Cara Kerja Virus Komputer Dan Jenisnya

By | February 21, 2016

Cara kerja virus komputer dan jenisnya – Virus komputer adalah software kecil perusak yang sangat dibenci oleh para pengguna komputer. Oleh sebab itulah kita harus hati-hati ketika ada sebuah file yang menceritakan dimana file tersebut merupakan file yang tidak kita kenali. Untuk bisa mengenali semua virus tentunya kita harus mengerti cara kerja dari virus komputer. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi wawasan dengan anda cara kerja virus komputer dan juga jenis-jenisnya.

Virus komputer ternyata dibedakan menjadi banyak jenis dan masing-masing memiliki sistem kerja serta karakteristik yang berbeda. Namun demikian seluruh jenis virus tersebut tentunya akan mempunyai dampak negatif bagi pengguna komputer dan komputer itu sendiri. Untuk bisa menghindari berbagai macam ancaman virus komputer ada baiknya kita mengetahui cara kerja dari virus komputer itu sendiri, sehingga kita bisa lebih berhati-hati karena kita sudah mengetahui cara kerja dari virus komputer.

Berikut ini adalah jenis dan cara kerja virus komputer:

  1. Email virus yaitu virus yang masuk bersamaan dengan lampiran file yang dikirim oleh seseorang lewat email. Email tersebut juga mampu untuk mengirimkan dirinya secara otomatis kontak yang ada di dalam email tersebut. Bahkan untuk beberapa jenis virus tidak membutuhkan klik dua kali pada proses pengirimannya.
  2. Trojan horse virus adalah sebuah virus yang memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu namun jenis virus ini tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan diri. Virus jenis ini juga tidak memiliki kemampuan untuk merusak software yang ada di dalam komputer.
  3. Worm virus, adalah virus yang cukup berbahaya untuk saat ini. Virus ini memiliki kemampuan untuk mereplika atau menggandakan dirinya sendiri. Dan virus ini juga memiliki kemampuan untuk merusak komputer dan juga sistemnya. Walaupun sebenarnya ukuran dari virus ini tergolong cukup berhasil.
  4. File virus adalah sebuah virus yang menggandakan dirinya ketika sebuah aplikasi atau file dijalankan. Cara kerja dari virus ini adalah menyusup ke dalam sebuah aplikasi atau file yang biasanya dijalankan oleh para pengguna komputer. Jadi ketika sebuah aplikasi atau file dijalankan maka virus file ini tentunya akan menyebar.
  5. Virus boot sector adalah sebuah virus yang menyerang bagian boot sektor dari sebuah harddisk. Boot sektor itu sendiri pada sebuah hardisk berfungsi untuk menyimpan berbagai macam informasi mengenai berbagai macam file yang digunakan untuk keperluan boot sistem operasi. Jadi apabila virus boot sector ini sudah masuk dan menyerang, maka tentunya sistem operasi sudah tidak bisa dijalankan lagi dan harus dilakukan dengan cara di instal ulang.
  6. Multipartite virus adalah sebuah virus yang menyerang berbagai macam file yang ada di komputer sekaligus pada bagian port sector hardisk. Tentunya multipartite virus ini merupakan virus yang masuk ke dalam kategori berbahaya. Hal tersebut dikarenakan komputer yang terserang multipartite virus akan mengalami kerusakan yang cukup fatal dari segi software dan file.
  7. Polimorfisme virus adalah virus yang memiliki kemampuan untuk merubah kode yang ada di dalam dirinya sendiri. Oleh sebab itulah virus jenis ini akan lebih sulit terdeteksi karena sifatnya yang selalu dinamis dan selalu berubah-ubah sehingga cukup sulit dikenali oleh program anti virus terbaru sekali pun.
  8. Virus stealth adalah sebuah virus yang mampu menginfeksi sebuah file namun file tersebut masih kelihatan tidak terserang oleh virus. Oleh sebab itu virus ini termasuk kedalam kategori virus yang cerdas karena file yang terinfeksi sama sekali tidak terdeteksi bahwa file tersebut sudah terinfeksi oleh virus sehingga virus jenis ini juga cukup sulit untuk terdeteksi.
  9. Macro virus merupakan virus yang menyerang berbagai macam file office terutama hasil dari software microsoft office. Virus jenis ini akan melakukan modifikasi pada perintah macro yang ada di microsoft office seperti perintah save. Sehingga apabila pengguna melakukan operasi penyimpanan, maka tentunya file virus macro tersebut akan menyebar.
  10. Shortcut virus adalah salah satu jenis virus yang mampu menggandakan diri dalam bentuk shortcut sesuai dengan berbagai macam file yang tersimpan di harddisk. Virus shortcut ini sebenarnya hanya menampilkan sebuah shortcut yang menuju ke file virus itu sendiri. Sedangkan file yang sebenarnya cuma di sembunyikan saja. Virus shortcut ini memiliki kecepatan yang luar biasa dalam membuat shortcut menuju ke virus utama dan juga proses menyembunyikan file asli.

Demikianlah bahasan singkat kali ini mengenai cara kerja virus komputer dan beberapa jenisnya. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda sekalian.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Kerja Virus Komputer Dan Jenisnya was last modified: January 23rd, 2016 by admin