Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond

By | September 1, 2015

Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond – Kelangsungan hidup bagi sebuah perangkat elektronik adalah sangat penting. Apalagi jika perangkat elektronik tersebut merupakan perangkat yang digunakan oleh orang lain. Sebagai contoh perangkat yang umum dan banyak digunakan oleh orang lain adalah web server, cctv, server mail serta beragam perangkat lainnya yang di dalamnya kerja sebuah IP public.

Apabila anda adalah seorang administrator dari alat yang menggunakan IP public, tentunya anda tidak mau kecolongan perangkat yang anda kelola mati atau tidak berfungsi secara mendadak namun tidak anda ketahui. Apabila anda hanya mengelola satu web server misalnya, tentu tidak akan menjadi masalah ketika harus dilakukan pemantauan secara terus menerus. Namun apa jadinya jika anda harus memantau ratusan web server. Pastinya anda akan kewalahan dan kesulitan dalam memantaunya.

Oleh sebab itulah anda perlu adanya sebuah service tambahan, dimana service tersebut akan memberikan sebuah notifikasi atau sebuah pesan kepada anda apabila peralatan yang menggunakan IP static tersebut mati atau tidak memberikan respon. Hal tersebut pasti akan lebih mempermudah anda dalam mencari serta menemukan peralatan mana yang mengalami kerusakan atau no respon tersebut.

Lalu bagaimana langkah konkrit cara membuat notifikasi IP mati atau no respon tersebut? Berikut adalah langkah langkahnya.

  1. Langkah pertama, silahkan anda kunjungi halaman website di http://www.pingdom.com/free
  2. Langkah selanjutnya, silahkan anda register untuk pertama kalinya
  3. Setelah anda berhasil register pada alamat website tersebut, silahkan anda login menggunakan akun yang baru anda buat
  4. Langkah berikutnya, dan pertama kali setelah anda login ke akun anda, silahkan anda atur time zone supaya notifikasi yang muncul sama dengan zona waktu yang kita gunakan.
  5. Langkah berikutnya, silahkan anda masuk ke dalam menu check
  6. Silahkan anda pilih menu add new check
    Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond
  7. Berikutnya silahkan anda berikan nama pada bagian kolom name of check
  8. Langkah selanjutnya, silahkan anda pilih interval. Semakin pendek interval yang anda pilih maka akan semakin bagus, karena akan semakin sering sistem melakukan pengecekan terhadap IP yang nantinya kita masukkan.
  9. Langkah berikutnya, silahkan anda pilih menu network pada bagian check type.
  10. Langkah selanjutnya, silahkan anda pilih ping
  11. Silahkan anda isikan IP publik yang dimiliki oleh perangkat yang anda ingin monitoring.
  12. Selanjutnya akan anda bisa lakukan cek untuk melakukan test koneksi pada perangkat yang ingin pantau.
    Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond
  13. Selanjutnya akan munculkan sebuah pesan dari hasil tes hasil ping tersebut.
  14. Langkah selanjutnya, silahkan anda set notifikasi.
  15. Selanjutnya, silahkan anda pilih notifikasi yang muncul nantinya akan dikirim ke mana. Ada beberapa pilihan mulai dari sms, email, ios, twitter, serta android. Pada contoh berikut ini saya hanya menggunakan email sebagai media untuk menyampaikan notifikasi apabila terjadi kerusakan pada alat.
    Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond
  16. Langkah selanjutnya, silahkan anda set bagian “notify when done” ketika terjadi kerusakan alat sehingga sistem akan memberikan notifikasi
  17. Langkah selanjutnya, silahkan anda set repeat every
  18. Berikutnya, silahkan anda beri tanda ceklist pada “notify when backup” pengaturan ini memiliki tujuan, ketika perangkat sudah hidup kembali, maka akan ada notifikasi ulang yang menyatakan bahwa peralatan sudah kembali menyala
  19. Langkah selanjutnya silakan anda klik pada bagian “create a check” untuk menyimpan yang telah anda buat tadi.
    Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond

Cukup bermanfaat bukan cara membuat notifikasi ketika ada perangkat IPnya ataupun no respon. Tentunya dengan fitur seperti itu kita akan lebih mudah melakukan monitoring terhadap berbagai macam alat yang dalamnya menggunakan IP static dan IP public.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Membuat Notifikasi Ketika Perangkat IP Mati atau No Respond was last modified: July 24th, 2015 by admin