Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar Tinta

By | November 19, 2014

​Seiring dengan pemakaian printer, kadangkala cartridge printer tidak keluar tintanya. Salah satu printer yang sering dijumpai hal tersebut adalah printer canon. Apalagi ketika printer canon tersebut jarang digunakan, pastinya masalah dimana catrid tidak keluar tentunya akan terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya penyumbatan yang terjadi di bagian head cartridge printer canon tersebut. Memang ada beberapa solusi cara memperbaiki cartridge canon yang tidak keluar tintanya, dan semuanya harus dicoba satu demi satu untuk mengetahui keefektifitasan dari cara cara tersebut.

Cara yang pertama untuk memperbaiki cartridge canon tinta yang tidak keluar:

Langkah yang paling mudah untuk memperbaiki cartridge canon yang tintanya tidak mau keluar adalah dengan merendam bagian head catrid tersebut menggunakan air hangat. Rendam bagian head tersebut sambil sedikit digoyang goyang, tujuannya adalah untuk melunturkan tinta yang mengering di lubang cartridge tersebut. Biasanya air hangat yang digunakan untuk merendam tersebut akan dengan cepat berubah menjadi hitam atau berwarna.

Setelah dipastikan tinta yang mengering pada bagian head catrid tersebut sudah luntur, maka bisa dilanjutkan dengan tahap mengeringkan bagian head catrid tersebut. Gunakan kain yang halus atau kertas tisu yang tidak berserat. Setelah dipastikan kering, silahkan dicoba untuk mencetak atau mengeprint.

Jika cara yang pertama belum bisa membuahkan hasil, maka anda bisa menggunakan cara kedua di bawah ini:

bagian yang pertama yang harus dilaksanakan adalah melepas cartridge dari printer nya

selanjutnya anda bisa mulai membuka penutup yang berada di bagian atas cartridge tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan obeng minus atau cutter. Yang harus diperhatikan dalam tahap ini adalah, proses membukanya jangan sampai keliru atau merusak body catrid itu sendiri. Lakukan dengan kehati hatian yang ekstra.

  1. Ambil busa yang berada di dalam bak cartridge tersebut.
  2. Berikutnya adalah anda bisa mencuci busa tersebut dengan menggunakan air yang bersih sampai dengan putih.
  3. Setelah dipastikan bersih keringkan busa tersebut di bawah sinar matahari langsung supaya cepat kering.
  4. Langkah berikutnya adalah pasang kembali busa tersebut di dalam badan cartridge .
  5. tutup badan cartridge tersebut menggunakan penutup cartridge yang tadi sudah kita lepas di awal.
  6. Jangan lupa, dekatkan tutup baterai dengan badan cartridge menggunakan lem yang cukup kuat misalnya lem power glue
  7. Langkah terakhir adalah isikan tinta kedalam cartridge tersebut. Yang perlu diperhatikan dalam pengisian tersebut adalah jangan mengisi tinta ke dalam cartridge tersebut terlalu banyak.
  8. Silahkan dicoba untuk mencetak.

Demikian contoh singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini guna membantu anda dalam menyelesaikan masalah cara memperbaiki cartridge canon yang tidak keluar tintanya. Semoga dengan artikel di atas anda bisa terbantu dalam memperbaiki cartridge canon yang tidak keluar tintanya tersebut sekaligus bisa menambah pengetahuan, ilmu dan wawasan. Terima kasih dan selamat mencoba semoga berhasil.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar Tinta was last modified: November 19th, 2014 by admin