Cara Memperbaiki Charger Laptop

By | November 15, 2014

​Charger laptop merupakan salah satu bagian paling penting, karena charger berperan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai laptop. Tentunya, semakin bertambah umur dari charger laptop tersebut, akan semakin berkurang kemampuannya. Dan pada akhirnya charger akan mengalami kerusakan. Memang kerusakan charger laptop sulit untuk diprediksi, namun setidaknya perkiraan umur bisa dijadikan estimasi kapan charger laptop akan mengalami kerusakan. Nah, jika charger sudah mengalami kerusakan, maka mau tidak mau kita harus memperbaiki nya. Lalu, bagaimana sebenarnya cara memperbaiki charger laptop yang rusak tersebut?

Untuk bisa memperbaiki charger laptop, tentunya dibutuhkan kemampuan di bidang elektronika. Minimal pengetahuan dasar mengenai komponen elektronika dimilikinya. Jenis kerusakan dari charger laptop yang biasanya paling banyak dijumpai adalah charger laptop yang berkedip. Charger laptop yang berkedip mengindikasikan bahwa ada situasi yang tidak normal pada charger laptop tersebut. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa indikator charger laptop yang berkedip tersebut merupakan sinyal yang diberikan untuk menginformasikan bahwa laptop bermasalah.

Jadi, untuk mengetahui yang bermasalah adalah laptop atau charger nya, maka kita bisa melakukan beberapa diagnosa dan langkah. Beberapa hal yang bisa anda tempuh bisa disimak pada uraian artikel di bawah ini. Pada saat anda mengalami atau menemui lampu indikator adaptor charger laptop anda berkedip, maka hal tersebut bisa menjadi indikator kerusakan yang dialami oleh adaptor dari charger laptop anda. Diharapkan jika anda mengalami hal tersebut, anda jangan dulu meneruskan untuk menggunakan laptop anda untuk bekerja, sebelum anda memastikan di bagian mana kerusakan yang sekarang anda alami.

Jika anda tetap memaksakan untuk menggunakan laptop anda dengan kondisi indikator charger yang berkedip maka dimungkinkan akan terjadi beberapa hal yang sifatnya lebih fatal, diantaranya:

  1. Bisa matinya baterai laptop yang anda miliki
  2. Pada beberapa komponen yang ada di mainboard atau mungkin adaptor bisa mengalami kerusakan akibat terbakar yang tentunya akan menyebabkan laptop menjadi mati total

Setidaknya, lampu indikator pada tarter laptop yang berkedip tersebut menandakan terjadinya hubungan singkat atau yang lebih dikenal dengan istilah konslet yang kemungkinan terdapat di adaptor maupun di mainboard.

Lalu, selanjutnya bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki charger laptop yang rusak berkedip tersebut? Anda bisa menyimak beberapa urutan di bawah ini:

  1. Anda bisa melakukan uji coba mengisi ulang dari laptop dengan charger adaptor yang lain dengan catatan harus ada satu merek. Solusinya, anda bisa pinjam ke teman dekat anda. Pada saat dicoba, perhatikan lampu indikator yang terdapat pada charger laptop tersebut. Jika ternyata lampu indikator pada charger laptop tersebut masih berkedip, maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah mainboard laptop anda. Kemungkinan besar terjadi hubungan arus pendek pada bagian mainboard.
  2. Anda juga bisa mencoba charger laptop anda yang berkedip untuk mengisi ulang daya listrik laptop yang lain. Cari laptop yang memiliki merek sejenis. Perhatikan ketika anda mulai melakukan pengisian ulang daya menggunakan charger anda yang sebelumnya berkedip. Jika ditemukan bahwa charger anda tetap berkedip pada saat melakukan pengisian daya di laptop lain, maka bisa dipastikan bahwa charger laptop anda yang mengalami masalah. Dari sini anda bisa mulai melakukan perbaikan pada charger laptop anda.
  3. Hal terakhir yang bisa anda coba untuk mendiagnosa masalah yang terjadi pada charger laptop anda, anda bisa menggunakan sebuah alat yang namanya multitester. Dengan menggunakan alat multitester, anda bisa melakukan pengecekan berapa tegangan output yang dikeluarkan oleh charger laptop anda tersebut. Jika ternyata tegangannya sesuai yang tertulis pada badan charger laptop tersebut, maka, bisa dikatakan charger laptop anda dalam kondisi baik. Namun jika sebaliknya, tegangan dari charger laptop anda tidak sama dengan yang tertulis pada badan charger laptop anda tersebut, maka bisa dikatakan charger laptop anda mengalami kerusakan. Jika anda masih awam dengan dunia elektronika, maka anda bisa membawa charger laptop anda tersebut ke reparasi elektronik.

Beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan bahan referensi anda ketika anda menemukan charger laptop yang rusak berkedip, diantaranya yaitu:

  1. pada saat charger laptop atau laptop nya itu sendiri masih dalam masa garansi, maka lebih baik anda membawanya ke tempat servis resmi, atau sering disebut dengan service center.
  2. namun, jika ternyata terdapat laptop yang rusak berkedip tersebut sudah habis garansinya, maka lebih baik anda membawa ke tempat reparasi elektronik yang menjadi kepercayaan anda

Berikutnya adalah, bagaimana caranya memperbaiki charger laptop yang berkedip tersebut? Apakah memang bener bener bisa dikerjakan oleh sendiri, atau harus di bawa ke tempat reparasi? Sebenarnya, anda bisa mencoba sendiri untuk memperbaiki charger laptop yang berkedip tersebut. Namun, hal tersebut tentunya ada resiko yang harus ditanggung. Namun jika hanya sekedar ingin mencobanya, maka tidak ada salahnya anda ikuti beberapa langkah dibawah ini:

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan uji coba terhadap tegangan dc yang keluar dari port atau port adaptor di bagian mainboard laptop. Pada kasus yang paling umum adalah, jika yang sebelumnya dialami bukan adaptor laptop yang rusak dipastikan ada beberapa kemungkinan kerusakan di bawah ini:

  1. Bagian port mainboard laptop mengalami keretakan. Hal tersebut biasanya terjadi karena sering parang dan lepasnya konektor adaptor ke laptop
  2. Adanya bagian yang terbakar pada mainboard laptop tersebut. Hal tersebut biasanya terjadi karena hubungan arus pendek atau konslet.

Jadi secara umum, proses perbaikan charger laptop yang berkedip tersebut hasilnya adalah tergantung dari tingkat kerusakan yang di miliki oleh laptop itu sendiri. Namun dari semua penjelasan di atas tidak hanya bisa memberikan gambaran bagi anda bagian mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus dalam proses memperbaiki charger laptop yang rusak berkedip tersebut. Selamat mencoba untuk mempraktekkan tutorial di atas, semoga berhasil. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Baterai LaptopCara Memperbaiki Baterai Laptop ​Memiliki laptop namun dengan baterai yang rusak pastinya merupakan sebuah permasalahan sendiri. Baterai laptop yang rusak pastinya sebuah momok yang ditakutkan. Dan jika kebetulan baterai […]
  • Cara Memperbaiki Keyboard LaptopCara Memperbaiki Keyboard Laptop Keyboard laptop merupakan salah satu bagian yang terpenting dan sangat vital fungsinya. Dengan menggunakan keyboard laptop kita bisa memasukkan teks atau kalimat sebagai bahan dari kerja […]
  • Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar TintaCara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar Tinta ​Seiring dengan pemakaian printer, kadangkala cartridge printer tidak keluar tintanya. Salah satu printer yang sering dijumpai hal tersebut adalah printer canon. Apalagi ketika printer […]
  • Cara Memperbaiki Kipas AnginCara Memperbaiki Kipas Angin Kipas angin sangat berguna ketika suhu pada kondisi panas. Namun apa jadinya jika kipas angin mengalami kerusakan. Kita tidak akan bisa lagi mendinginkan […]
Cara Memperbaiki Charger Laptop was last modified: November 15th, 2014 by admin