Cara Membuat Komputer Server

By | February 1, 2016

Cara membuat komputer server – Membuat komputer server adalah salah satu pekerjaan yang cukup sulit. Pekerjaan yang sulit tersebut biasanya terletak pada pemilihan perangkat keras yang digunakan pada komputer server itu sendiri. Namun sekarang ini membuat komputer server juga bisa menjadi perkara yang cukup mudah, lantaran sudah banyak penjual komputer yang menyediakan komputer server. Komputer server yang mereka sediakan juga sudah memiliki merek terkenal.

Berbagai macam merk komputer server yang banyak dijual di pasaran adalah dell, ibm, hp, dan berbagai macam merek terkenal lainnya. Harga yang ditawarkan untuk komputer server juga cukup beragam tergantung dari spesifikasi yang dimiliki oleh komputer server itu sendiri. Namun secara umum komputer server dibandrol diatas harga 10 jutaan.

Harga tersebut merupakan harga yang cukup tinggi untuk ukuran harga komputer secara umum. Lantaran harga komputer biasanya ada di kisaran harga 5 jutaan. Namun tentunya harga server 10 jutaan ke atas sudah didesain sedemikian rupa sehingga komputer tersebut memang bisa bekerja layaknya server komputer dengan berbagai macam kelebihan lainnya.

Selain menggunakan komputer server built up, kita juga bisa membuat komputer server sendiri dengan cara merakitnya. Namun sebelum kita mulai merakit komputer server, alangkah baiknya jika kita memahami beberapa spesifikasi yang ada atau digunakan pada komputer server itu sendiri.

Bagian pertama yang harus diperhatikan ketika membuat komputer server adalah prosesor. Processor untuk komputer server dipilih menggunakan prosesor yang memang benar-benar dirancang untuk komputer server, bisa beroperasi pada suhu yang dingin sehingga kondisi prosesor akan lebih awet untuk produk intel processor yang direkomendasikan untuk komputer server adalah intel xeon.

Bagian kedua yang harus diperhatikan adalah kapasitas ram. Semakin besar kapasitas ram tentunya akan membuat performa komputer server semakin terjaga. Ram dengan ukuran 4 giga bukanlah ukuran standar untuk server untuk bisa mendapatkan performa maksimal dari komputer server, maka minimal kapasitas ram yang digunakan adalah 16 gigabyte.

Demikian juga untuk kapasitas hardisk yang nantinya digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file dan data. Sediakan saja hardisk dengan ukuran minimal 1 terra byte. Ukuran tersebut merupakan ukuran minimal yang biasanya digunakan oleh komputer server supaya tidak mudah kehabisan ruang penyimpanan.

Dan yang tidak boleh ketinggalan juga adalah media backup untuk sumber daya listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komputer server harus mampu menyala 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun. Untuk itulah kita harus mampu menjaga supaya komputer server tersebut tetap dalam kondisi menyala. Penggunaan alat ups tidaklah cukup untuk komputer server, namun tetap harus dilengkapi dengan generator listrik yang nantinya akan memberikan pasokan listrik ketika listrik dari pln padam dalam durasi waktu yang cukup lama.

Apabila beberapa poin di atas sudah terpenuhi maka anda sudah bisa mulai untuk merangkai atau merakit komputer server. Jadi bisa disimpulkan bahwa investasi untuk membangun sebuah komputer server cukup tinggi dari segi biaya. Namun apabila pengelolaan dan pemanfaatan komputer server tersebut maksimal, maka tentunya biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan fungsi yang diberikan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara membuat komputer server dengan mudah dan tepat. Semoga artikel singkat diatas bisa memberikan tambahan wawasan dan manfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Membuat Komputer Server was last modified: January 23rd, 2016 by admin