Cara Memperbaiki Televisi Yang Mengalami Mati Total

By | January 3, 2015

Dengan adanya televisi kita bisa mendapatkan hiburan dari berbagai macam media. Namun apa jadinya jika TV kita mengalami kerusakan. Tentunya hal tersebut akan membuat kita kehilangan waktu untuk menyaksikan berbagai macam acara di TV. Biasanya ketika TV kita mengalami kerusakan, maka kita akan membawanya ke tempat reparasi TV. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika kita mencoba memperbaiki kerusakan TV sendiri karena sebenarnya cara memperbaiki TV yang mati total tidaklah terlalu sulit.

Syarat yang harus dimiliki supaya kita bisa memperbaiki TV sendiri adalah kita harus memahami dasar elektronika dan dasar kelistrikan. Hal tersebut dikarenakan televisi tidak akan bisa terlepas dari komponen elektronika dan sistem kelistrikan.

Kemudian berbagai macam alat untuk mendukung proses memperbaiki TV mati total juga harus dipersiapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah obeng, tang, solder, timah solder dan juga multimeter. Jika seluruh alat sudah tersedia, makan kita bisa mulai memperbaiki TV yang mengalami kerusakan mati total tersebut.

Dibawah ini adalah cara memperbaiki TV yang mengalami mati total, yaitu:

  1. Silahkan dibuka seluruh casing penutup televisi.
  2. Selanjutnya silahkan cek pada bagian kabel power. Pastikan bahwa kabel power tersebut mampu mengalirkan listrik dengan baik dari jaringan listrik di rumah ke dalam unit televisi.
  3. Setelah di pastikan kabel power dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah kita melakukan pengecekan pada sekring bagian regulator. Pastikan juga sekering dalam keadaan baik.
  4. Langkah berikutnya adalah silahkan anda cek bagian tegangan yang berada pada komponen kapasitor power bank yang biasanya memiliki kapasitas sebesar 220 mikro farad dan tegangan kerja 400 volt. Silahkan lakukan pengecekan tegangan yang ada di komponen tersebut. Jika komponen tersebut memiliki tegangan antara 250 volt sampai dengan 300 volt maka kondisi kapasitor tersebut dalam keadaan baik.
  5. Selanjutnya silahkan lakukan pengecekan pada komponen dioda. Komponen dioda ini berfungsi untuk menyerahkan tegangan sebesar 300 volt DC.
  6. Apabila seluruh proses pengecekan tersebut menunjukkan bahwa kondisi komponen tersebut dalam keadaan baik, maka langkah berikutnya adalah silahkan lakukan pengecekan pada bagian tegangan keluarannya yang berasal dari trafo reguler yang berada pada kaki kapasitor. Kapasitor tersebut biasanya memiliki ukuran 100 sampai dengan 220 mikro farad dengan tegangan kerja 160 volt. Pastikan bahwa tegangan kerja yang ada pada komponen tersebut ada di kisaran 110 sampai dengan 125 volt.
  7. Apabila tidak ada tegangan kerja pada komponen tersebut, makan dimungkinkan letak kerusakan ada dibagian transistor regulator, IC driver atau STR.
  8. Apabila diketahui tegangan muncul akan tetapi nilainya berada di bawah tegangan normal, maka diperlukan proses pengecekan pada komponen transistor horisontal. Ada kemungkinan bagian tersebut mengalami short. Apabila memangtransistor tersebut mengalami short, maka kita harus menggantinya dengan transistor yang baru dengan tipe yang sama.
  9. Jika ternyata transistor tersebut dalam kondisi normal, komponen berikutnya yang perlu dicurigai mengalami kerusakan adalah pada bagian transformator playback short.
  10. Kita bisa mengetahui apakah tegangan B+ dalam kondisi normal atau tidak yaitu dengan cara melepas sebagian jalur positif dimana jalur tersebut mengarah kepada bagian kaki transformator playback.
  11. Langkah berikutnya adalah kita bisa mencoba untuk menyalakan televisi, dilanjutkan dengan melakukan pengecekan pada bagian tegangan B+. Jika nyatanya hasil pengecekanmenunjukkan kondisi yang normal maka bisa disimpulkan letak kerusakan ada di bagian transformator playback. Selain itu dimungkinkan juga kerusakan ada di bagian transistor horizontal.

Sekian informasi mengenai cara memperbaiki televisi yang mati total. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi anda terutama yang sekarang masih belajar pada bidang elektronika terutama di televisi.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Televisi Yang Mengalami Mati Total was last modified: January 3rd, 2015 by admin