Cara Memperbaiki Dan Reparasi Pompa Air Dengan Mudah

By | January 19, 2015

Pompa air merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengambil air sumur untuk disalurkan ke tempat-tempat yang sudah disediakan.​ fungsi ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda yang mempunyai kesibukan di luar sehingga tidak sempat untuk mengambil air secara manual yang biasanya dilakukan dengan alat timba atau ember. Namun apa jadinya jika pompa air yang setiap hari kita gunakan mengalami kerusakan. Hal tersebut tentunya akan membuat kita jadi susah dalam mengambil air di dalam sumur. Untuk itu diperlukan cara memperbaiki pompa air sehingga kita juga tidak perlu repot memanggil teknisi ataupun membawa pompa air tersebut ke teknisi.

Beberapa alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kita melakukan perbaikan pada pompa air adalah kunci pas dan juga obeng, multimeter serta tang. Disamping itu alat pendukung seperti cutter, gunting dan juga isolasi perlu dipersiapkan untuk berjaga-jaga.

Baiklah, di bawah ini akan saya bahas beberapa jenis kerusakan yang biasa terjadi pada pompa air sekaligus sekaligus cara memperbaiki pompa air tersebut.

Pompa air yang tidak mau menyala

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi pompa air yang tidak mau menyala adalah:

  1. Lakukan pengecekan pada bagian pengkabelan listrik yang ada di pompa. Sangat banyak terjadi kasus di mana karena kabel sudah aus atau rusak menyebabkan pompa air tidak mau menyala karena listrik tidak sampai ke mesin pompa air.
  2. Untuk melakukan proses pengecekan listrik dalam kabel apakah sampai ke mesin atau tidak bisa menggunakan alat yang namanya multimeter. Silahkan anda tak bagian input listrik yang ada di mesin dan pastikan ada aliran listrik yang ada di situ.
  3. Jika tidak ada aliran listrik, silahkan anda lakukan penggantian kabel yang rusak tersebut.
  4. Kerusakan yang lain gimana menjadi penyebab pompa air tidak mau menyala adalah pada bagian spul ataupun kumparan. Ada juga yang menyebutnya dengan lilitan tembaga. Pada kasus pompa air yang tidak menyala biasanya disebabkan oleh adanya lilitan tembaga yang putus. Kalau kerja seperti ini, cara mengatasinya memang cukup sulit, kecuali anda membawanya ke tempat reparasi. Hal tersebut dikarenakan untuk memperbaiki kasus macam itu kita harus melilit ulang bagian kumparan tadi.
  5. Ada juga jenis kerusakan dimana pompa air menyala namun hanya mendengung saja. Letak kerusakannya itu bisa terjadi pada kumparan yang putus. Bisa juga terjadi pada kapasitor yang sudah aus. Kalau kerusakannya terjadi pada kumparan maka anda harus membawa teknisi. Akan tetapi jika kerusakannya terletak pada kapasitor yang sudah aus, maka anda bisa menggantinya sendiri dengan kapasitor yang baru dan tentunya yang memiliki nilai yang sama.

Pompa air mau menyala akan tetapi air yang diharapkan tidak keluar

Pompa air dengan kondisi seperti itu biasanya disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tempat pemancingan air pada pompa air. Silahkan perhatikan dan lihat apakah di dalamnya berisi air atau tidak.
  2. Jika ternyata di dalam tempat pemancingan air tersebut masih terdapat air dengan level yang penuh makan bisa dipastikan kerusakan ada pada pompa air. Biasanya letaknya pada klep yang ada di bagian laher hisap. Untuk memperbaikinya anda bisa mencoba untuk membuka bagian tersebut dan memastikan bahwa klep tersebut dalam kondisi baik.
  3. Letak masalah juga bisa berada pada bagian klep yang ada di sumber air, atau di ujung paralon. Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya anda harus mengambil seluruh paralon yang masuk ke dalam sumur, setelah itu baru lakukan pengecekan pada bagian klep tersebut. Untuk mempermudah pengecekan, anda bisa memotong sedikit bagian di atas klep tersebut. Jika ditemukan bahwa klep pada ujung paralon sudah tidak bekerja dengan baik, silahkan ganti dengan yang baru.

Demikianlah beberapa langkah cara memperbaiki pompa air. Diharapkan cara diatas bisa bermanfaat bagi anda yang kebetulan sedang mengalami masalah dimana pompa air di rumah rusak. Namun alangkah baiknya jika kita berusaha untuk menjaga dan merawat supaya pompa air selalu dalam kondisi yang bagus. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat pompa air supaya dalam keadaan baik adalah:

Sebisa mungkin dalam satu bulan dilakukan pengecekan, termasuk adalah proses pembersihan. Pembersihan yang dimaksud bukan artinya pembersihan dilakukan dengan cara membongkar pompa air, namun cukup dibersihkan bagian luarnya saja. Disamping itu, memasang paralon pipa air juga jangan terlalu rendah sampai ke dasar sumur. Usahakan posisi paralon dari dasar sumur bisa bergerak minimal 30 cm. Hal tersebut bertujuan supaya kotoran yang ada di dasar sumur tidak ikut naik bersamaan dengan proses naiknya air lewat pompa air.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Keyboard LaptopCara Memperbaiki Keyboard Laptop Keyboard laptop merupakan salah satu bagian yang terpenting dan sangat vital fungsinya. Dengan menggunakan keyboard laptop kita bisa memasukkan teks atau kalimat sebagai bahan dari kerja […]
  • Cara Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi OtomatisCara Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi Otomatis Pompa air otomatis tentunya memiliki kelebihan dari segi mudahnya penggunaan. Pompa air otomatis tidak membutuhkan bak penampungan. Cukup membuka keran air […]
  • Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar TintaCara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar Tinta ​Seiring dengan pemakaian printer, kadangkala cartridge printer tidak keluar tintanya. Salah satu printer yang sering dijumpai hal tersebut adalah printer canon. Apalagi ketika printer […]
  • Cara Memperbaiki Kipas AnginCara Memperbaiki Kipas Angin Kipas angin sangat berguna ketika suhu pada kondisi panas. Namun apa jadinya jika kipas angin mengalami kerusakan. Kita tidak akan bisa lagi mendinginkan […]
Cara Memperbaiki Dan Reparasi Pompa Air Dengan Mudah was last modified: January 19th, 2015 by admin