Cara Melindungi Komputer Dari Virus

By | December 30, 2015

Cara melindungi komputer dari virus – Melindungi komputer dari virus adalah salah satu bagian penting guna menjaga komputer supaya tetap nyaman untuk digunakan. Komputer yang bersih dari virus juga akan membuat pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data, karena banyak kasus data hilang yang disebabkan oleh virus. Banyak cara yang perlu dilakukan guna menjaga komputer dari virus dan tentunya hal tersebut merupakan hal yang wajib untuk dikerjakan oleh pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi windows linux maupun machintos.

Cara melindungi komputer dari virus bisa dilakukan dengan berbagai macam jalan, dan tentunya jalan-jalan tersebut merupakan jalan yang harus ditempuh supaya akses masuk virus dari media luar kedalam komputer yang kita gunakan sehari-hari bisa dihentikan. Cara melindungi komputer dari virus yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah cara yang cukup umum dan banyak dilakukan oleh para pengguna komputer. Oleh sebab itu maka tidak ada salahnya bagi kita yang ingin memiliki komputer tetap bebas dari virus bisa melakukan hal tersebut.

Berikut ini adalah cara melindungi komputer dari virus:

  1. Usahakan untuk tidak membuka email spam dari pengirim atau sumber yang tidak jelas. Hal tersebut tentunya sangat riskan untuk dilakukan, lantaran banyak penyusup yang memanfaatkan email untuk masuk ke dalam sistem komputer teknologi email untuk saat ini seperti yang dimiliki oleh mail yahoo dan gmail serta hotmail sudah cukup bagus apa ya itu sudah menyediakan folder spam untuk menampung berbagai macam jenis kiriman email yang tidak jelas sumbernya.
  2. Apabila anda mendapatkan kiriman email yang di dalamnya ada lampiran file, maka usahakan anda juga tidak usah membuka lampiran tersebut apabila tidak diketahui secara jelas pengirimnya. Banyak sekali lampiran file yang isinya adalah virus yang nantinya apabila dibuka oleh pemilik komputer akan langsung masuk ke dalam sistem komputer.
  3. Selalu hati-hati pada saat berselancar di internet. Gunakan secara bijak dan hati-hati dalam menggunakan web browser. Banyak virus yang dikirim melalui iklan dalam bentuk pop up berhentilah oleh sebab itu apabila anda membuka web browser yang memunculkan iklan pop up maka anda harus hati-hati.
  4. Sekarang ini sudah banyak antivirus yang menyediakan proteksi untuk para pengguna internet. Salah satunya adalah avg internet security. Anda bisa memanfaatkan fitur dari antivirus tersebut untuk membantu anda melindungi sistem komputer yang digunakan. Antivirus internet security tentunya akan lebih ampuh menghilangkan berbagai macam ancaman yang berasal dari internet
  5. Selalu memanfaatkan fitur scanning virus pada saat anda memasukkan berbagai macam data dari luar lewat usb baik itu flashdisk maupun harddisk eksternal. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk meminimalisir ikut masuknya virus kedalam komputer melalui berbagai macam media eksternal tersebut.
  6. Anda harus berhati-hati ketika menemukan berbagai macam file dengan ekstensi yang mencurigakan. Janganlah membuka file yang berasal dari media luar di mana file tersebut tidak anda kenali atau anda tidak merasa memilikinya. Apalagi jika file tersebut berekstensi exe atau dalam bentuk shortcut yang biasanya bentuk file tersebut adalah bentuk file yang sangat disenangi virus untuk berkamuflase didalamnya.
  7. Pakailah antivirus yang bagus dan melakukan update database secara berkala. Apabila memungkinkan dan ada biaya, sebaiknya kita menggunakan antivirus premium atau yang berbayar, karena tentunya support atau dukungan untuk antivirus yang berbayar lebih bagus dibandingkan dengan antivirus yang gratisan. Namun hal tersebut juga tidak mengartikan bahwa antivirus yang gratis adalah jelek. Anti virus yang gratis apabila di update secara berkala juga akan memiliki kualitas yang cukup bagus dalam melindungi sistem komputer
  8. Selain antivirus luar negeri, anda juga bisa memaksimalkan proteksi terhadap komputer anda dengan menginstal antivirus dalam negeri. Sekarang ini sudah banyak beredar berbagai macam antivirus dalam negeri yang bisa dimanfaatkan, misalnya adalah smadav antivirus atau mungkin pcmav antivirus. Keduanya tentunya bertujuan untuk memproteksi komputer dari serangan virus lokal.
  9. Untuk memaksimalkan proteksi terhadap berbagai macam gangguan, maka alangkah baiknya anda mendampingi program antivirus dengan program anti spyware dan anti malware. Hal tersebut dikarenakan antivirus kadangkala tidak mampu untuk memfilter atau memblok gangguan yang berasal dari malware ataupun spyware.
  10. Bagian yang terakhir dari cara melindungi komputer dari virus adalah kita harus hati-hati apabila kita sering melakukan download sebuah file, apalagi jika file tersebut tidak jelas sumbernya. Biasanya banyak virus yang disusupkan kedalam file bajakan yang tidak jelas sumbernya.

Demikianlah beberapa cara melindungi komputer dari berbagai macam serangan virus. Udah-udahan beberapa langkah diatas bisa anda terapkan yang nantinya diharapkan komputer yang anda gunakan sehari-hari untuk pekerja bisa lebih nyaman untuk digunakan dan tentunya anda juga akan merasa terbantu dengan kinerja komputer yang selalu maksimal. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Melindungi Komputer Dari Virus was last modified: December 30th, 2015 by admin