Cara Format Komputer Dengan Aman

By | December 14, 2015

Cara format komputer dengan aman adalah salah satu bagian penting supaya keberadaan data yang ada di dalam sebuah komputer tetap terjaga. Dengan teknik format komputer secara benar maka potensi kehilangan data yang ada di dalam sebuah hardisk komputer lebih bisa diminimalisir. Format hardisk komputer dilakukan karena adanya berbagai macam hal, mulai dari kebutuhan instal ulang sistem operasi sampai dengan terjadinya kerusakan software pada sebuah drive.

Secara umum cara format komputer memang lah mudah untuk dilakukan. Asumsi dari format komputer adalah proses memformat sebuah hardisk sumayyah artis tersebut siap untuk dibaca dan ditulis kembali. Untuk melakukan proses format komputer memang ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah berkaitan dengan keselamatan data yang ada di dalam komputer tersebut apabila komputer yang akan diformat bukanlah komputer baru.

Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi wawasan dengan anda mengenai cara format komputer dengan aman supaya berbagai macam data yang ada di dalam komputer tersebut juga selalu dalam kondisi aman. Pada tahapan ini anda harus mengetahui bahwa kesalahan format komputer akan sangat berpotensi menyebabkan hilangnya data komputer secara permanen.

Cara Format Komputer Dengan Aman

Cara Format Komputer Dengan Aman

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan format komputer adalah sebagai berikut:

  1. Pada kondisi komputer baru kegiatan format komputer biasanya dilakukan pada proses instalasi sistem operasi. Pada tahapan ini anda bebas melakukan format komputer tanpa takut kehilangan data. Tersebut dikarenakan hardisk yang akan diisi oleh sistem operasi masih dalam kondisi kosong yang tentunya tidak ada resiko kehilangan data.
  2. Apabila anda ingin memformat hardisk dalam komputer yang sebelumnya sudah ada isinya, maka kewajiban anda sebelum melakukan format hardisk tersebut adalah melakukan backup data yang ada di dalam hardisk atau drive tersebut lokasi yang lain. Anda bisa memindah data dari hardisk yang akan diformat media penyimpanan flashdisk ataupun keping dvd.
  3. Apabila proses backup atau pemindahan data dari hardisk atau komputer yang akan diformat sudah selesai maka proses kegiatan format komputer bisa di mulai.
  4. Untuk melakukan format hardisk pada the drive d misalnya, maka anda cukup melakukan klik kanan pada drive tersebut, kemudian pilih menu format.
  5. Pada pilihan menu format hardisk biasanya akan diberikan dua format penulisan harddisk yaitu FAT32 atau NTFS. Teknologi yang terbaru pada formatting harddisk adalah NTFS. Oleh sebab itu alangkah baiknya apabila anda merupakan pengguna komputer dengan sistem operasi windows xp ke atas maka lebih baik anda menggunakan format NTFS. Namun apabila anda merupakan pengguna komputer dengan sistem operasi windows 98 ke bawah, maka lebih baik anda menggunakan format hardisk FAT32.
  6. Pada tahapan format hardisk anda juga akan diberikan dua pilihan yaitu quick ataupun standar. Mode format standar merupakan mode terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula pada proses format hardisk pada komputer. Walaupun prosesnya agak lama pemilihan format standar pada harddisk akan memberikan hasil yang lebih baik. Oleh sebab itu sangat disarankan anda memilih jenis format standar ini pada kegiatan formatting harddisk.

Demikianlah beberapa cara format komputer dengan aman supaya anda bisa mendapatkan performa komputer yang lebih maksimal. Akhir kata semoga artikel di atas bisa menambah wawasan bagi pengunjung sekalian. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Format Komputer Dengan Aman was last modified: December 2nd, 2015 by admin