merupakan pekerjaan yang cukup mudah namun kita tetap harus berhati-hati dalam melakukannya.

Salah satu cara melakukan backup data komputer dengan aman adalah dengan mengikuti atau menggunakan fitur bawaan yang ada di komputer terutama yang menggunakan sistem operasi Windows. Dengan mengikuti petunjuk serta menggunakan software bawaan dari Windows untuk melakukan backup data komputer, maka kita akan bisa melakukan proses pengamanan data komputer dengan mudah dan aman.

Untuk melakukan proses backup data komputer secara aman akan saya terangkan pada kesempatan kali ini supaya anda bisa mendapatkan tutorial lebih lengkap dan mudah untuk dipraktekkan, sehingga anda lebih leluasa manakala anda akan melakukan eksperimen yang berkaitan dengan hardisk komputer anda.

Cara Backup Data Computer Dengan Aman

Cara Backup Data Computer Dengan Aman

Berikut ini adalah cara backup data komputer dengan aman:

  1. Langkah pertama pastikan terlebih dahulu bahwa sistem komputer yang anda gunakan merupakan sistem operasi berbasis Windows. Pada contoh yang akan saya berikan adalah cara backup data komputer pada Windows 7.
  2. Langkah kedua silahkan anda lanjutkan dengan melakukan klik pada menu start, kemudian pilih all programs, kemudian pilih aksesories, kemudian pilih system tools, dan pilih menu backup.
  3. Langkah selanjutnya adalah anda cukup mengklik tombol Next pada jendela desktop yang muncul dengan judul wizard backup atau aplikasi restore.
  4. Langkah selanjutnya silahkan anda pilih menu backup file and setting lalu klik tombol Next.
  5. Langkah berikutnya akan dimunculkan sebuah jendela dengan diberikan empat buah pilihan back up yaitu:

    My document and setting, merupakan sebuah fitur yang nantinya akan melakukan backup pada folder favorit, my document, cookies dan desktop.
    Everyone document and setting, merupakan sebuah fitur backup yang nantinya akan melakukan backup pada favorite folder my document, cookies dari semua pengguna komputer dan desktop.
    All information on this computer, merupakan fitur backup yang nantinya akan melakukan proses backup segala informasi yang ada pada komputer.
    Let me to choose what to backup, merupakan fitur backup yang memberikan keleluasaan kepada kita untuk memilih file mana saja yang akan di backup.

  1. Pada tahapan di atas anda cukup memilih salah satu dari metode backup yang akan digunakan, kemudian silahkan anda klik tombol Next.
  2. Langkah selanjutnya adalah kita bisa menentukan pilihan mengenai lokasi tempat menyimpan file backup. Setelah anda menentukan dimana file backup tersebut akan disimpan, silahkan anda lanjutkan dengan memberi nama file backup tersebut sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jika sudah memberikan nama untuk file backup tersebut, lanjutkan dengan mengklik tombol Next.
  3. Langkah selanjutnya anda cukup menunggu waktu beberapa saat pada proses loading backup tersebut.
  4. Setelah proses loading selesai, maka langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan mengklik tombol finish. Setelah anda klik tombol finish, maka proses backup akan segera dimulai. Anda harus menunggu proses ini sampai dengan selesai.
  5. Apabila proses diatas sudah selesai, maka anda sudah memiliki file backup dari komputer yang setiap saat bisa anda restore apabila komputer yang anda gunakan mengalami masalah.

Demikianlah tutorial mengenai cara backup data komputer dengan aman sehingga anda memiliki salinan dari seluruh isi data komputer. Dengan memiliki salinan data pada komputer, maka suatu saat kita bisa melakukan restore seluruh isi hardisk ketika komputer kita mengalami masalah. Akhir kata selamat melakukan backup data komputer semoga data komputer anda akan selalu dalam kondisi aman. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Backup Data Computer Dengan Aman was last modified: December 2nd, 2015 by admin