Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi

By | January 2, 2015

Flashdisk yang tidak terdeteksi merupakan satu buah masalah yang sangat membosankan. Apalagi jika flashdisk tersebut hendak digunakan untuk menyimpan data yang cukup penting. Pastinya akan membuat masalah menjadi cukup merepotkan. Namun sebenarnya cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi bisa dikatakan cukup mudah dan cepat. Asalkan anda tahu caranya, makan tidak perlu waktu 5 menit untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan catatan kerusakan tidak terletak pada hardware, maka proses perbaikan flashdisk yang tidak terdeteksi bisa berjalan dengan lancar. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi kali ini cukup mengandalkan 1 buah tools bawaan microsoft Windows.

Berikut ini adalah langkah langkah memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi pada komputer Windows:

  1. Langkah pertama pastikan terlebih dahulu kondisi flashdisk yang hendak diperbaiki masih ada harapan. Artinya secara fisik tersebut tidak ada ciri-ciri bekas jatuh ataupun terendam air.
  2. Pastikan juga bukan sistem operasi Windows yang bermasalah pada komputer anda. Terkadang, karena terlalu sering crash, sistem operasi Windows tidak mampu menampilkan drive untuk flashdisk. Cara yang bisa ditempuh untuk melakukan pengecekan tersebut adalah dengan memasang flashdisk pada komputer lain. Jika kasusnya sama, yaitu tidak terdeteksi maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya karena yang bermasalah adalah pada flashdisk bukan pada sistem operasi Windows.
  3. Berikutnya kita lanjutkan untuk langkah teknis dalam memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi. Silahkan klik tombol start, pilih menu run.
  4. Silahkan ketik di bagian edit box "compmgmt.msc" dengan tanpa tanda petik tentunya.
  5. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter atau klik OK.
  6. Setelah anda menekan tombol enter atau meng klik tombol ok, akan ditampilkan sebuah jendela compmgmt.
  7. Pada jendela tersebut akan ditampilkan barisan drive dari harddisk dan flashdisk yang terpasang.
  8. Silahkan perhatikan pada bagian removable device
  9. Pilih klik kanan pada harimau tersebut kemudian pilih menu create partition.
  10. Setelah terbentuk satu partisi baru untuk flashdisk, lanjutnya klik kanan lagi pada drive flash disk tersebut, lalu pilih menu format. Tunggulah beberapa saat hingga proses formating selesai.
  11. Jika berjalan dengan sempurna, setelah proses formatting flash disk tersebut selesai, maka secara otomatis di Windows explorer akan ditampilkan drive untuk flashdisk.

Demikianlah urutan mengenai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi anda, terutama yang sekarang sedang memiliki masalah dimana flashdisk kesayangan tidak terdeteksi oleh microsof Windows.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Bisa Dibaca DikomputerCara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Bisa Dibaca Dikomputer Apa jadinya jika flashdisk milik kita tidak terbaca pada komputer. Hal tersebut tentunya menyebabkan pekerjaan kita menjadi terhambat mana kita tidak bisa menyimpan file hasil […]
  • Cara Mudah Memformat Flash disk yang TerprotectCara Mudah Memformat Flash disk yang Terprotect Cara memformat flashdisk yang terprotect banyak dibutuhkan oleh mereka pengguna setia flashdisk yang sedang mengalami masalah. Memang banyak masalah yang bisa timbul pada penggunaan […]
  • Cara Memperbaiki Flashdisk 0 ByteCara Memperbaiki Flashdisk 0 Byte ‚ÄčMasalah flashdisk biasanya kerap dijumpai di bagian kapasitas penyimpanan. Sebagai contoh masalah flashdisk yang berada di bagian masalah kapasitas penyimpanan […]
  • Cara Mengatasi Flashdisk Yang TerprotectCara Mengatasi Flashdisk Yang Terprotect Dengan adanya flash disk maka proses penyimpanan akan berlangsung lebih mudah dan cepat.¬†Semakin berkembangnya flashdisk membuat kapasitas media penyimpanan yang satu ini cukup […]
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi was last modified: January 2nd, 2015 by admin