Cara Memperbaiki Mesin Cuci

By | January 2, 2015

Mesin cuci sangat besar manfaatnya bagi kehidupan sekarang. Dengan adanya mesin cuci maka pekerjaan kita di rumah tangga dalam hal mencuci pakaian akan semakin terbantu. Namun apa jadinya jika mesin cuci mengalami kerusakan. Kita tentunya akan cukup repot kalau harus mencuci secara manual. Cara memperbaiki mesin cuci perlu anda tempuh guna menyelesaikan masalah tersebut. Cara yang akan saya bahas kali ini adalah cara memperbaiki mesin cuci secara umum. Namun dengan beberapa langkah yang akan saya bahas, biasanya masalah pada mesin cuci akan terselesaikan.

Beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang bisa anda coba adalah:

  1. Silahkan anda cek arus listrik yang masuk ke dalam mesin cuci. Pastikan kabel penghubung dari stopkontak menuju ke mesin cuci dalam keadaan baik. Silahkan periksa juga bagian saklar penghubung antara kabel luar dengan bagian dalam yang ada di mesin cuci. Anda bisa menggunakan Avometer untuk melakukan pekerjaan tersebut.
  2. Masalah yang kedua biasanya bersumber dari bagian mesin yang terlalu panas. Hal tersebut biasanya dikarenakan motor penggerak yang ada di dalam mesin cuci bekerja seharian tanpa istirahat. Panas yang ditimbulkan oleh motor penggerak itulah yang menyebabkan mesin cuci menjadi rusak. Jadi usahakan dalam menggunakan mesin cuci kita selalu memberi jeda kerja supaya mesin cuci tetap dalam kondisi maksimal.
  3. Periksa juga bagian timer mesin cuci. Bagian ini juga kerap mengalami kerusakan. Jika memang mesin cuci mengalami kerusakan maka tidak ada jalan lain selain mengganti komponen tersebut. Member di dalam mesin cuci berfungsi sebagai pengatur dari sistem kerja mesin cuci itu sendiri. Beberapa hal yang diatur oleh timer mesin cuci mulai dari tingginya level air waktu pengisian dan pengosongan air di dalam mesin cucitermasuk sistem kerja dari mesin cuci itu sendiri.
  4. Untuk melakukan pengecekan timer pada mesin cuci bisa digunakan alat yang namanya Avometer. Cara melakukan pengetesan yaitu pasang Avometer pada posisi ohmmeter. Selanjutnya hubungkan satu kabel dari Avometer ke salah satu terminal timer dan satu kabel dari multimeter lagi ke bagian terminal yang lainnya pada timer. Jika pada saat pengukuran ditunjukkan angka 0 pada multimeter maka bisa disimpulkan bahwa kondisi timer mesin cuci dalam keadaan baik.
  5. Pompa yang tersumbat juga merupakan salah satu penyebab rusaknya mesin cuci. Untuk mengatasinya tentu kita harus membersihkan seluruh saluran pompa yang ada di dalam mesin cuci.
  6. Bagian arang/sikat aus atau hampir habis. Dalam kondisi ini kita harus mengganti bagian arang atau sikat tersebut.

Demikianlah cara memperbaiki mesin cuci yang bisa saya bahas pada kesempatan kali ini. Sekali lagi tutorial di atas sifatnya adalah umum, jadi ada potensi perbedaan dari gejala kerusakan yang ada di mesin cuci. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Televisi Yang Mengalami Mati TotalCara Memperbaiki Televisi Yang Mengalami Mati Total Dengan adanya televisi kita bisa mendapatkan hiburan dari berbagai macam media. Namun apa jadinya jika TV kita mengalami kerusakan. Tentunya hal tersebut akan membuat […]
  • Cara Memperbaiki Aki KeringCara Memperbaiki Aki Kering ​Saat sekarang ini, penggunaan aki kering sudah cukup menjamur di kalangan masyarakat. Beberapa sepeda motor pun  sudah menggunakan aki kering mini. Aki kering ini terkenal dengan mudahnya […]
  • Cara Memperbaiki Dan Reparasi Pompa Air Dengan MudahCara Memperbaiki Dan Reparasi Pompa Air Dengan Mudah Pompa air merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengambil air sumur untuk disalurkan ke tempat-tempat yang sudah disediakan.​ fungsi ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi […]
  • Cara Memperbaiki Keyboard LaptopCara Memperbaiki Keyboard Laptop Keyboard laptop merupakan salah satu bagian yang terpenting dan sangat vital fungsinya. Dengan menggunakan keyboard laptop kita bisa memasukkan teks atau kalimat sebagai bahan dari kerja […]
Cara Memperbaiki Mesin Cuci was last modified: January 2nd, 2015 by admin