Cara Membangun Jaringan Komputer Dengan Cepat

By | January 2, 2016

Cara membangun jaringan komputer – Membangun jaringan komputer atau sering disebut dengan istilah local area network atau lan adalah salah satu kebutuhan yang harus ada untuk saat ini. Hal tersebut dilatarbelakangi karena jaringan komputer pada saat sekarang ini akan memberikan kemudahan yang luar biasa bagi para penggunanya.

Berbagai macam kemudahan tentunya ditawarkan pada saat kita membangun sebuah jaringan komputer, mulai dari penghematan biaya, kemudahan proses sharing data, sampai dengan kemudahan untuk bisa saling berkomunikasi antar komputer yang terhubung di dalam jaringan tersebut.

Pada saat sekarang ini jaringan komputer hampir sudah digunakan di seluruh bidang, mulai dari sekolah, perkantoran, sampai dengan instansi pemerintah. Banyaknya para pengguna jaringan komputer tentunya tak lepas dari berbagai macam kemudahan yang ditawarkan pada penggunaan jaringan komputer.

Namun yang perlu kita pahami bersama adalah membangun jaringan komputer membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun tentunya kembali lagi fungsi dan manfaat tentunya akan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan dalam membangun jaringan komputer.

Apabila kita ingin melakukan penghematan pada proses membangun jaringan komputer tentunya kita bisa lakukan, salah satunya adalah dengan melakukan pembangunan jaringan komputer sendiri. Kita cukup menyediakan berbagai macam alat yang dibutuhkan untuk kegiatan pembangunan jaringan komputer tersebut.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba memberikan gambaran kepada anda bagaimana cara membangun sebuah jaringan komputer yang bagus dan tentunya layak untuk digunakan di dalam sistem pekeRJaan sehari-hari.

Beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan pada saat kita ingin membangun jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  1. Komputer dengan jumlah minimal dua atau lebih
  2. Kartu jaringan dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah komputer yang akan dibangun di dalam jaringan
  3. Kabel jaringan atau sering disebut dengan kabel FTP. Atau anda juga bisa menggunakan kabel coaxial
  4. Apabila jumlah komputer yang dibangun di dalam komputer cukup besar maka anda membutuhkan hub
  5. Tang crimping dan juga konektor, biasanya menggunakan konektor RJ 45

Setelah anda mempersiapkan seluruh kebutuhan peralatan dan bahan dalam membangun jaringan komputer, maka langkah selanjutnya adalah penjelasan bagaimana cara kita membangun jaringan komputer tersebut. Silahkan disimak.

  1. Langkah pertama yang harus anda pahami adalah jenis atau topologi dari jaringan yang hendak anda bangun. Anda perlu memahami konsep dari topologi jaringan guna memaksimalkan fungsi dari karakteristik topologi jaringan itu sendiri. Sabtu topologi jaringan dengan topologi jaringan yang lainnya tentunya memiliki perbedaan, baik dilihat dari segi fungsi maupun kekurangan dan kelebihannya.
  2. Apabila anda sudah memastikan jenis dan topologi jaringan yang digunakan, langkah selanjutnya adalah memasang kabel ke kartu jaringan yang ada di komputer. Untuk menghasilkan kecepatan transfer yang maksimal, tentunya sangat direkomendasikan untuk menggunakan lan card jenis pci, hal tersebut dikarenakan lan card dengan konektor pci yg akan memiliki proses transfer data yang cukup tinggi.
  3. Susunlah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer sesuai dengan topologi jaringan yang digunakan. Apabila anda menggunakan topologi bus maka tentunya anda harus memasang konektor pada komputer yang mendukung dua slot.demikian juga untuk topologi yang lain, anda harus menyesuikan karakteristik masing-masing.

Setelah anda berhasil memasang pengkabelan pada jaringan komputer, maka langkah selanjutnya adalah memilih komputer yang nantinya akan digunakan sebagai server data. Di samping itu beberapa perangkat lain yang perlu anda persiapkan sebagai alat penunjang untuk kebutuhan pembuatan jaringan komputer adalah sebagai berikut.

  1. Sistem operasi dengan platform atau kebutuhan untuk server, misalnya adalah windows server
  2. Akses point apabila jaringan komputer yang akan anda bangun membutuhkan koneksi wifi
  3. Switch atau hub apabila jaringan komputer yang hendak anda bangun murni menggunakan kabel
  4. Konektor RJ 45
  5. Tester yang digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap pemasangan kabel utp dengan konektor RJ 45

Langkah terakhir yang perlu dilakukan pada tahapan membangun jaringan komputer adalah proses setting sistem operasi windows. Proses setting yang perlu dilakukan pada bagian ini adalah menyamakan workgroup yang digunakan pada jaringan komputer tersebut dan melakukan setting ip address pada masing-masing komputer.

Proses melakukan setting ip address yang ada di masing-masing komputer tentunya berbeda sesuai dengan karakteristik jaringan yang dibangun. Apabila anda ingin membangun jaringan komputer yang hanya mencakup lokal saja, maka proses setting pada masing-masing komputer bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Demikianlah tutorial cara membangun jaringan komputer yang mana tutorial diatas merupakan tutorial dasar yang perlu dipahami oleh anda yang hendak membangun jaringan komputer dalam lingkungan lokal. Untuk bisa mahir membangun jaringan komputer tentunya dibutuhkan banyak referensi dan juga banyak latihan. Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan selamat mencoba, selamat berlatih dan semoga cepat mahir.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Membangun Jaringan Komputer Dengan Cepat was last modified: January 1st, 2016 by admin