Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Menggunakan Software

By | January 21, 2017

Salah satu sesi yang seringkali menimbulkan masalah selama proses instalasi windows 7 adalah sesi pembagian partisi. Kekeliruan yang anda lakukan saat melakukannya bisa menimbulkan akibat yang fatal berupa hilangnya data yang anda simpan pada salah satu partisi. Dengan demikian, anda harus berhati-hati dalam sesi ini untuk menghindari kerugian yang bisa timbul karena kesalahan step yang anda ambil. Di bawah ini anda bisa menemukan penjelasan yang mudah dipahami mengenai bagaimana cara membagi partisi windows 7 selama proses instalasi berlangsung.

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 7

Persiapan dan Praktek Membagi Partisi Windows 7

Selama ini anggapan umum mengenai cara membagi partisi windows 7 adalah dengan menggunakan software. Tentu saja ada memang software pembagi partisi windows 7, akan tetapi akan lebih mudah dan aman sebenarnya bagi anda untuk melakukannya dengan menggunakan pengaturan bawaan yang sudah disediakan oleh windows 7 sendiri. Anda hanya perlu memastikan sejak awal bahwa windows 7 yang sudah terinstall pada perangkat anda memang sudah terinstall dengan sempurna. Dengan demikian, tak akan ada gangguan ketika anda mempraktekkan pembagian partisi pasca install ini.

Langkah pertama anda lakukan dengan mengklik my computer pada start menu. Setelah itu, klik kanan dan pilihlah manage. Jika prosesnya berjalan lancar, maka anda akan menemukan jendela baru terbuka bernama computer management. Jendela baru ini menampilkan 3 bagian. Lihatlah ke jendela bagian kiri di mana anda akan menemukan disk management. Di sana tercantum daftar partisi yang selama ini sudah anda miliki. Dari sanalah sebenarnya nanti cara membagi partisi windows 7 bisa anda praktekkan.

Pilihlah salah satu partisi yang ingin anda bagi menjadi dua misalnya. Anda hanya tinggal mengklik kanan partisi tersebut. Kemudian akan muncul pilihan shrink volume. Anda tinggal mengkliknya. Dari sana kemudian akan muncul jendela baru. Jendela baru ini merupakan kotak dialog di mana anda harus mengisikan beberapa hal tentang partisi baru anda. Anda misalnya harus mengisi berapa kapasitas yang anda rencanakan untuk partisi baru tersebut. Setelah itu, tahap selanjutnya dari cara membagi partisi windows 7 adalah dengan mengklik pilihan shrink. Lalu tunggulah sampai proses yang berjalan selesai.

Setelah proses shrink selesai, anda akan menemukan partisi baru yang disebut unallocated. Tentu saja partisi ini belum bisa anda gunakan. Untuk bisa menggunakannya, anda harus memformat partisi tersebut. Caranya mudah. Klik kanan pada partisi tersebut, kemudian pilih pilihan new simple volume. Akan muncul kotak dialog mengenai detail yang anda inginkan tentang partisi yang bersangkutan, misalnya tentang besar volume partisi tersebut. Jika sudah selesai dengan itu, maka anda akan menemukan partisi baru yang siap untuk anda gunakan. Demikianlah cara membagi partisi windows 7 dengan mudah tanpa menggunakan software.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Menggunakan Software was last modified: March 31st, 2016 by admin