Cara Memperbaiki Motherboard Dengan Mudah

By | January 4, 2015

Motherboard bisa dikatakan sebagai sebuah tempat dimana seluruh komponen yang ada pada komputer terpasang​. Jika mata mengalami masalah atau rusak tentunya seluruh komponen yang akan terpasang pada motherboard tidak akan bisa bekerja secara normal, bahkan bisa dikatakan tidak akan bisa bekerja. Memperbaiki motherboard merupakan perkara yang tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan  motherboard memiliki sistem yang cukup rumit dan biasanya hanya diketahui oleh para teknisi komputer. Cara memperbaiki motherboard sebenarnya merupakan perkara yang tidak bisa ditinggalkan dari sistem elektronika digital, sehingga kemampuan di bidang itu harus ada supaya kita bisa melakukan perbaikan pada motherboard.

Memang banyak pengguna komputer yang memilih untuk membeli motherboard yang baru daripada memperbaikinya. Hal tersebut dikarenakan memperbaiki motherboard terlalu sulit peluang keberhasilan nya cukup kecil. Disamping itu ada juga yang mencoba untuk membawa motherboard ke tempat reparasi. Hal tersebut juga memiliki kekurangan karena biasanya para teknisi motherboard akan membebankan biaya yang mahal pada proses perbaikan motherboard. Hal tersebut memang masuk akal karena seperti yang tadi saya sampaikan di awal bahwa memperbaiki motherboard merupakan pekerjaan yang cukup sulit.

Namun sesulit apapun pekerjaan dalam memperbaiki motherboard pastinya akan bisa dilakukan dan dikerjakan walaupun tingkat keberhasilannya belum tentu 100 persen. Termasuk anda juga bisa mencoba untuk melakukan perbaikan pada  motherboard jika suatu saat mengalami kerusakan.berikut ini akan saya bahas cara memperbaiki motherboard yang bisa anda tempuh dengan prosedur yang lebih mudah.

  1. Kerusakan awal biasanya ditandai motherboard tidak mau menyala pada saat menggunakan power dari baterai. Untuk menganalisa tahap awal pada bagian ini adalah kita  coba menggunakan laptop (jika masalah motherboard terletak pada laptop) tersebut langsung pada power adaptor. Perhatikan pada bagian lcd dan juga pada lampu indikator baik itu charger maupun power. Jika pada indikator charger dan power menyala, maka bisa disimpulkan bahwa bagian power adapter ini  dalam keadaan baik.
  2. Langkah kedua adalah mencoba untuk melepas baterai cmos yang ada di dalam laptop. Untuk melakukan pekerjaan tersebut tentunya anda harus membongkar casing laptop bagian bawah. Lakukan dengan hati-hati pada proses melepas casing laptop. Jika casing laptop sudah terbuka silahkan cari letak baterai cmos, lalu lepaskan. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk meng clear kan settingan bios supaya kembali ke default. Setelah itu pasang kembali baterai cmos pada motherboard. Selanjutnya hidupkan laptop tanpa menggunakan baterai, namun langsung menggunakan power adaptor.
  3. Jika langkah diatas belum mampu mengatasi motherboard yang mati, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada bagian memory atau RAM. Silahkan anda lepas keping ram yang ada di motherboard. Lanjutkan pembersihan pada pin kaki RAM. Anda bisa menggunakan penghapus pensil guna mempermudah proses pembersihan pin kaki RAM. Setelah selesai silahkan pasang ram kembali pada soket yang disediakan.silahkan uji coba nyalakan laptop anda.
  4. Jika langkah diatas juga belum membuahkan hasil, langkah berikutnya adalah dengan melakukan analisa kerusakan pada bagian Harddisk, Modem, Flashdisk, LCD panel, Cd/Dvd Rom, dan juga USB. Lakukan pengecekan dengan cara melepas satu persatu komponen yang dicurigai mengalami kerusakan. Langkahnya adalah kita coba lepas satu komponen dari laptop, lalu nyalakan laptop. Lakukan  pekerjaan tersebut secara berulang hingga ditemukan komponen yang bermasalah.
  5. Jika pada langkah diatas juga belum menemukan posisi dimana  penyebab motherboard laptop yang mati, maka perlu dicurigai yang mengalami masalah adalah pada bagian saklar power. Lakukan pengecekan dengan menggunakan alat multimeter.
  6. Jika pada tahapan terakhir ini belum ditemukan juga masalah di motherboard, maka mungkin anda perlu mempersiapkan diri untuk membawa  motherboard tersebut ke service center terdekat, karena bisa dipastikan letak kerusakannya berada pada komponen elektronika yang  ukurannya cukup kecil dan diharuskan untuk diganti oleh teknisi ahli.

Demikianlah tutorial cara memperbaiki motherboard yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Langkah diatas merupakan langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk mencari letak kerusakan pada motherboard. Jika memang kerusakan tersebut sudah parah dan sulit untuk  di identifikasi, maka lebih baik membawa motherboard tersebut ke service center resmi.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Motherboard Dengan Mudah was last modified: January 4th, 2015 by admin