Cara Memperbaiki Lampu Depan Sepeda Motor

By | December 16, 2014

Lampu depan sepeda motor memiliki peranan yang cukup penting apalagi bagi anda yang sering bepergian di malam hari. Namun seiring dengan waktu penggunaan, lampu depan sepeda motor bisa mengalami kerusakan. Jenis kerusakan yang terjadi pada lampu depan sepeda motor adalah meredupnya daya pancar lampu atau mungkin lampu depan sepeda motor yang cepat putus atau mati. Namun dengan sedikit kreasi tentunya anda  dapat memperbaiki kerusakan lampu depan sepeda motor, asalkan bahwa dengan cara memperbaiki lampu depan sepeda motor.

Kelistrikan yang ada pada sepeda motor merupakan bagian utama yang mempengaruhi nyala lampu sepeda motor. Jika kelistrikan pada sepeda motor dalam kondisi yang bagus maka bisa dipastikan lampu juga akan menyala dengan terang.

Beberapa komponen yang mempengaruhi kelistrikan pada sepeda motor adalah:

  • Bagian kiprok
  • Bagian spull
  • Bagian aki

Di bawah ini akan saya sampaikan tutorial cara memperbaiki lampu depan sepeda motor yang rusak.

Cara memperbaiki lampu depan sepeda motor yang redup:

  • Hal hal yang perlu dilakukan dikerjakan untuk memperbaiki lampu depan sepeda motor yang redup adalah dengan melakukan pengecekan pada beberapa bagian sistem kelistrikan di motor, yaitu:
  • Silahkan lakukan pengecekan bagian kabel yang mengarah ke lampu depan. Apa yang berasal dari spull memiliki warna kuning dan warna putih. Untuk kabel yang berasal dari kiprok memiliki warna kuning warna putih dan warna hijau. Sementara kabel yang berasal dari saklar kanan biasanya memiliki warna kuning warna coklat/putih dan warna coklat. Untuk kabel yang berasal dari saklar lampu jauh dekat memiliki warna biru, warna coklat/ putih dan warna hijau.
  • Lakukan juga pemeriksaan hambatan pada spull. Gunakan alat yang namanya avometer. Melakukan pengukuran pada kabel warna kuning dengan hijau. Seandainya didapat hasil hambatan 0.02 sampai dengan 0.05 ohm maka bisa disimpulkan bahwa kondisi spull masih bagus.
  • Kemudian lakukan pengecekan hambatan spull menggunakan avometer pada kapal dengan warna putih dan warna hijau. Jika hasil yang didapat sama dengan diatas, maka spull dalam kondisi bagus
  • Lalu lanjutkan dengan melakukan pengecekan tegangan atau voltage yang ada di kiprok dalam kondisi motor dinyalakan menggunakan alat yang namanya avometer.
  • Untuk langkah pengukuran nya, hubungkan kabel merah pada spull ke kabel kuning yang ada di sepeda motor, lalu kabel hitam pada spull dihubungkan dengan kabel warna hijau yang ada di sepeda motor.
  • Jika didapat hasil tegangan antara 12 sampai dengan 14 volt maka bisa dipastikan nyala lampu sepeda motor dalam kondisi normal. Namun saat dirinya tegangan yang didapat hanya di bawah 12 volt, maka nyala lampu depan sepeda motor akan redup. Pada kasus ini komponen yang bermasalah adalah bagian kiprok.

Cara memperbaiki lampu sepeda motor yang sering mati atau sering putus:

  • Penyebab pertama dimana lampu sepeda motor sering mati atau putus adalah tidak terpasangnya aki pada sepeda motor. Aki pada sepeda motor berfungsi untuk menstabilkan tegangan yang berasal dari kiprok. Jika tidak ada aki, maka tegangan yang berasal dari kiprok akan naik dan turun secara signifikan sehingga akan mempengaruhi umur dari lampu depan sepeda motor. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasang aki. Tidak akan menjadi masalah jika aki dalam kondisi soak atau drop. Yang penting aki terpasang.
  • Penyebab kedua dari sering matinya lampu depan sepeda motor adalah karena konsleting yang terjadi di sistem kelistrikan. Konsleting akan berdampak kabel kabel yang ada di system menjadi melepuh termasuk adalah lampu-lampu yang ada di sepeda motor.
  • Untuk mengatasi masalah ini tentunya adalah anda perlu mengecek seluruh pengkabelan yang ada di sepeda motor. Lakukan pencarian bagian kabel mana yang mengalami konsleting. Jika ditemukan segera perbaiki.
  • Penyebab ketiga adalah rusaknya komponen kiprok di sepeda motor. Hal tersebut karena komponen kiprok tidak mampu lagi untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan yang berasal dari spull. Sehingga berapapun besarnya tegangan dan arus yang keluar dari spull akan diberikan ke lampu. Padahal tegangan dan arus yang keluar dari spull cukup besar. Biasanya di atas 16 volt. Sedangkan lampu depan sepeda motor hanya membutuhkan tegangan sebesar 12 volt.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa anda temukan dalam usaha memperbaiki lampu depan sepeda motor. Semoga beberapa tutorial diatas bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah pada sepeda motor anda. Selamat bereksperimen dan semoga berhasil.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • cara modifikasi motor supra x 125cara modifikasi motor supra x 125 Sepeda motor honda Supra X 125 memang cukup terkenal sebagai sepeda motor untuk kalangan bapak-bapak. Namun, dengan sedikit modifikasi tentunya sepeda […]
  • Cara Memperbaiki Sepeda Motor MogokCara Memperbaiki Sepeda Motor Mogok ​Pada saat sepeda motor mengalami mogok, maka tentunya para pengendara akan mencari solusi bagaimana cara mengatasi sepeda motor yang mogok tersebut. Memang, sepeda motor mogok tidak hanya […]
  • Cara Memperbaiki Indikator Bensin Sepeda MotorCara Memperbaiki Indikator Bensin Sepeda Motor ​Indikator bensin pada sepeda motor sangat penting peranannya bagi pengendara. Karena dengan indikator bensin sepeda motor, level banyaknya bensin yang ada di tangki bisa […]
  • Cara Mengatasi Sepeda Motor BrebetCara Mengatasi Sepeda Motor Brebet ​Sepeda motor yang  brebet merupakan masalah yang paling banyak di jumpai oleh pengguna sepeda motor. Hal tersebut dikarenakan brebet pada sepeda motor muncul karena proses penggunaan yang […]
Cara Memperbaiki Lampu Depan Sepeda Motor was last modified: December 16th, 2014 by admin