Cara Cepat Memperbaiki Raket Nyamuk

By | January 17, 2015

Raket nyamuk merupakan salah satu alat alternatif pengusir dan pembunuh nyamuk. Dibandingkan dengan obat nyamuk, raket nyamuk tentunya akan lebih sehat dan lebih hemat. Namun dikarenakan kesalahan pemakaian kadang raket nyamuk mengalami kerusakan. Memang banyak yang murah tentu membuat raket nyamuk bisa dibeli dengan mudah. Seandainya diperbaiki, tentunya akan membuat kita akan lebih berhemat. Cara memperbaiki raket nyamuk juga tergolong cukup mudah.

Pada dasarnya raket nyamuk terdiri dari 5 bagian. Bagian itulah yang biasanya akan menjadi fokus utama proses pencarian kerusakan yang terjadi pada raket nyamuk. 5 bagian yang saya maksud adalah konektor atau saklar yang berfungsi sebagai penghubung, charger yang nantinya digunakan untuk mengisi daya baterai kembali, sumber tenaga atau baterai yang biasanya menggunakan jenis baterai ni-cd dengan tegangan kerja 2.4 volt, rangkaian penaik tegangan atau biasa disebut dengan inverter yang nantinya digunakan untuk membangkitkan api listrik kebagian jala raket, dan yang terakhir adalah jala raket itu sendiri yang fungsinya adalah untuk menyalurkan tegangan tinggi yang dihasilkan oleh inverter.

Kerusakan yang sering terjadi pada raket nyamuk adalah tidak berfungsinya jala raket ketika mengenai nyamuk. Seharusnya ketika jala raket mengenai nyamuk akan membuat nyamuk tersebut menjadi gosong atau mati. Sumber dari masalah tersebut biasanya terletak pada baterai yang sudah melemah. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya anda harus melakukan charger atau isi ulang pada baterai tersebut.

Sistem kerja dari raket nyamuk sebenarnya adalah menaikkan tegangan dari baterai menjadi tegangan tinggi. Tegangan baterai sebesar 2.4 volt dinaikkan menjadi tegangan ekstra tinggi sekitar 2000 volt. Tegangan sebesar inilah jika mengenai nyamuk pasti akan mengakibatkan nyamuk tersebut mati atau gosong.

Berikut ini merupakan penyebab dimana raket nyamuk tidak mengeluarkan tegangan tinggi, yaitu:

  1. Kondisi baterai dengan daya yang sudah lemah, cara mengatasinya yaitu dengan melakukan isi ulang kembali.
  2. Menempelnya bagian jala-jala raket. Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya benturan. Anda bisa merenggangkan jala-jala raket tersebut untuk memperbaikinya. Benturan yang sering terjadi pada raket nyamuk ini adalah pada saat digunakan dekat dengan tembok.
  3. Adanya komponen elektronik yang namanya kapasitor mengalami kerusakan atau short. Solusinya tentu dengan mengganti komponen kapasitor tersebut.
  4. Putusnya bagian jala-jala raket dengan bagian inverter. Hal tersebut biasanya terjadi karena raket nyamuk sering jatuh. Bisa juga disebabkan karena proses charger yang terlalu lama sehingga menimbulkan suhu yang sangat panas. Akhirnya kabel yang menempel di situ akan terlepas dengan sendirinya.
  5. Adanya komponen transistor yang rusak atau melemah. Solusi untuk masalah ini tentu dengan mengganti dengan transistor yang baru.
  6. Ada beberapa solderan yang sudah mulai terlepas dari pcb. Silahkan anda solder ulang tahun berapa bagian yang sudah terlihat mulai kendor.
  7. Sudah mulai berkaratnya jala-jala kawat pada raket.

Selanjutnya bagaimana caranya supaya raket nyamuk tetap awet digunakan? Berikut ini adalah tips untuk anda:

  1. Pada proses charger, jangan lakukan dalam waktu yang terlalu lama. Hal tersebut dikarenakan raket nyamuk tidak memiliki sirkuit auto cut. Sistem ini sebenarnya cukup bagus karena untuk memproteksi over charger pada baterai. Namun karena fitur ini memerlukan komponen digital yang rumit dan mahal sehingga fitur ini ditiadakan pada raket nyamuk untuk meminimalkan harga.
  2. Hati hati dalam menggunakan raket nyamuk. Jangan sampai ketika sedang menggunakan raket tersebut mengenai tembok, apalagi dengan tenaga yang cukup kuat sehingga menyebabkan benturan yang cukup keras dengan tembok.
  3. Penyebab utama rusaknya raket nyamuk adalah terjatuh, jadi harap hati-hati dalam menaruh ataupun menggunakan raket nyamuk tersebut supaya tidak jatuh.
  4. Selalu bersihkan bagian jala-jala raket nyamuk dari menempelnya nyamuk pada saat digunakan, sehingga akan mengurangi proses berkaratnya jala-jala raket nyamuk tersebut.
  5. Gunakan saklar on seperlunya untuk menjaga supaya rangkaian inverter didalamnya tidak terlalu panas. Disamping itu, dengan menekan saklar on seperlunya akan menghemat penggunaan baterai.

Demikianlah tutorial cara memperbaiki raket nyamuk yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Bagi anda yang kebetulan sedang memiliki raket nyamuk dalam keadaan rusak, bisa dicoba untuk diperbaiki.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Charger LaptopCara Memperbaiki Charger Laptop ​Charger laptop merupakan salah satu bagian paling penting, karena charger berperan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai laptop. Tentunya, semakin bertambah umur dari charger […]
  • Cara Mudah Memperbaiki Ups Yang Tidak Bisa Menyimpan ArusCara Mudah Memperbaiki Ups Yang Tidak Bisa Menyimpan Arus UPS merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik. UPS ini biasanya digunakan pada perangkat komputer. Dengan menggunakan UPS, komputer akan lebih aman dari masalah […]
  • Cara Memperbaiki Baterai LaptopCara Memperbaiki Baterai Laptop ​Memiliki laptop namun dengan baterai yang rusak pastinya merupakan sebuah permasalahan sendiri. Baterai laptop yang rusak pastinya sebuah momok yang ditakutkan. Dan jika kebetulan baterai […]
  • Cara Memperbaiki Power BankCara Memperbaiki Power Bank Power bank merupakan sebuah alat dimana dia mampu menyimpan daya listrik. Power bank ini muncul setelah banyaknya penggunaan smartphone. Hal tersebut dikarenakan […]
Cara Cepat Memperbaiki Raket Nyamuk was last modified: January 17th, 2015 by admin