Cara Defrag Komputer Windows 7

By | December 6, 2015

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing cara defrag komputer pada komputer windows 7. Walaupun tutorial yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini diambil untuk windows 7, namun pada dasarnya cara defram komputer pada dasarnya bersifat umum, artinya tutorial tersebut bisa diterapkan untuk beberapa versi windows, mulai dari windows xp, windows vista, windows 7 sampai dengan windows 10.

Yang membedakan hanya pada menu atau interface yang digunakan. Dengan kita melakukan defrag harddisk pada komputer windows 7, maka diharapkan kinerja dan performa komputer akan meningkat. Fungsi dari defrag komputer itu sendiri adalah untuk menata file-file yang ada di harddisk. Dengan kondisi file yang tertata, maka proses pencarian dan pengambilan data pada komputer akan berjalan lebih cepat, dan tentunya kinerja keseluruhan dari sistem komputer akan lebih cepat pula.

Namun yang perlu dilakukan sebelum proses defrag dimulai, sebaiknya kita melakukan pembersihan pada beberapa bagian komputer. Bagian yang perlu dilakukan diantaranya adalah proses pengosongan recycle bin, pembersihan file temporary, file histori dan berbagai macam file sampah lainnya.

Untuk melakukan proses pembersihan file sampah tersebut, anda bisa memanfaatkan fitur disk cleanup yang juga sudah disediakan oleh windows. Tujuan dari proses pembersihan file sampah tersebut tentunya adalah agar file sampah tersebut terbuang terlebih dahulu sebelum proses penataan file. Setelah proses pembersihan file sampah selesai, maka bisa dilanjutkan dengan defrag komputer pada windows 7.

Cara defrag komputer windows 7 bisa dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Klik start menu, pilih all programs, pilih menu accessories, lalu pilih system tool, dan terakhir klik menu disk defragmenter.
  2. Silahkan tunggu beberapa saat hingga jendela disk defrag tampil.
  3. Setelah itu, silahkan anda klik tombol analize disk.
    Cara Defrag Komputer Windows 7
  4. Silahkan tunggu waktu beberapa saat hingga proses analisa selesai.
  5. Setelah proses analisa selesai, maka akan dimunculkan sebuah informasi. Dari tahap ini silahkan anda lanjutkan dengan menekan tombol defragment disk.
  6. Dari tahap ini, silahkan anda tunggu lagi beberapa saat sampai dengan proses defrag harddisk selesai. Lama tidaknya proses defrag tergantung dari kapasitas dan isi harddisk. Termasuk didalamnya adalah jumlah file yang terfragmentasi. Apabila komputer jarang di defrag, maka proses defrag harddisk pada komputer pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  7. Setelah proses defrag komputer selesai, maka juga akan dimunculkan sebuah informasi.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara defrag komputer windows 7 yang bisa anda terapkan secara rutin setiap bulan sebagai upaya maintenance komputer agar komputer selalu memiliki performa yang maksimal. Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Defrag Komputer Windows 7 was last modified: December 2nd, 2015 by admin