Cara Memperbaiki Gas Sepeda Motor

By | December 17, 2014

​Terkadang para pengguna sepeda motor merasakan bahwa tarikan sepeda motor yang mereka miliki dirasa cukup berat. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Sepeda motor yang mereka miliki sudah cukup lama digunakan dan tentunya sudah cukup banyak yang terjadi pada bagian gas. Tarikan sepeda motor yang berat tersebut bukan karena masalah pada setting di karburator ataupun mesin namun lebih cenderung pada bagian kabel gas yang perlu dilakukan pelumasan. Sehingga anda sebagai pengguna sepeda motor harus tahu cara memperbaiki gas sepeda motor.

Memperbaiki gas sepeda motor tidaklah terlalu sulit. Yang perlu anda siapkan terlebih dahulu adalah alat alat mekanik untuk mendukung pekerjaan tersebut. Alat alat yang perlu disiapkan juga tidaklah terlalu banyak. Hanya alat alat standar perbengkelan saja yang harus disiapkan.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa anda coba untuk memperbaiki gas sepeda motor yang sedikit terasa berat:

  • Langkah yang pertama adalah melepas bagian karburator. Setelah itu anda bisa mencoba untuk melumasi bagian grip handle gas dengan menggunakan pelumas jenis”wd 40″ atau yang setipe.
  • Selanjutnya anda juga bisa melumasi kabel gas menggunakan pelumas yang sama dari arah bagian bawah. Akan tetapi jika anda kesulitan untuk mendapatkan jenis pelumas wd 40, anda juga bisa menggunakan campuran bensin dengan oli. Namun yang perlu diperhatikan adalah gunakan oli yang masih baru.
  • Pada proses pelumasan kabel gas diatas dilakukan dengan cara yaitu dengan memasukkan selang yang ukurannya pas sesuai dengan diameter yang dimiliki oleh kabel gas. Setelah itu dilanjutkan dengan penyemprotan angin menggunakan kompresor agar cairan bisa naik ke bagian atas pada apel gas.
  • Langkah selanjutnya yaitu melepas per atau pegas pada bagian skep karburator. Lalu lakukan penekanan bagian bekas tersebut dari bagian ujung atas sampai dengan bawah hingga bekas tersebut menjadi lebih rapat. Gunakan tang lancip untuk melakukan hal tersebut..
  • Atau anda juga bisa melakukan pengurangan bagian spiral yang ada di pegas. Anda bisa mengurangi 2 sampai dengan 3 lilitan dengan cara dipotong..
  • Setelah selesai melakukan seluruh kegiatan di atas anda bisa melakukan uji coba hasilnya dengan terlebih dahulu memasang seluruh komponen yang sebelumnya dibongkar. Cobalah rasakan sensasi akan perubahan putaran gas sepeda motor anda..

Semoga tutorial cara memperbaiki gas sepeda motor bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang menginginkan parikan gas sepeda motor lebih ringan.tentunya tutorial di atas memerlukan banyak waktu sehingga dalam mengerjakannya anda harus memastikan tidak ada pekerjaan lain.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Mengatasi Sepeda Motor BorosCara Mengatasi Sepeda Motor Boros ​Cara mengatasi sepeda motor yang boros banyak sekali dicari oleh para pengguna sepeda motor. Hal tersebut tentunya sangat wajar, karena siapapun pasti mendambakan memiliki motor yang […]
  • Materi Sistem Gas Buang Sepeda MotorMateri Sistem Gas Buang Sepeda Motor Sistem​ gas buang pada sepeda motor merupakan salah satu bagian penting. Oleh karena itu, materi gas buang juga masuk ke dalam pembelajaran, terutama pada kompetensi teknik sepeda […]
  • Cara Memperbaiki Busi Sepeda MotorCara Memperbaiki Busi Sepeda Motor Sepeda motor anda tiba tiba mogok? Dan setelah anda telusuri ternyata yang bermasalah adalah pada bagian busi? Jika hal tersebut menimpa pada anda makan tidak ada salahnya mencoba untuk […]
  • Cara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda MotorCara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor Lampu sein pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan menggunakan lampu sein pada sepeda motor, pengguna lain akan mengetahui ke arah mana sepeda motor […]
Cara Memperbaiki Gas Sepeda Motor was last modified: December 17th, 2014 by admin