Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot

By | January 4, 2015

Siapa sih yang ingin laptop yang digunakan berjalan dengan pelan? Justru malah banyak pengguna laptop yang menginginkan performa dari laptop yang digunakan bisa maksimal. Namun apa jadinya seiring dengan lama penggunaan laptop berubah menjadi pelan atau lemot. Karena nggak sabaran, para pengguna laptop banyak menempuh cara memperbaiki laptop yang pelan atau lemot tersebut.

Memang secara umum, penyebab dari laptop menjadi lemot atau pelan penyakit penyebabnya. Penyebab tersebutlah yang nantinya akan di tanggulangi atau diantisipasi oleh para pengguna laptop itu sendiri. Cara mengatasi laptop yang lemot sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hal tersebut dikarenakan penyebab lambatnya sebuah laptop dikarenakan oleh sistem Windows yang sudah digunakan.

Memang untuk memperbaiki laptop yang lemot membutuhkan beberapa jalan atau langkah. Jalan atau langkah yang digunakan untuk memperbaiki laptop yang lemot itulah yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Seandainya kita bisa menempuh seluruh langkah dan jalan yang bisa digunakan untuk mempercepat kerja laptop, makan dimungkinkan performa dari laptop yang anda gunakan akan baik kembali.

Apa saja yang perlu kita kerjakan supaya laptop yang kita gunakan bisa cepat kembali? Berikut ulasannya untuk anda

  1. Seiring dengan penggunaan laptop baik itu untuk mengetik atau untuk browsing, maka anda akan menyimpan beberapa setingan dan simpanan file yang disebut dengan temporary file. Temporary file inilah yang semakin hari akan semakin menumpuk. Tentunya semakin banyak file temporary akan semakin berapa laptop itu bekerja. Oleh sebab itu secara rutin kita harus membersihkan seluruh file temporary yang ada di laptop. Secara instant kita bisa menggunakan software yang namanya ccleaner atau memanfaatkan fitur disk cleanup yang ada di Windows.
  2. Penyebab lain yang menjadikan laptop bekerja dengan pelan atau lemot adalah terlalu banyak software atau program yang terinstal. Ibarat sebuah mobil, terlalu banyak penumpang pastinya akan membuat mobil tersebut berjalan lebih pelan. Untuk itulah, supaya laptop bisa cepat kembali maka silahkan anda buang atau uninstall software atau program yang tidak anda gunakan. Minimalkan software yang terinstal sesuai dengan yang anda butuhkan.
  3. Terlalu banyak software atau program yang di loading pada saat komputer nyala juga cukup besar peranannya dalam memperlambat kerja sebuah laptop. Seher yang ikut di loading pada saat Windows menyala biasanya adalah software yang membutuhkan waktu realtime lebih banyak. Contohnya adalah software antivirus. Namun ternyata sekarang banyak software yang sebenarnya tidak wajib untuk di loading pada saat Windows menyala, namun ternyata ikut dimasukkan ke dalam setingan startup Windows. Untuk melakukan setting supaya software yang di startup Windows bisa diminimalisir, caranya klik Start kemudian pilih Run. Ketik “msconfig”. Tekan Enter atau klik tombol OK. Silahkan anda buang checklist software yang sekiranya tidak dibutuhkan pada saat komputer nyala. Sisakan hanya pada software antivirus saja.
  4. Software atau program aplikasi jaman sekarang membutuhkan perangkat keras dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu spesifikasi hardware yang rendah tentunya akan menyebabkan laptop bekerja lebih pelan dibandingkan dengan kecepatan standar. Cara mengatasi hal ini tentunya dengan menyesuaikan software yang install dengan spesifikasi laptop yang digunakan. Tidak lucu ketika kita menginstal sistem operasi Windows 8 pada laptop pentium 3. Hal tersebut tentunya akan membuat laptop bekerja dengan sangat lemot bahkan mungkin tidak bisa bekerja sama sekali.
  5. Kerusakan pada salah satu atau banyak bagian komponen komputer juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan laptop. Spesifikasi setinggi apapun pada laptop akan bekerja lebih pelan apabila hardisk mengalami masalah, misalkan ada bagian yang bad sector. Atau mungkin kondisi RAM yang sudah mengalami crash dan akan membuat sistem operasi bekerja dengan tidak sempurna, yang akhirnya akan membuat performa laptop menurun drastis. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya kita harus memahami cara troubleshooting hardware laptop sehingga kita bisa menangani dan mengatasi serta memperbaiki letak kerusakan dari laptop tersebut.
  6. Laptop yang terkena virus juga biasanya akan mengalami penurunan performa. Hal tersebut dikarenakan sumber tenaga yang digunakan pada laptop akan lari ke proses virus yang masuk. Hingga akhirnya software aplikasi yang dijalankan pada laptop tidak kebagian sumber daya. Cara cara mengatasi hal tersebut tentunya adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus yang paling update
  7. Proses fragmentasi file pada harddisk turut berperanserta dalam memperlambat kerja laptop. Gunakan software defrag untuk memperbaiki file yang terfragmentasi dan menata ulang file-file yang ada di Windows sesuai dengan letaknya.

Demikianlah beberapa cara dalam mengatasi atau memperbaiki laptop yang lemot dan pelan. Semoga setelah anda menerapkan beberapa cara diatas, laptop anda kembali berjalan dengan cepat dan tentunya anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Terima kasih dan selamat mencoba untuk memperbaiki laptop yang lemot tersebut.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot was last modified: January 4th, 2015 by admin