Cara Memperbaiki Komputer Mati

By | February 6, 2016

Cara memperbaiki komputer mati – Sebenarnya memperbaiki komputer mati total tidak harus dilakukan oleh teknisi atau ahli komputer. Hal tersebut dikarenakan memperbaiki komputer yang mati bisa dilakukan sendiri asalkan ada panduan yang akan membimbing kita langkah demi langkah dalam proses memperbaiki komputer yang mati total tersebut. Disebabkan oleh latar belakang tersebutlah maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi pengetahuan dengan anda mengenai cara memperbaiki komputer yang mati total.

Memperbaiki komputer yang mati total tentunya dilakukan secara urut, melihat dari kondisi komputer itu sendiri. Satu demi satu bagian tentunya perlu kita telaah supaya kita bisa menyimpulkan letak permasalahan dari komputer yang mati total tersebut. Adakalahnya komputer yang mati total tersebut tidak membutuhkan proses penggantian komponen, namun adakalanya juga kita membutuhkan penggantian komponen ketika komponen yang mengalami kerusakan sudah tidak bisa diperbaiki.

Berikut ini adalah cara memperbaiki komputer yang mati total:

  1. Apabila komputer anda benar-benar mengalami mati total, lampu indikator dari monitor dan cpu tidak menyala sama sekali, maka tahapan pertama yang harus dilakukan adalah proses mengecek pasokan sumber daya dari listrik pln ke unit komputer. Pastikan bahwa kabel power yang anda gunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan listrik anda dalam kondisi yang benar.
  2. Untuk memastikan bahwa konektor atau kabel power yang digunakan oleh anda dalam kondisi benar bisa memanfaatkan multitester ataupun tespen. Apabila pada pengecekan tersebut ditemukan bahwa jarum pada multitester tidak bergerak atau lampu pada taspen tidak menyala, maka alangkah baiknya mengganti kabel power untuk komputer anda.
  3. Apabila kondisi kabel power sudah benar dan sudah ada aliran listrik, maka perangkat berikutnya yang perlu dilakukan pengecekan adalah bagian power supply unit. Kerusakan pada power supply unit belum tentu menyebabkan komputer menjadi mati total. Pada kondisi power supply unit yang drop, biasanya lampu indikator pada komputer masih menyala, namun sinyal tidak sampai ke monitor.
  4. Untuk memastikan apakah power supply sudah mengalami drop atau belum adalah dengan melakukan pengecekan tegangan pada salah satu output kabel yang tidak digunakan. Lakukan pengecekan tegangan pada power supply ketika komputer sedang dalam kondisi hidup. Apabila hasil yang didapat tegangan output dari power supply unit tidak stabil, maka biasanya memang sudah mengalami kerusakan dan perlu untuk diganti dengan yang baru.
  5. Bagian lain yang biasanya berpotensi menyebabkan komputer mati adalah pemasangan ram yang tidak tepat atau konektor rambut yang sudah kotor. Pada kasus ini biasanya komputer akan memberikan tanda berupa bunyi beep yang berulang kali. Pahami maksud dari masing-masing bunyi beep yang dikeluarkan oleh speaker buzzer komputer.

Demikian beberapa cara memperbaiki komputer mati yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Komputer Mati was last modified: January 23rd, 2016 by admin