Cara Memilih Pelumas Yang Baik Untuk Kendaraan

By | October 27, 2015

Cara memilih pelumas yang baik untuk kendaraan – Pelumas adalah salah satu bagian yang terpenting di dalam kendaraan sepeda motor maupun mobil. Dengan menggunakan pelumas yang baik tentunya akan membuat mesin selalu terjaga baik awetan nya maupun performanya. Memilih pelumas juga sebenarnya bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Apabila kita bisa menentukan pelumas yang terbaik untuk kendaraan kita maka tentunya kita akan mendapatkan hasil yang terbaik pula dari kendaraan yang kita miliki. Memilih pelumas tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Berbagai macam faktor itulah yang nanti kita bisa jadikan acuan untuk menentukan pelumas mana yang bisa kita gunakan.

Cara Memilih Pelumas Yang Baik Untuk Kendaraan

Cara Memilih Pelumas Yang Baik Untuk Kendaraan

Di bawah ini adalah cara memilih pelumas yang baik untuk kendaraan supaya lebih awet:

  1. Langkah pertama anda bisa memilih pelumas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan anda. Lihatlah di buku manual kendaraan anda pelumas jenis apa yang digunakan. Biasanya di dalamnya sudah terdapat merk dari pelumas atau tap yang wajib digunakan. Acuan dari pemilihan pelumas adalah berdasarkan nilai kekentalan yang dimiliki oleh pelumas itu sendiri. Biasanya ada yang tertulis 10 banding 40, 5 banding 40 atau mungkin 15 banding 50. Semuanya tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan.
  2. Perhatikan spesifikasi performa. Memilih tap berdasarkan spesifikasi performa tentunya lebih mudah. Maksudnya adalah standar yang digunakan untuk pelumas tersebut menggunakan standar internasional atau standar nasional. Biasanya pada kendaraan tertentu juga sudah direkomendasikan untuk menggunakan merek tertentu juga. Namun kadang-kadang ada juga kendaraan yang merekomendasikan pelumas untuk beberapa merk.
  3. Proses pergantian pelumas. Hal tersebut dimaksudkan seberapa jauh jarak tempuh untuk pelumas tertentu. Kadangkala ada kendaraan dengan menggunakan pelumas yang harus diganti setiap 4000 km. Namun ada juga kendaraan yang menggunakan pelumas dimana pelumas tersebut harus diganti setiap jarak tempuh 2000 km. Semuanya tentu kembali lagi ke jenis dan merk pelumas yang digunakan. Namun yang menjadi patokan adalah gantilah tap secara teratur sebelum km yang sudah ditentukan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memilih pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan anda. Dengan menggunakan pelumas yang terbaik maka tentunya anda akan mendapatkan performa yang terbaik pula dari kendaraan anda untuk perjalanan sehari-hari. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memilih Pelumas Yang Baik Untuk Kendaraan was last modified: October 27th, 2015 by admin