Cara Melindungi Flashdisk Supaya Tidak Kena Virus

By | December 31, 2014

Flashdisk adalah salah satu alat atau media yang paling disukai oleh para pembuat virus supaya lebih cepat tersebar. Hal tersebut dikarenakan jumlah flashdisk yang beredar saat ini cukup banyak. Dengan jumlah flashdisk yang cukup banyak maka tentunya potensi tersebarnya virus juga cukup tinggi. Oleh sebab itulah melindungi flashdisk supaya tidak kena virus merupakan salah satu faktor penting supaya komputer dan data yang ada di dalamnya cukup aman.

Berbagai macam lubang keamanan atau celah masuknya virus memang cukup banyak terdapat di komputer. Salah satu fitur andalan di windows adalah autoplay atau autorun. Fitur ini sebenarnya fitur yang cukup bagus, dimana ketika kita memasukkan cd atau dvd kedalam cd room, maka otomatis file yang ada di dalamnya akan dijalankan tanpa adanya interaksi dari pengguna.

Akan tetapi, fitur autorun tersebut justru dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk menyebarkan hasil kreasi mereka. Celah keamanan tersebutlah yang dimanfaatkan oleh pembuat virus supaya virus yang mereka buat otomatis menyebar tanpa harus dijalankan oleh pengguna.

Bagi yang paham dengan sistem komputer, tentunya hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Autorun sendiri yang terdapat di fitur windows akan tetap membutuhkan konfirmasi dari penggunanya. Artinya jika ada file yang hendak di eksekusi, maka akan muncul terlebih dahulu kotak dialog yang meyakinkan apakah pengguna akan menjalankan aplikasi tersebut atau tidak. Jika pengguna merasa bahwa aplikasi yang minta dikonfirmasi bukan aplikasi yang dia miliki, maka tentunya dia akan meng cancel supaya aplikasi tersebut tidak di running.

Berbeda jika yang menemukan hal tersebut adalah pengguna awam komputer. Biasanya, jika ada dialog konfirmasi maka kebanyakan mereka menekan tombol yes, yang artinya file tersebut setuju untuk dijalankan, padahal mereka tidak tahu bahwa file tersebut adalah virus.

Jika ditelaah lebih dalam, file virus yang nantinya akan dieksekusi memiliki satu file eksekutor namanya file autorun.inf. File tersebutlah yang menjadi jalan utama guna meng eksekusi file utama dari virus.

Untuk melakukan perlindungan festi supaya tidak kena virus tentunya kita membutuhkan bantuan software antivirus. Software inilah yang nantinya kita manfaatkan untuk menghilangkan berbagai macam kemungkinan serangan virus yang ada pada flashdisk.

Untuk melindungi flashdisk supaya tidak kena virus kita bisa menggunakan produk anti virus dari Bitdefender Immunizer. Atau ada satu software antivirus lagi yang memiliki nama Panda Usb Vaccain. 2 software anti virus tersebut lah yang mampu mengatasi masalah virus di dalam flashdisk.

Anda bisa mendownload software Bitdefender Immunizer disini (http://labs.bitdefender.com/projects/usb-immunizer/overview/) atau download software Panda Usb Vaccain disini (http://www.pandasecurity.com/homeusers/downloads/usbvaccine/).

Untuk menggunakan software tersebut juga tidaklah terlalu sulit. Anda cukup menjalankan software anti virus tersebut, secara otomatis software tersebut akan mendeteksi apakah fitur autorun pada di dalam komputer berjalan atau tidak. Jika fitur autorun pada komputer berjalan maka otomatis dia akan memberikan sebuah pilihan apakah akan mematikan fitur autorun tersebut atau membiarkan hidup. Lebih baik anda mematikan fitur autorun pada windows.

Setelah anda menonaktifkan fitur autorun pada windows, proses selanjutnya adalah anda bisa mencoba untuk memasang flash disk ke dalam port usb. Setelah flashdisk terpasang maka otomatis anti virus tersebut akan mendeteksi keberadaan flashdisk yang anda tancapkan. Setelah itu anda tinggal menekan tombol yang ada di fitur anti virus tersebut. Nantinya anti virus tersebut akan langsung mengganti file autorun.inf dengan berbagai macam file di mana file tersebut berfungsi untuk memproteksi flashdisk dari serangan virus.

Ternyata cukup mudah untuk melindungi flashdisk supaya tidak kena virus. Intinya dengan lebih hati-hati dalam menggunakan flashdisk tentunya akan lebih membuat flashdisk menjadi aman dari serangan virus. Demikianlah sedikit tutorial cara melindungi flashdisk supaya tidak kena virus. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi anda dalam melindungi flashdisk supaya lebih aman.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Melindungi Flashdisk Supaya Tidak Kena Virus was last modified: December 31st, 2014 by admin