Cara Memperbaiki ECU Mobil

By | November 21, 2014

ECU merupakan salah satu bagian utama yang terdapat pada mobil injeksi.ECU  ini merupakan​ komponen yang mengatur seluruh kerja dari sistem mobil reboot mulai dari kelistrikan sepeda dengan bagian mesin. Oleh sebab itu jika ECU mengalami masalah maka kerja dari mobil tersebut akan terganggu malah bisa mengakibatkan mobil menjadi mogok. Oleh sebab itulah bagi para pengguna atau pemilik mobil harus mengetahui cara memperbaiki ECU rusak. Apakah sulit untuk memperbaiki ECU yang rusak? Ternyata tidak dan pada bahasan yang akan saya sampaikan merupakan langkah langkah sederhana yang bisa anda coba untuk memperbaiki ECU pada mobil anda.

Umur ECU memang cukup lama, bahkan mungkin bisa mendekati angka 10 tahun, atau bahkan lebih untuk mobil mobil tertentu. Namun yang namanya barang elektronik, tentunya faktor luar  juga sangat mempengaruhi dari umur ECU itu sendiri.

Cara mengetahui apakah sebuah ECU sudah mengalami kerusakan atau belum adalah dengan memperhatikan indikator lampu yang berwarna kuning yang ada didashboard mobil anda. Seandainya lampu indikator yang berwarna kuning tersebut cepat mati pada saat anda mau menyalakan mobil pertanda bahwa ECU pada mobil tersebut dalam kondisi normal. Namun seandainya lampu yang berwarna kuning tersebut menyala dalam waktu yang cukup lama bisa dimungkinkan ECU mobil anda mengalami kerusakan.

Namun seandainya anda hendak mengetahui secara pasti apakah bagian ECU pada mobil anda  dalam kondisi rusak atau tidak sepertinya tidak ada jalan lain kECUali membawanya ke bengkel bengkel kepercayaan anda. Di bengkel tersebut lah ECU akan dicek menggunakan alat khusus yang namanya ECU scanner.

Namun seperti yang saya tulis, jika memang ada kondisi seperti itu dimana indikator lampu yang berwarna kuning menyala dalam waktu yang cukup lama, anda bisa mencoba memperbaiki ECU mobil anda tersebut. Atau mungkin jika ternyata kelistrikan di mobil anda mengalami gangguan, tidak ada salahnya anda mencoba untuk mereset setting  dari ECU mobil anda.

Prosedur yang paling mudah dan biasa dilakukan oleh pemilik mobil injeksi untuk melakukan reset pada ECU mobil adalah dengan melepas kabel connector yang berada pada aki. Cara ini bekerja pada beberapa mobil. Namun pada jenis mobil yang lain terutama mobil keluaran eropa cara ini tidaklah bekerja, karena ternyata pada mobil keluaran eropa ada bagian yang menghubungkan langsung tenaga dari aki ke ECU, sehingga ECU mobil sulit untuk di reset. Cara  mereset ECU pada mobil tersebut adalah dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. sebisa mungkin anda coba untuk melihat buku pedoman pemilik yang biasanya dibawakan pada saat pembelian unit mobil
  2. biasanya pada petunjuk mobil tersebut akan tertulis beberapa jenis sekring yang digunakan apakah itu menggunakan jenis STOP 10 ampere, EFI 15 ampere atau TAIL 10 ampere.
  3. cari lokasi sekring tersebut, langkahnya yaitu dengan membuka mesin lalu temukan box sekring.
  4. setelah anda menemukan box sekring tersebut tahapan selanjutnya adalah dengan melepas sekeringnya
  5. setelah itu biarkan dalam durasi kurang lebih 3 menit
  6. selanjutnya kita bisa memasang kembali bagian sekring yang sudah dilepas tadi.

langkah terakhir adalah dengan mencoba menghidupkan mobil anda. Jika mobil anda  mesinnya mau menyala dengan normal maka silahkan tunggu hingga 5 menit untuk memastikan tidak ada masalah yang terjadi.

Kadangkala  beberapa komponen yang ada di ECU juga mengalami kerusakan. Hal tersebut memang sangat bisa terjadi lantaran yang namanya komponen elektronika sangat riskan dengan kerusakan akibat suhu panas dan goncangan serta benturan. Jika memang ternyata beberapa komponen ECU alami kerusakan, maka beberapa langkah berikut ini bisa anda coba untuk memperbaiki ECU mobil yang rusak tersebut.

  1. perhatikan komponen yang namanya elko.ganti semua komponen elco tersebut dengan menggunakan kapasitas yang sama dengan tegangan yang sama.
  2. cek ulang seluruh bagian jalur pcb, pastikan tidak ada bagian yang rusak akibat terkenal hawa udara dari cairan elektrolit yang berasal dari aki.
  3. pastikan untuk di cek ulang bahwa seluruh bagian kaki komponen elektronika yang berada pada sirkuit ECU dalam kondisi yang bagus.
  4. jika memang diperlukan adanya bagian bagian yang rusak pada ECU mobil tersebut maka segera perbaiki, untuk mengantisipasi merembet ke bagian yang lain.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda tempuh untuk memperbaiki ECU mobil yang rusak tersebut. Semoga artikel singkat pada saat ini bisa bermanfaat bagi anda, terutama yang sedang mengalami masalah pada ECU mobil. Terima kasih atas kunjungan anda pada blog yang sederhana ini, sekali lagi saya ucapkan selamat mencoba untuk memperbaiki ECU mobil yang rusak, semoga berhasil. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki ECU Mobil was last modified: November 21st, 2014 by admin