Cara Memperbaiki AC

By | November 10, 2014

​AC atau air conditioner merupakan sebuah alat pendingin ruangan yang berfungsi menurunkan suhu di dalam sebuah ruangan. Berbeda dengan kipas angin, asean mempunyai kelebihan untuk menurunkan suhu udara, sehingga kondisi di dalam sebuah ruangan akan lebih segar dan sejuk. Namun, seiring dengan bertambahnya waktu dan lamanya pemakaian AC, maka tentunya AC tersebut akan mengalami kerusakan. Ragam dan jenis kerusakannya pun cukup banyak. Salah satu yang paling sering dijumpai dari kerusakan AC adalah AC tidak mengeluarkan hawa yang dingin, sehingga menuntut untuk diperbaiki. Lalu, bagaimana cara memperbaiki AC atau air conditioner yang tidak dingin tersebut? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda cara atau langkah memperbaiki AC atau air conditioner yang tidak bisa mengeluarkan hawa yang dingin.

Baiklah, langsung saja di bawah ini akan saya sampaikan beberapa langkah yang bisa anda tempuh untuk memperbaiki AC yang rusak yang biasanya jenis kerusakannya adalah AC tersebut tidak bisa mengeluarkan hawa yang dingin. Silahkan disimak.

Kipas AC bagian luar atau sering disebut dengan kipas outdoor AC

Silahkan di cek apakah kipas yang ada di luar ruangan berputar dengan sempurna. Jika ternyata kipas yang ada di luar ruangan tersebut berputar dengan pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali, ada kemungkinan masalah tidak dingin nya ada tersebut adalah berasal dari kipas outdoor tersebut. Cara mengatasinya tentunya dengan melakukan pengecekan terhadap kabel kabel dan terminal terminal yang menuju ke kipas di bagian luar tersebut. Siapa tahu ada yang longgar.

Lakukan pemeriksaan terhadap kapasitor atau kondensator kipas bagian luar

Kondensator ini bentuknya seperti tabung namun dengan ukuran yang lebih kecil. Tanda dari kondensator atau kapasitor ini mengalami kerusakan, biasanya bagian luar dari kondensator ini akan menggelembung. Jika terlihat seperti itu maka lebih baik anda menggantinya dengan yang baru.

Lakukan pengecekan dan pengukuran impedansi kipas

Tahapan ini memang tahapan yang cukup sulit dan biasanya hanya dilakukan oleh para teknisi AC. Proses pengecekan impedansi kipas ini menggunakan sebuah alat ukur yang namanya multimeter atau multitester. Bagian yang di tag adalah kabel yang mengarah ke kipas. Untuk kipas yang masih bagus pada proses pengukuran impedansi tersebut akan didapat hasil puluhan ohm. Jika nilainya di luar itu, maka ada kemungkinan impedansi kipas bermasalah.

Lakukan pengecekan pada tegangan yang menuju ke kipas

Walaupun hal ini jarang terjadi, nomor tegangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan juga akan berpengaruh terhadap suhu yang bisa dikeluarkan oleh aset tersebut. Lakukan pemeriksaan tegangan pada setiap kabel kabel yang menuju ke kipas. Dalam melakukan pengecekan di tahap ini harus dilakukan secara hati-hati, karena tegangan yang di cek merupakan tegangan yang cukup tinggi, yang apabila terjadi kecerobohan, maka akan dimungkinkan kita tersengat aliran listrik.

Melakukan pemeriksaan atau pengecekan pada kapasitor dan kondensator untuk kompresor

Seandainya kondisi kipas di luar ruangan atau yang sering disebut outdoor AC berputar namun namun suhu AC yang dikeluarkan tetap tidak dingin, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada kapasitor atau kondensator yang digunakan untuk kompresor. Kondensator atau kapasitor untuk kipas outdoor AC dan untuk kompresor biasanya dikemas dalam satu bagian. Walaupun ada juga yang ditempatkan pada bagian yang berbeda beda. Kita cukup melihat saja dan mengurutkan kapasitor kapasitor tersebut mengarah ke bagian yang mana. Apakah ke outdoor AC ataukah ke kompresor.

Lakukan pengecekan pada bagian spark gap / mov

Fungsi dari bagian spark gap / mov ini adalah sebagai komponen pengaman seandainya terjadi sebuah lonjakan tegangan atau arus listrik. Dengan alat ini masakan komponen komponen lain yang ada di dalam AC akan lebih aman. Bentuk dari bagian spark gap / mov ini adalah seperti uang logam. Jadi jika ada komponen yang bentuknya seperti uang logam ini yang rusak atau pecah, maka harus diganti dengan yang baru.

Lakukan pengecekan pada bagian kompresor

Pekerjaan ini dilakukan untuk mengetahui tekanan kompresor yang ada di AC. Jika tekanannya sudah di luar kewajaran, biasanya terlalu rendah, maka bagian ini perlu diperbaiki.

Memanggil teknisi AC

Bagian ini merupakan bagian yang bisa dikerjakan ketika ketujuh tahapan tadi tidak bisa menyelesaikan permasalahan dari kerusakan AC yang tidak dingin tersebut. Karena 7 tahapan diatas merupakan tujuh tahapan yang paling umum yang bisa di mungkinkan untuk dikerjakan oleh orang yang tidak mengetahui detail dari AC. Namun jika kerusakannya sudah cukup parah maka alangkah baiknya kita memanggil teknisi AC.

Demikian ringkasan cerita dan postingan sederhana pada kesempatan kali ini. Semoga langkah langkah memperbaiki AC tidak dingin tersebut bisa memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi para pengunjung semuanya. Selamat mencoba untuk mempraktekkan beberapa tahapan diatas bagi anda yang kebetulan AC di rumah sedang mengalami kerusakan. Terima kasih dan selamat mencoba semoga berhasil.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi OtomatisCara Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi Otomatis Pompa air otomatis tentunya memiliki kelebihan dari segi mudahnya penggunaan. Pompa air otomatis tidak membutuhkan bak penampungan. Cukup membuka keran air […]
  • Cara Memperbaiki Aki KeringCara Memperbaiki Aki Kering ​Saat sekarang ini, penggunaan aki kering sudah cukup menjamur di kalangan masyarakat. Beberapa sepeda motor pun  sudah menggunakan aki kering mini. Aki kering ini terkenal dengan mudahnya […]
  • Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar TintaCara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar Tinta ​Seiring dengan pemakaian printer, kadangkala cartridge printer tidak keluar tintanya. Salah satu printer yang sering dijumpai hal tersebut adalah printer canon. Apalagi ketika printer […]
  • Inilah Cara Mudah Tidur Yang Paling Cepat Dan EfektifInilah Cara Mudah Tidur Yang Paling Cepat Dan Efektif Kadangkala, karena disebabkan oleh beberapa hal, kita mengalami masalah sulit tidur. Padahal sebenarnya kondisi tubuh kita sudah cukup lelah. Di siang hari kita sudah full bekerja, namun […]
Cara Memperbaiki AC was last modified: December 24th, 2014 by admin