Cara Memperbaiki Power Supply Komputer

By | February 22, 2016

Cara memperbaiki power supply komputer – Power supply komputer yang rusak tentunya akan menyebabkan komputer tidak akan bisa bekerja. Bahkan secara tidak langsung kerusakan pada power supply akan membuat komputer mati. Secara umum apabila komputer mengalami kerusakan di bagian power supply, maka langkah yang paling mudah adalah mengganti bagian poros apple tersebut. Namun apabila ternyata kondisi keuangan sedang tipis dan tidak memungkinkan untuk membeli power supply yang baru terlebih dahulu, maka alangkah baiknya mencoba untuk memperbaiki power supply komputer yang rusak tersebut.

Untuk bisa memperbaiki power supply komputer yang rusak dibutuhkan sedikit pengetahuan teknis di bidang elektronika. Dan pada kesempatan yang baik ini saya juga akan mencoba untuk berbagi pengetahuan dengan anda mengenai cara memperbaiki power supply komputer dengan melihat dari berbagai macam gejala kerusakan yang ada. Namun yang perlu digaris bawahi adalah proses memperbaiki power supply komputer yang rusak belum tentu berhasil, jadi anda harus bersiap-siap juga apabila nantinya anda mengalami kegagalan dalam kegiatan memperbaiki power supply komputer.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah proses memperbaiki power supply komputer adalah dengan melakukan pengetesan output tegangan. Langkah yang harus ditempuh adalah dengan menyalakan power supply itu sendiri,nya caranya yaitu dengan menghubungkan kabel berwarna hijau dengan hitam menggunakan kawat atau potongan dari tinol.
  2. Secara standar setelah anda menghubungkan kabel berwarna hijau dengan hitam, maka power supply akan aktif dengan ditandai berputarnya kipas pada power supply tersebut. Pada kondisi ini melakukan pengecekan keluaran tegangan untuk masing-masing kabel. Kabel berwarna kuning harus memiliki output minimal 12 volt dan kabel berwarna merah harus memiliki output minimal 5 volt. Apabila syarat minimal tidak terpenuhi pada output tegangannya, maka power supply tersebut sudah mengalami drop dan harus dilakukan proses pengecekan berikutnya untuk perbaikan.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi sikring atau fuse pada masukan tegangan 220 volt. Anda bisa memanfaatkan ohmmeter untuk melakukan hal tersebut. Apabila jarum ohm meter bergerak, maka kondisi sekring pada power supply tersebut adalah baik.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan transistor power switching. Transistor tersebut tugas untuk mengendalikan besarnya catu daya. Transistor jenis ini terdiri dari dua buah. Apabila salah satu mengalami kerusakan, maka langkah yang terbaik adalah dengan mengganti kedua transistor power switching tersebut.
  5. Lakukan juga pengecekan pada komponen dioda bridge. Kerusakan yang biasa terjadi pada dioda bridge adalah berupa kebocoran tegangan. Apabila dioda bridge mengalami kerusakan maka biasanya sumber daya listrik yang masuk tidak akan sampai ke komponen yang lain namun akan. Di komponen dioda bridge tersebut. Alangkah baiknya anda mengganti komponen dioda bridge apabila diketahui mengalami kerusakan. Gunakan ohm meter untuk mengetahui kondisi dioda bridge tersebut. Lakukan juga pengecekan pada bagian transistor yang berguna untuk membangkitkan pulsa power on reset.
  6. Kerusakan power supply juga kadangkala disebabkan oleh kondisi solderan komponen yang sudah tidak melekat kuat lagi. Kerusakan solderan pada komponen biasanya diakibatkan oleh suhu kerja komponen yang terlalu panas. Sehingga solderan pada kaki komponen akan melumer atau rusak. Lakukan penyolderan tulang pada beberapa kaki komponen yang terlihat sudah tidak bagus lagi.
  7. Dan langkah yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan pada beberapa komponen ic dan juga kapasitor. Pengecekan aisi hanya bisa dilakukan menggunakan multimeter, sedangkan pengecekan kapasitor selain bisa menggunakan multimeter juga bisa memanfaatkan perkiraan dari kita. Apabila kondisi kapasitor sudah melembung atau menggelembung bagian atasnya maka ada kemungkinan bahwa kapasitor tersebut mengalami kerusakan. Anda bisa menggantinya dengan kapasitor yang baru, tentunya dengan kapasitas dan tegangan kerja yang sama.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki power supply komputer yang rusak. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda sekalian. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer was last modified: January 23rd, 2016 by admin