Cara Memperbaiki Kipas Angin

By | January 1, 2015

Kipas angin sangat berguna ketika suhu pada kondisi panas. Namun apa jadinya jika kipas angin mengalami kerusakan. Kita tidak akan bisa lagi mendinginkan suhu di sekeliling kita. Mau dibuang sayang, mau beli lagi belum ada dana. Oleh sebab itu jalan yang terbaik adalah memperbaiki. Cara memperbaiki kipas angin juga bukan merupakan hal yang terlalu sulit. Apalagi komponen dari kipas angin bentuknya cukup besar, sehingga mempermudah kita dalam memperbaiki nya.

Walaupun tidak ada jaminan keberhasilan dalam memperbaiki kipas angin, setidaknya kita sudah mencoba. Kalau memang terpaksa tidak bisa, ya mau gak mau kita harus menabung untuk membeli kipas angin yang baru. Yang harus dimiliki kita sebelum memperbaiki kipas angin adalah kemampuan dasar di bidang elektronika. Minimal tahu akan lilitan dan juga ilmu listrik. Dengan mengetahui beberapa komponen tadi, maka kemungkinan kita akan sanggup memperbaiki kipas angin yang rusak. 

Baiklah, berikut ini beberapa langkah cara memperbaiki kipas angin yang rusak:

1. Langkah pertama yang bisa kita ambil adalah dengan membersihkan bagian baling-baling dan bagian penutupnya.

Untuk membersihkan baling baling dan penutupnya juga cukup mudah yaitu pertama bundapoker bagian penutup penutupnya. Lalu anda bisa membersihkannya menggunakan lap kering ataupun kuas. Seandainya kotoran yang melekat di bagian baling-baling atau penutup sulit untuk di bersihkan maka anda bisa mencucinya. Supaya lebih mudah dalam mencuci baling-baling dan penutupnya anda bisa menggunakan sabun deterjen.

Setelah dipastikan bersih semuanya silahkan anda keringkan baling baling dan penutupnya. Dan langkah terakhir adalah silahkan pasang kembali baling baling tersebut dengan penutupnya sesuai dengan urutan yang tepat.

2. Bagian motor yang terlalu panas pada kipas angin.

Seandainya ada bagian yang seret pada bagian motor kipas angin biasanya akan menyebabkan motor kipas angin menjadi cepat panas. Hal tersebut dikarenakan motor kipas angin akan bekerja lebih ekstra untuk menggerakan baling-baling. Penyebab dari seretnya motor kipas angin biasanya adalah disebabkan banyaknya penumpukan debu atau kotoran pada bagian as motor kipas angin.

Apabila kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang lama tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan motor kipas angin menjadi terbakar. Disamping itu kebutuhan listrik juga akan semakin tinggi disebabkan karena motor listrik pada kipas angin akan bekerja lebih ekstra. Untuk membersihkan motor kipas angin dari tebu ataupun kotoran pastinya dengan membongkar kipas angin.

Bagaimana prosedur membuka kipas angin untuk memperbaikinya? Beberapa bantuan berikut mungkin akan bisa dijadikan anda sebagai acuan:

  • Persiapkan seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan mulai dari obeng jenis minus dan plus, kain kering yang bersih, kuas, dan pelumas serta tang.
  • Anda bisa mulai dengan membongkar kipas angin. Caranya anda bisa membuka seluruh baut yang ada di bagian bodi kipas angin. Lanjutkan dengan melepas bagian rotor. Lakukanlah dengan teliti dan hati-hati.
  • Silahkan dilanjutkan dengan membersihkan kotoran yang melekat pada as motor yang ada pada bagian depan dan juga pada bagian belakang. Bersihkan juga bagian bushing. Untuk membersihkan bagian bushing anda bisa menggunakan pelumas dengan mengelap terlebih dahulu.
  • Selanjutnya kerjakan pula pembersihan pada seluruh area yang ada di bagian kipas angin. Kerjakan dengan pelan dan teliti hingga di dapat hasil yang maksimal. Pastikan seluruh bagian pada kipas angin benar-benar sudah dalam kondisi bersih.
  • Selanjutnya anda bisa memberikan pelumas pada bagian kipas angin yang bergerak. Tujuannya supaya gerakan pada bagian tersebut bisa berjalan lebih lancar dan ringan.
  • Untuk memperingan kerja dari as motor kipas angin, anda bisa melakukan sedikit pemukulan dengan perlahan-lahan bagian as motor depan ke segala arah. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menempatkan as motor berada pada posisi yang paling tengah pada porosnya. Selanjutnya, silahkan anda coba untuk memutar as motor tersebut. Jika sudah terasa ringan maka proses ini sudah selesai.
  • Yang perlu diperhatikan adalah anda bisa melepas bagian gear box yang posisinya ada di bagian belakang motor. Hal tersebut dikarenakan bagian ulir as langsung berkaitan dengan gear box ini. Ketika kita melepas gear box, maka pada saat kita mencoba memutar bagian atas depan maka akan terasa ringan.
  • Langkah terakhir adalah memasang seluruh bagian kipas angin tersebut pada tempatnya. Langkah tersebut tentunya dilakukan dengan langkah berkebalikan pada saat anda membongkarnya. Perhatikan dan pastikan semua bagian terpasang dengan baik dan benar.

Demikianlah tutorial cara memperbaiki kipas angin yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kipas angin anda yang sekarang mengalami kerusakan bisa dicoba untuk diperbaiki menggunakan tutorial diatas.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Keyboard LaptopCara Memperbaiki Keyboard Laptop Keyboard laptop merupakan salah satu bagian yang terpenting dan sangat vital fungsinya. Dengan menggunakan keyboard laptop kita bisa memasukkan teks atau kalimat sebagai bahan dari kerja […]
  • Cara Memperbaiki Charger LaptopCara Memperbaiki Charger Laptop ​Charger laptop merupakan salah satu bagian paling penting, karena charger berperan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai laptop. Tentunya, semakin bertambah umur dari charger […]
  • Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar TintaCara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Keluar Tinta ​Seiring dengan pemakaian printer, kadangkala cartridge printer tidak keluar tintanya. Salah satu printer yang sering dijumpai hal tersebut adalah printer canon. Apalagi ketika printer […]
  • Cara Memperbaiki Baterai LaptopCara Memperbaiki Baterai Laptop ​Memiliki laptop namun dengan baterai yang rusak pastinya merupakan sebuah permasalahan sendiri. Baterai laptop yang rusak pastinya sebuah momok yang ditakutkan. Dan jika kebetulan baterai […]
Cara Memperbaiki Kipas Angin was last modified: January 1st, 2015 by admin