Cara Booting Komputer Lewat Flashdisk Dan CD Atau DVD

By | December 4, 2015

Cara Booting Komputer Lewat Flashdisk Dan CD Atau DVD sangat penting dipahami untuk para teknisi komputer ataupun para pengguna komputer yang sering melakukan kegiatan instalasi sistem operasi. Sekarang ini media booting komputer juga sudah cukup banyak, diantaranya adalah flashdisk dan CD/DVD. Dengan menggunakan ke 2 media tersebut, kita sudah dipermudah untuk proses instalasi sistem operasi.

Berbagai macam sistem operasi yang bisa diinstall lewat flashdisk dan CD/DVD diantaranya adalah linux dan windows. Ke 2 platform sistem operasi tersebut merupakan yang paling populer untuk saat ini. Untuk bisa mengatur booting komputer lewat flashdisk dan CD/DVD bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pengaturan cara booting komputer lewat flashdisk dan CD/DVD dilakukan dengan cara yang berbeda. Penyiapan media untuk masing-masing cara booting komputer lewat flashdisk dan CD/DVD juga berbeda.

Cara Booting Komputer Lewat Flashdisk Dan CD Atau DVD

Cara Booting Komputer Lewat Flashdisk Dan CD Atau DVD

Cara booting komputer lewat flashdisk:

  1. Siapkan media instalasi sistem operasi menggunakan media flashdisk. Untuk memindah file installer sistem operasi baik windows maupun linux bisa menggunakan software bernama Unetbootin.
  2. Gunakan flashdisk dengan ukuran yang disesuaikan dengan besarnya file instalasi sistem operasi. Windows XP ada dikisaran 700 MB, jadi sediakan flashdisk dengan kapasitas 1 GB, windows vista keatas gunakan flashdisk dengan ukuran 4 GB.
  3. Setelah berhasil memindah file installer sistem operasi ke flashdisk, selanjutnya silahkan anda setting BIOS supaya komputer bisa booting ke flashdisk ataupun CD/DVD

Untuk booting komputer lewat CD/DVD media installer tersebut biasanya sudah bisa langsung didapat dalam bentuk CD/DVD ketika anda membelinya. Apabila anda mendapatkan file ISO lewat download di internet, maka anda bisa memburning file ISO tersebut menggunakan software nero.

Cara setting BIOS supaya komputer bisa booting ke flashdisk atau CD/DVD :

  1. Silahkan nyalakan komputer anda.
  2. Perhatikan dengan cepat pesan yang muncul dilayar tombol mana yang bisa ditekan untuk bisa masuk ke BIOS. Biasanya tombol yang digunakan untuk masuk BIOS adalah tombol Del dan F2.
  3. Setelah anda berhasil masuk BIOS, silahkan anda cari menu First Boot. Perlu diketahui, masing-masing versi BIOS memiliki menu yang berbeda. Anda harus bisa mencari menu First Boot dengan memperkirakan menu yang mirip dengan menu tersebut.
  4. Apabila sudah ditemukan, maka anda akan diberikan beberapa pilihan menu booting komputer, mulai dari CD/DVD, USB Flashdisk, LAN, Zip, dan lain-lain.
  5. Silahkan anda pilih media booting sesuai dengan media yang anda gunakan untuk proses instalasi. Apabila anda menggunakan CD/DVD, maka pilih CD/DVD, begitu juga apabila anda menggunakan flashdisk, maka silahkan anda pilih menu flashdisk.
  6. Setelah anda menentukan medianya, silahkan anda simpan setting BIOS dengan memilih menu save and exit, atau tekan biasanya sama dengan menekan tombol F10.
  7. Setelah itu, komputer akan restart, dan setelah menyala, komputer akan booting lewat media yang sudah dipilih tadi.
  8. Silahkan ikuti beberapa petunjuk yang tertera dilayar untuk memulai proses instalasi sistem operasi.

Demikianlah tutorial Cara Booting Komputer Lewat Flashdisk Dan CD Atau DVD yang bisa anda coba untuk menambah ilmu dan wawasan. Dengan memahami proses instalasi tersebut, maka setidaknya anda akan bisa berhemat ketika sistem operasi komputer mengalami masalah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Booting Komputer Lewat Flashdisk Dan CD Atau DVD was last modified: December 2nd, 2015 by admin