Cara Lengkap Mencuci Helm Yang Baik dan Benar

By | November 14, 2015

Cara lengkap mencuci helm yang baik dan benar – Helm adalah salah satu bagian per sepeda motor yang membutuhkan perawatan cukup tinggi. Helm akan selalu melekat dengan kepala kita pada saat kita berkendara. Oleh sebab itu tentunya potensi alam menjadi kotor cukup tinggi. Oleh sebab itulah alangkah baiknya apabila kita bisa rutin untuk mencuci helm yang setiap hari digunakan.

Helm yang jarang sekali dibersihkan tentunya akan menjadi sangat kotor dan dekil. Disamping itu helm yang tidak pernah dibersihkan tentunya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap serta tidak enak untuk dipandang. Sekarang ini sudah sangat menjamur tempat pencucian helm yang bisa dimanfaatkan apabila kita malas untuk mencuci helm sendiri. Namun apabila anda memiliki niat untuk mencoba mencuci helm sendiri maka tentunya hal tersebut akan lebih baik dan bisa digunakan sebagai ajang penghematan pengeluaran.

Mencuci helm tidaklah sulit untuk dilakukan. Bahkan bagi yang belum pernah melakukan pencucian helm sendiri mencuci helm juga bisa diselesaikan dengan mudah. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk bisa menyelesaikan tugas mencuci helm yang baik dan benar. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah keniatan untuk bisa melakukan pencucian helm, sehingga kita bisa melakukan cuci helm secara rutin, misalnya satu minggu sekali.

Cara Lengkap Mencuci Helm Yang Baik dan Benar

Cara Lengkap Mencuci Helm Yang Baik dan Benar

Di bawah ini adalah cara lengkap mencuci helm yang baik dan benar:

  1. Langkah pertama adalah memisahkan komponen-komponen yang ada dan melekat pada helm. Anda bisa mulai melepas bagian busa, kaca sehingga terlepas dari cangkang helm itu sendiri. Pada tahap ini anda tentunya tidak perlu khawatir karena pada berbagai macam merk helm yang harganya cukup mahal sudah ada bagian untuk mempermudah proses pelepasan komponen-komponen pada helm. Begitu juga pada proses pemasangan kembali, oleh sebab itu anda tidak perlu ragu untuk melepas bagian-bagian dari helm.
  2. Setelah cangkang dengan busa helm terpisah, maka langkah selanjutnya adalah anda bisa mulai mencuci cangkang helm. Anda bisa mencuci seperti biasa dengan cara mengucurkan cairan sabun ataupun deterjen atau shampo sambil melakukan penggelapan pada bagian cangkang tersebut. Pastikan proses pembasuhan serta pembersihan bagian cangkang tersebut bekerja secara merata.
  3. Setelah selesai proses pembersihan cangkang helm maka langkah selanjutnya adalah membilas air sabun yang melekat pada cangkang helm tersebut menggunakan air bersih berhenti melakukan proses pembilasan secara menyeluruh dan bersih. Ciri-ciri cangkang helm sudah bersih adalah bagian permukaan menjadi kesat. Apabila permukaan cangkang helm masih licin, hal tersebut berarti cairan sabun masih menempel di atas permukaan cangkang.
  4. Setelah permukaan cangkang benar-benar bersih dari cairan sabun, maka langkah terakhir adalah proses pengeringan. Anda bisa menggunakan kanebo untuk mengelap bagian yang masih basah pada cangkang helm sehingga cairan yang menempel pada cangkang helm bisa sering.
  5. Perlakuan untuk busa helm adalah sama. Anda bisa mencuci bagian busa helm dengan cara membasuh usaha tersebut dengan air sabun atau deterjen, kemudian melakukan penyikatan pada bagian pusat tersebut. Proses pengikatan bagian busa pada helm biasanya dilakukan pada area yang cukup motor.
  6. Apabila sudah selesai, maka anda bisa menjemur bagian busa helm sampai kering di bawah terik matahari.
  7. Setelah bagian pusat tersebut kering, maka langkah selanjutnya anda bisa menyatukan kembali komponen helm yang sebelumnya dipisahkan.

Demikianlah tutorial dan cara lengkap mengenai proses mencuci helm yang baik dan benar. Mudah-mudahan artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda dan bisa membantu anda dalam proses pencucian helm sehingga helm yang anda gunakan sehari-hari selalu dalam kondisi bersih dan wangi. Selamat mencoba dan terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Lengkap Mencuci Helm Yang Baik dan Benar was last modified: October 27th, 2015 by admin