Cara Memperbaiki Sepeda Motor Mogok

By | November 16, 2014

​Pada saat sepeda motor mengalami mogok, maka tentunya para pengendara akan mencari solusi bagaimana cara mengatasi sepeda motor yang mogok tersebut. Memang, sepeda motor mogok tidak hanya terjadi di sepeda motor yang sudah tua, karena tidak men sekarang ini sepeda motor yang masih tergolong baru pun tidak luput dari yang namanya mogok tersebut. Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa sepeda motor bisa mengalami mogok. Ada yang disebabkan karena perawatan yang jarang sekali dilakukan, ada juga yang disebabkan karena hinaan yang tidak benar, misalnya banjir yang terlalu besar tapi saja diterobos sehingga air bisa masuk ke dalam saluran bahan bakar.

Ada banyak bagian yang harus dilakukan pengecekan ketika sepeda motor mengalami mogok. Hal tersebut dikarenakan motor adalah merupakan sistem kerja dari banyak bagian dan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain saling berkaitan. Jika satu bagian saja mengalami kerusakan tentunya dengan yang lain tidak akan bisa bekerja dengan maksimal, bahkan di beberapa bagian tidak akan bisa bekerja sama sekali.

Beberapa bagian yang perlu dicek ketika motor mogok adalah:

Busi

Busi merupakan bagian yang paling penting pada sistem pengapian sepeda motor. Dengan menggunakan busi, campuran antara bahan bakar dengan udara yang berasal dari karburator akan dibakar. Namun jika ternyata api yang berasal dari busi terlalu kecil makan campuran bahan bakar dengan udara yang berasal dari karburator akan sulit untuk dibakar yang tentunya berakibat sepeda motor sulit hidup. Solusi dari masalah ini tentunya dengan membersihkan bagian karton yang menempel di ujung busi. Jika tidak berhasil, makan busi harus diganti.

Karburator

Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk mencampur antara bahan bakar yang berasal dari tangki bensin dengan udara. Namun jika ternyata di dalam karburator juga ada cairan, maka tentunya akan menghambat proses pencampuran bahan bakar tersebut yang sangat berpotensi menjadikan motor mogok. Solusinya cukup mudah ditulis dengan cara membuang seluruh bahan bakar yang ada di karburator. Caranya yaitu dengan menutup kran bahan bakar dari tangki bahan bakar yang menuju ke karburator. Setelah itu kendorkan baut pembuangan bahan bakar. Nanti seluruh isi bahan bakar yang termasuk didalamnya adalah air akan ikut terbuang melalui selang pembuangan.

Aki

Pada sepeda motor injeksi di jaman sekarang ini aki mempunyai peranan sangat penting dalam proses kerja sepeda motor. Beberapa bagian penting dalam sepeda motor, misalnya ecu akan sangat membutuhkan tenaga dari aki. Sementara ecu itu sendiri mempunyai peranan mengatur sistem kerja seluruh motor. Jika tidak ada daya dari aki tentunya akan menyebabkan kerja ecu terganggu. Ketika kerja ecu terganggu maka seluruh sistem sepeda motor juga akan terganggu yang bisa berakibat sepeda motor menjadi mogok. Solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan isi ulang daya aki atau sering disebut dengan istilah charger aki.

Kabel yang konslet

Hal ini memang jarang sekali terjadi namun pada beberapa motor kadang temukan kasus seperti ini dimana beberapa bagian kabel mengalami konslet. Cara mendeteksi apakah ada beberapa bagian kapal yang konslet cukup mudah. Biasanya sepeda motor yang ada kabel yang konslet maka seluruh indikator dan lampu yang seluruhnya mengambil dari aki akan mati. Kalau kebetulan sepeda motor mogok tersebut memiliki ciri ciri seperti itu, maka bisa dipastikan ada bagian kabel yang mengalami konslet. Dari situ anda bisa mencari dimana letak kabel yang konslet tersebut.

Oli

Oli merupakan bagian yang berfungsi untuk melumasi seluruh komponen komponen di dalam mesin. Jika kondisi oli bagus maka seluruh sistem kerja mesin juga kemungkinan besar akan bagus. Namun, lantaran lupa atau faktor yang lain menyebabkan oli tidak diganti. Jika oli tidak diganti dalam periode tertentu, maka bisa mengakibatkan adanya komponen yang macetyang tentunya akan menyebabkan sepeda motor akan mengalami mogok. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti oli secara rutin dan berkala.

CDI

Bagian ini merupakan bagian yang langsung terkait dengan busi. Jika bagian cdi tidak mampu mensuplai arus yang tinggi ke busi, maka akan menyebabkan busi tidak akan mampu membentuk letupan api yang besar. Solusinya adalah dengan mengganti komponen cdi tersebut.

Demikianlah beberapa bagian yang perlu dicek ketika motor mengalami mogok. Setidaknya dengan mengetahui beberapa bagian penting dari sepeda motor, maka akan menjadi referensi bagi kita bagian mana saja yang perlu kita cek sehingga tidak menjalar ke mana mana. Semoga artikel singkat diatas bisa bermanfaat bagi anda terutama bagi yang sekarang sedang memiliki motor yang bermasalah alias mogok. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Sepeda Motor Mogok was last modified: November 16th, 2014 by admin