Cara Memperbaiki Google Play Store Yang Error

By | January 9, 2015

Software favorit yang biasa digunakan untuk mendownload software atau aplikasi di smartphone android adalah google play. Dengan menggunakan google play, pengguna android akan dipermudah untuk mendapatkan software yang diinginkan. Akan tetapi terkadang google play berhenti bekerja atau mengalami error. Jika anda kebetulan mendapatkan pengalaman seperti itu, biasanya akan secepat mungkin mencari cara memperbaiki Google Play Store yang error tersebut.

Error Google Play Store yang ada di smartphone android biasanya disebabkan oleh banyak hal. Hal tersebut bisa dikarenakan oleh sistem android itu sendiri, bisa juga disebabkan oleh penggunaan yang tidak sesuai dengan aturan. Untuk melakukan perbaikan Google Play Store sebenarnya bisa dikategorikan cukup mudah. Hal tersebut dikarenakan kita tidak perlu membawa smartphone android kita ke tempat reparasi, namun cukup kita coba untuk perbaiki sendiri.

Bagaimana sebenarnya cara memperbaiki Google Play Store yang error tersebut? Silahkan anda simak beberapa penyebab serta langkah mengatasi kerusakan Google Play Store di bawah ini.

Penyebab pertama yang paling sering di alami oleh pengguna smartphone android dimana dia akan menyebabkan kerusakan google play adalah masalah cache. Jika anda mengalami masalah cache ini, maka anda bisa membersihkannya dengan langkah:

  • Silahkan anda masuk ke menu setting –> pilih menu application –> lalu pilih atau ceklist all
  • Silahkan lanjutkan dengan mencari nama Google Play Store dan pilih menu atau tombol clear data. Jika ada konfirmasi silahkan tekan tombol yes.
  • Langkah berikutnya pilihlah data dan tekan yes untuk mengkonfirmasi ulang.

Penyebab kedua yang biasanya menjadikan Google Play Store rusak atau error adalah karena minimnya media penyimpanan smartphone tersebut. Masalah media penyimpanan yang kurang menyebabkan munculnya low space memory pada smartphone. Cara mengatasi masalah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda masuk ke menu setting
  • Lanjutkan dengan masuk ke settingan memory card yang biasanya menggunakan sd card dan juga storage yang ada di smartphone.
  • Silahkan anda cek sisa ruang kosong yang dimiliki oleh smartphone tersebut.
  • Apabila memang terdapat sisa media penyimpanan smartphone dengan jumlah yang minim, silahkan anda hapus beberapa file yang tidak dibutuhkan supaya smartphone anda memiliki media penyimpanan yang lebih luas.
  • Disamping itu, untuk memperlebar ruang penyimpanan di smartphone anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  • Setelah anda menghapus file atau aplikasi yang tidak dibutuhkan, supaya berefek di smartphone, silahkan anda restart smartphone anda.

Masalah ke tiga yang sering menyebabkan Google Play Store mengalami kerusakan atau error adalah karena koneksi internet yang tidak bagus. Untuk mengatasi koneksi internet yang tidak stabil pada smartphone maka anda bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

  • Gunakan settingan 3G only pada smartphone anda. Dengan menyeting ke 3G only, maka koneksi komunikasi data akan dipertahankan pada posisi 3G, sehingga kecepatan transfer data di koneksi internet akan selalu dipertahankan dengan lebih bagus. Cara melakukan settingan supaya 3G only bisa anda lakukan di bagian koneksi jaringan.
  • Apabila setelah anda melakukan settingan di atas ternyata koneksinya tetap tidak bisa berjalan stabil, maka anda bisa mencoba untuk berpindah lokasi dimana sinyal 3G cukup bagus. Sukur bisa mendapatkan sinyal diatas 3G, yaitu sinyal 3.5G.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki Google Play Store yang mengalami error atau kerusakan. Permasalahan di atas adalah permasalahan yang paling sering muncul di penggunaan Google Play Store pada sistem operasi android. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Google Play Store Yang Error was last modified: January 9th, 2015 by admin