Cara Memperbaiki Windows 7 Tanpa Harus Install Ulang

By | December 15, 2016

Memperbaiki windows 7 tanpa harus melakukan install ulang operating system bisa Anda lakukan dengan startup repair. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak begitu paham dengan komputer/ laptop akan menganggap nama ini begitu asing. Startup repair merupakan tool (alat) yang digunakan memperbaiki error (kesalahan)yang ada pada windows dengan cara memperbaiki windows 7 mengganti file operating system yang hilang ataupun file sistem yang rusak. Sebelum menjalankan tool start up repair, Anda harus memiliki CD instalasi windows 7 terlebih dahulu, dan pastikan semua memori eksternal sudah tidak menancap lagi pada perangkat yang akan Anda perbaiki.

Cara Memperbaiki Windows 7 Tanpa Harus Install Ulang

Tahap Pemakaian Startup Repair

Dalam penggunaan startup repair, ada beberapa tahapan yang sebaiknya Anda lakukan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cara memperbaiki windows 7 pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki kerusakan file sistem pada hardisk laptop/ komputer Anda. tool yang digunakan adalah Utility check disk yang menjadi bawaan dari windows sehingga Anda tidak perlu repot untuk mendownload. Selanjutnya, bersihkan dahulu berbagai virus yang kemungkinan menyerang perangkat Anda dengan menggunakan antivirus yang sudah terinstall pada perangkat.

Tahap ketiga cara memperbaiki windows 7 yang harus Anda lakukan adalah dengan menjalankan system file checker. Fitur ini berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki keseluruhan file sistem windows 7 dan mampu memperbaiki saat terjadi kerusakan. Pada windows 7, system file checker ini sudah dibawa dari pabriknya sehingga tidak usah bingung mencari di internet. Pada komputer/laptop bisa Anda ketik “sfc/ scannow” untuk melakukan perbaikan pada file sistem windows 7.

Tahapan terakhir sebelum menggunakan Startup Repair adalah dengan mem-back up system restore dan registery back up. Cara memperbaiki windows 7 ini dilakukan sebagai ajang berjaga-jaga apabila sistem tidak berjalan seperti yang diharapkan sehingga Anda dapat me- restore sistem dan restore system back up registery kembali. Tidak terlalu susah sebenarnya tahapan-tahapan sebelum menggunakan startup repair, hanya saja prosesnya agak panjang dan Anda dituntut untuk menghafal runtutan cara yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Mulai menggunakan Startup Repair

Saat mulai menggunakan startup repair, Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan antara Basic Mode, Advanced Mode, dan Custom Mode. Setelah masuk pada fitur ini, Anda tinggal membaca lebih lanjut apa yang muncul di layar dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. setelah klik sana-sini, proses yang Anda lakukan sudah selesai dan cara memperbaiki windows 7 sudah “sehat” kembali. Perlu diperhatikan, penggunaan software ini tidak begitu saja mampu memperbaiki sistem karena ada beberapa kasus yang membutuhkan penanganan khusus.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperbaiki Windows 7 Tanpa Harus Install Ulang was last modified: March 31st, 2016 by admin