Cara Membersihkan Virus Di Komputer

By | January 4, 2016

Cara membersihkan virus di komputer – Membersihkan virus di komputer perlu dilakukan manakala komputer terserang virus. Virus yang sudah terlanjur masuk ke dalam komputer tentunya akan menyebabkan berbagai macam masalah yang akan sangat merugikan pemilik komputer itu sendiri. Minimal dengan masuknya virus ke dalam komputer maka pengguna komputer akan merasa sangat terganggu dengan keberadaan virus.

Ada berbagai macam efek yang ditimbulkan ketika virus masuk kedalam sebuah komputer. Berbagai macam efek yang biasanya ditimbulkan oleh virus ketika sudah menjangkiti komputer adalah sebagai berikut:

  1. Komputer akan terasa sangat lambat apabila digunakan
  2. Seringnya hang pada perangkat komputer
  3. Waktu nyala atau loading pada komputer akan menjadi cukup lama atau lambat
  4. Virus akan membuat beberapa program tidak bisa di jalankan atau dibuka
  5. Biasanya internet akan sulit diakses walaupun koneksi internet tidak terjadi masalah
  6. Munculnya sebuah peringatan berupa jendela popup yang menyampaikan bahwa komputer anda terjangkiti oleh virus, padahal sebelumnya tidak pernah muncul informasi seperti itu
  7. Atribut dari sebuah file biasanya akan sulit untuk diubah
  8. Beberapa file akan disembunyikan secara otomatis oleh virus. Hal ini akan membuat persepsi bahwa virus telah menghapus file anda.
  9. Akan muncul sebuah atau beberapa file aneh yang sebelumnya tidak pernah anda buat. Biasanya berekstensi exe atau shortcut

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membersihkan virus dari komputer adalah dengan mendownload terlebih dahulu antivirus yang memang terkenal ampuh dan bagus. Berbagai macam antivirus gratis bisa anda manfaatkan untuk memulai proses pembersihan komputer ini.

Anda bisa memanfaatkan antivirus gratis yang sangat direkomendasikan mulai dari antivirus avg antivirus avira antivirus norton, sampai dengan antivirus eset.kemudian untuk antivirus lokal anda bisa memanfaatkan smadav antivirus guna menghilangkan berbagai macam infeksi virus lokal yang sekarang ini juga sudah cukup merajalela.

Untuk mendownloadnya silahkan anda gunakan mesin pencari google guna mendapatkan link download yang disediakan oleh masing-masing antivirus tersebut. Tidak sulit untuk mendapatkan berbagai macam antivirus yang saya sebutkan di atas, apalagi sifatnya yang gratis dan bisa digunakan secara bebas.

Setelah anda berhasil mendapatkan antivirus yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah proses instalasi sekaligus proses pembersihan yang bisa anda lakukan melalui safe mode. Jadi pada langkah ini silahkan anda masuk ke safe mode yang ada di windows. Untuk masuk ke safe mode silahkan anda tekan tombol f8 pada saat komputer selesai proses post atau pada saat komputer anda belum loading ke desktop.

Proses pembersihan yang ada di model memiliki tujuan supaya virus yang ada di komputer tidak aktif. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa didalam safe mode berbagai macam service termasuk service virus tidak berjalan dan tentunya hal tersebut akan mempermudah antivirus untuk membersihkan berbagai macam virus yang ada di dalam komputer.

Silahkan lakukan pembersihan secara total menggunakan antivirus yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Akan lebih baik ketika anda melakukan pembersihan dengan berbagai macam antivirus sekaligus supaya keberadaan dari virus yang ada di dalam komputer akan benar-benar bersih. Untuk virus dari luar negeri anda bisa menggunakan antivirus luar negeri sekelas avg ataupun avira. Kemudian untuk antivirus dalam negeri anda bisa menggunakan antivirus smadav.

Untuk memaksimalkan proses pembersihan anda juga bisa memanfaatkan anti spyware atau anti malware yang tentunya hal tersebut akan lebih membersihkan komputer anda dari berbagai macam pengganggu. Proses ini tentunya akan memakan waktu yang cukup lama tergantung dari kapasitas hardisk yang digunakan. Namun sekali lagi pada tahapan ini anda harus cukup bersabar menunggu hingga proses benar-benar selesai.

Setelah anda membersihkan virus komputerdengan memanfaatkan antivirus, langkah selanjutnya adalah dengan menonaktifkan system restore. System restore ini tentunya menyimpan berbagai macam setingan pada saat kita melakukan perubahan pada sistem operasi windows. Namun dari proses penyimpanan settingan tersebut biasanya beberapa file yang terjangkiti oleh virus juga akan ikut tersimpan dan tentunya akan berpotensi masuk kembali manakala kita mengaktifkan system restore tersebut.

Temporary file dan berbagai macam file sampah juga perlu anda bersihkan guna memaksimalkan proses pembersihan virus di dalam komputer. Anda bisa memanfaatkan diskon apa yang sudah disediakan oleh windows untuk melakukan pembersihan file sampah dan file temporary. Atau jika anda ingin mendapatkan hasil pembersihan lebih maksimal, anda bisa memanfaatkan software untuk tweaking seperti ccleaner.

Apabila virus yang ada di dalam komputer sudah membuat sistem operasi windows mengalami kerusakan maka langkah yang perlu anda lakukan untuk mengembalikan komputer supaya bisa digunakan kembali adalah dengan merepair windows. Merepair windows tentunya memiliki kelebihan dalam mempertahankan software yang terinstal di dalamnya sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan instalasi berbagai macam software aplikasi yang sudah ada.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan pada proses membersihkan virus di dalam komputer. Berbagai macam langkah diatas merupakan langkah umum yang tentunya bisa anda kerjakan guna mendapatkan hasil maksimal dari proses pembersihan virus tersebut. Mudah-mudahan artikel pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang kebetulan sedang mengalami masalah di mana komputer yang sedang terinfeksi oleh virus. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Membersihkan Virus Di Komputer was last modified: January 1st, 2016 by admin