Cara Memperbaiki Sepeda Motor Injeksi

By | November 6, 2014

​Teknologi motor injeksi merupakan teknologi motor baru sekarang ini. Ada banyak bagian yang berbeda antara motor injeksi dengan motor sebelumnya. Oleh sebab itu, banyak permasalahan dari motor injeksi yang sulit dipecahkan atau diselesaikan karena perbedaan teknologi tersebut. Apalagi jika motor injeksi mengalami kerusakan. Kita akan membutuhkan waktu untuk berpikir dan mencari solusi dari kerusakan tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang rusak tersebut? Untuk memperbaiki motor injeksi yang rusak tentunya dibutuhkan beberapa analisa dari penyebab kerusakannya motor injeksi.

Sistem kerja dari motor injeksi ini sebenarnya sudah berbeda dengan teknologi motor sebelumnya. Jika teknologi motor sebelumnya menggunakan karburator, pada teknologi motor injeksi ini keberadaan karburator sudah dihilangkan, dan diganti dengan sistem ecu atau lebih dikenal dengan sistem berbasis komputer. Dengan teknologi komputer inilah malahan yang akan menyebabkan sulitnya memperbaiki jika motor injeksi mengalami kerusakan.

Pada teknologi motor yang menggunakan karburator ketika motor mengalami mogok, maka akan dengan mudah ditelusuri penyebab dari mogoknya motor tersebut. Biasanya penelusuran dimulai dari karburator kemudian dilanjutkan ke busi dan terakhir adalah ke cdi. Namun pada teknologi motor injeksi sekarang ini chika motor mengalami mogok, maka kita akan sulit mendeteksi karena bagian karburator juga sudah dihilangkan.

Lalu dengan keadaan seperti itu apakah kita tidak bisa memperbaiki sepeda motor injeksi yang rusak tersebut? Tentunya banyak jalan menuju ke roma. Dan penyesalan juga untuk menganalisa penyebab dari mogoknya motor dengan sistem injeksi tersebut. Ada beberapa bagian dari motor injeksi yang perlu dilakukan pengecekan ketika motor tersebut mengalami kerusakan. Biasanya motor injeksi yang mogok penyebab utamanya adalah adanya penyumbatan diy bagian mesin apalagi di bagian filter injektor yang kerap sekali terdapat penyumbatan. Kemudian bagian lain yang sering sekali mengalami penyumbatan adalah di bagian filter mesin dan injector.

Pengobatan tersebut tentunya bisa berakibat aliran bahan bakar ke dalam ruang bakar menjadi tidak lancar. Penyematan itu terjadi lantaran adanya penumpukan kotoran pada mesin. Lalu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah tentunya dengan melakukan berbagai macam pengecekan di bagian mesin yang bermasalah tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan membuka bagian mesin motor injeksi tersebut lalu melakukan beberapa pengecekan di bagian yang berpotensi mengalami kerusakan pada penjelasan diatas. Jika memang ada penyumbatan pada bagian bagian yang sudah saya suka diatas makan kotoran penyumbatan tersebut haruslah dibuang. Namun pada saat membuang kotoran tersebut haruslah sangat hati hati, karena jika salah dalam melakukan pembersihan maka bukannya motor akan terus kembali namun malah akan menambah tingkat kerusakan motor injeksi tersebut.

Perlu di ketahui bersama bahwa pada beberapa bagian mesin tertentu di motor injeksi memiliki sifat yang sangat sensitif sehingga kita harus dengan sangat hati hati dalam melakukan perbaikan tersebut. Kalau tidak maka bisa berpotensi besar akan menambah tingkat kerusakan motor injeksi tersebut. Untuk mengeluarkan beberapa kotoran yang menyumbat baik itu di bagian filter injector ataupun yang lainnya, bisa menggunakan bantuan kompresor dengan tingkat tekanan udara yang rendah.

Cukup sekian artikel yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini. Semoga anda yang sedang mengalami masalah dengan motor injeksi yang rusak bisa menyelesaikan atau memperbaiki sendiri. Disamping apa yang sudah saya sampaikan di atas, memang masih ada dan banyak sekali penyebab dari kerusakan motor injeksi. Namun kasus yang paling banyak adalah karena adanya penumpukan kotoran di bagian filter. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Sepeda Motor Injeksi was last modified: November 6th, 2014 by admin