Cara Memperbaiki Lampu TL Atau Hemat Energi

By | January 2, 2015

Lampu TL atau hemat energi memang berbeda dengan lampu pijar pada umumnya. Lampu TL atau hemat energi memiliki kelebihan dimana dia mampu menyala dengan warna yang lebih natural yaitu warna putih dan membutuhkan daya listrik yang relatif lebih kecil. Namun seiring dengan penggunaan lampu TL atau hemat energi tetap mudah mengalami kerusakan. Bagi sejumlah masyarakat, memiliki lampu TL atau hemat energi yang rusak biasanya akan langsung membuangnya. Akan tetapi bagi sejumlah orang, memperbaiki lampu TL atau hemat energi yang rusak pastinya akan lebih bermanfaat dan lebih hemat. Cara memperbaiki lampu TL atau hemat energi juga cenderung lebih mudah.

Namun sebelum kita melakukan praktek bagaimana memperbaiki lampu TL atau hemat energi yang rusak, kita harus menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan diantaranya adalah:

1. Obeng dengan ujung min dan positif

Untuk membuka bagian lampu TL atau hemat energi nantinya kita menggunakan obeng ini. Termasuk adalah membuka beberapa komponen yang terdapat pada casing lampu TL atau hemat energi

2. Multimeter atau Avometer

Alat ini berfungsi untuk melakukan pengecekan dan pengukuran terhadap berbagai macam nilai komponen yang ada di dalam lampu TL atau hemat energi. Dengan mencocokkan antara nilai yang terdapat pada komponen di dalam lampu TL atau hemat energi dan nilai yang sebenarnya nantinya akan diketahui apakah komponen yang dilakukan pengecekan tersebut dalam kondisi yang baik atau sudah mengalami kerusakan.

3. Solder beserta dengan timahnya

Setelah nantinya kita mengetahui bahwa ada komponen pada lampu TL atau hemat energi yang rusak, tentunya kita akan melakukan penggantian pada komponen yang bersangkutan. Untuk mengganti komponen tersebut tentunya kita harus melepas terlebih dahulu dari pcb menggunakan solder. Lalu nantinya kita juga harus memasang komponen penggantinya menggunakan solder dan timah.

4. Lampu TL atau hemat energi bekas

Menyediakan lampu TL atau hemat energi bekas berfungsi sebagai cadangan saja ketika kita kesulitan untuk mendapatkan komponen pengganti dari lampu TL atau hemat energi yang rusak tersebut.

Sudah siap seluruh alat dan komponen yang dibutuhkan? Jika sudah mari kita mulai untukmelakukan proses perbaikan pada lampu TL atau hemat energi. Pada tahap ini anda harus cukup berhati-hati dalam pekerjaan karena anda langsung berhubungan dengan listrik tegangan tinggi 220 volt. Cara memperbaiki lampu TL atau hemat energi yang bisa anda tempuh adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan anda perhatikan bagian dioda yang ada di pcb lampu TL atau hemat energi tersebut. Jika ada komponen dioda yang berwarna hitam atau terlihat seperti terbakar maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Silahkan anda lihat nilai yang tertera pada badan dioda tersebut sehingga anda bisa mencari pengganti dioda tersebut dengan nilai yang sama.
  2. Lakukan pengukuran pada beberapa resistor yang ada di PCB. Untuk melakukan pengecekan dan pengukuran resistor tersebut, gunakanlah alat multimeter pada posisi ohmmeter. Ketika pada pengukuran resistor tersebut jarum ohmmeter tidak bergerak, maka ada kemungkinan resistor tersebut mengalami kerusakan. Anda bisa mengganti komponen resistor tersebut dengan komponen yang sama nilai nya juga sama. Untuk mengetahui besarnya nilai resistor anda bisa melihat berdasarkan warna gelang yang ada pada resistor tersebut.
  3. Komponen terakhir yang harus anda cek adalah transistor. Untuk melakukan pengecekan komponen transistor memang haruslah dilepas. Setelah itu anda melakukan pengecekan satu demi satu kaki-kaki transistor tersebut. Jika ada transistor yang mengalami short, makan komponen transistor tersebut juga harus diganti. Nilai dari transistor tertulis langsung pada badan transistor.

Demikianlah cara memperbaiki lampu TL atau hemat energi yang rusak secara mudah. Ketika kita berhasil memperbaiki lampu TL atau hemat energi, maka tentunya kita akan bisa melakukan penghematan. Disamping itu, tambahan ilmu dan wawasan tentunya akan lebih bernilai disamping kita membeli yang baru di toko. Selamat mencoba memperbaiki lampu TL atau hemat energi yang rusak, semoga berhasil.
 

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Aki BasahCara Memperbaiki Aki Basah ​Aki basah merupakan aki yang menggunakan media cairan untuk menyimpan energi di dalamnya. Namun, seiring dengan bertambahnya umur dan frekuensi pemakaian aki basah tersebut bisa mengalami […]
  • Cara Mudah Mengajarkan Kepatuhan Kepada AnakCara Mudah Mengajarkan Kepatuhan Kepada Anak Setiap orang tua menginginkan anak mereka bertindak sebagai anak yang patuh. Tetapi, saat orang tua mengajarkan kepatuhan pada anak selalu terdapat rintangan yang akan dihadapi. Mungkin […]
  • Cara Memperbaiki Google Play Store Yang ErrorCara Memperbaiki Google Play Store Yang Error Software favorit yang biasa digunakan untuk mendownload software atau aplikasi di smartphone android adalah google play. Dengan menggunakan google play, pengguna android akan dipermudah […]
  • Cara Memperbaiki Power BankCara Memperbaiki Power Bank Power bank merupakan sebuah alat dimana dia mampu menyimpan daya listrik. Power bank ini muncul setelah banyaknya penggunaan smartphone. Hal tersebut dikarenakan […]
Cara Memperbaiki Lampu TL Atau Hemat Energi was last modified: January 2nd, 2015 by admin