Cara download file menggunakan torent

By | November 1, 2014

​Download file  menggunakan torrent merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh para downloader sebagai antisipasi dari sulitnya proses download atau mencari file yang didownload di internet.  Sulitnya proses mencari file yang akan di download di internet karena keterbatasan server yang menyediakan layanan untuk upload file dengan ukuran yang cukup besar.  Proses download file menggunakan utorrent ini akan meminimalisir kekurangan kekurangan dari proses download yang menggunakan hosting server karena pada dasarnya proses download menggunakan torrent ini memanfaatkan client yang terkoneksikan dengan menggunakan internet sebagai server juga.

Sebelum saya mulai untuk menjelaskan proses download menggunakan torrent ada beberapa istilah yang perlu kita pahami bersama berkenaan dengan proses mendownload file menggunakan utorrent ini diantaranya adalah:

  • Seeds merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menginformasikan seberapa banyak klient yang berperan sebagai pemberi file download.
  • Leechs/download menginformasikan seberapa banyak jumlah pendownload yang sedang aktif pada proses download file tersebut.
  • Peers menginformasikan jumlah total yang sedang mendownload sekaligus juga orang yang sedang memberikan download.
  • Tracker merupakan informasi tracker dari jumlah total seed dan juga download.
  • Down speed berisi informasi mengenai kecepatan proses download, termasuk di dalamnya adalah proses download dan upload di bagian up speednya.
  • Eta berisi informasi mengenai perkiraan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk proses download file tersebut.

Setelah kita memahami beberapa istilah yang ada di pada proses download file menggunakan torrent, sekarang mari kita sedikit bahas langkah langkah yang bisa kita gunakan untuk proses download file torrent tersebut.

  1. Cari file torrent untuk file yang ingin anda download. Anda bisa mendownload file torrent tersebut pada beberapa website penyedia file torrent salah satunya adalah rarbg.com, atau anda juga bisa langsung menggunakan google untuk mencari file torent yang anda inginkan.
  2. Setelah anda mendapatkan file torrent yang anda inginkan, silahkan anda buka file torrent tersebut dengan cara men double klik..
  3. Setelah anda double klik file torrent 1 maka secara otomatis software client torrent akan terbuka. Jika anda belum memiliki software client torrent maka anda bisa membaca artikel tentang software torrent disini.
  4. Ketika langkah diatas sudah terpenuhi maka anda cukup mengkonfigurasikan beberapa bagian terutama di bagian download speed dan upload speed.
  5. Yang sering digunakan untuk settingan download speed adalah diset ke unlimited sedangkan untuk upload speed biasanya disetting dengan angka yang paling kecil.
  6. Atau anda juga bisa menggunakan settingan default saja seandainya masih bingung dalam mengkonfigurasikan proses download menggunakan torrent tersebut.

Demikian tadi beberapa langkah proses download file menggunakan torrent yang sekarang cukup populer di kalangan para downloader. Karena memang proses download menggunakan torrent ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan  download langsung ke server.  Selamat mencoba semoga anda berhasil.  Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara download file menggunakan torent was last modified: November 1st, 2014 by admin