Cara Memperkecil Resiko Saat Berkendara Dijalan Licin Karena Hujan

By | November 12, 2015

Cara memperkecil resiko saat berkendara dijalan licin karena hujan – Teknik berkendara di jalan yang licin tentunya berbeda dengan teknik berkendara di jalan yang normal. Jalan yang licin biasanya karena disebabkan oleh guyuran air hujan. Oleh sebab itu apabila anda kebetulan berkendara pada situasi kondisi sedang hujan maka tentunya teknik berkendara anda harus diubah.

Jalan akibat guyuran air hujan tentunya cukup beresiko menimbulkan kecelakaan apabila pengendara tidak hati-hati. Banyak sekali bagian yang harus diperhatikan oleh para pengendara, supaya perjalanan berkendara aman, nyaman dan tentunya selamat sampai tujuan. Apalagi jika hujan yang turun cukup lebat, banyak kemungkinan yang akan terjadi di jalan raya termasuk adalah tertutupnya lubang lubang pada jalan raya dengan genangan air.

Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi wawasan mengenai cara memperkecil resiko saat berkendara di jalan yang licin akibat hujan. Teknik ini tentunya bisa diterapkan oleh seluruh pengendara, bagi pengendara sepeda motor maupun pengendara mobil.

Cara Memperkecil Resiko Saat Berkendara Dijalan Licin Karena Hujan

Cara Memperkecil Resiko Saat Berkendara Dijalan Licin Karena Hujan

Di bawah ini adalah cara memperkecil resiko saat berkendara di jalan licin karena hujan:

  1. Langkah pertama adalah memastikan semua lampu kendaraan dalam kondisi baik. Pada saat kita berkendara di kondisi hujan, maka alangkah baiknya jika kita mengaktifkan lampu besar. Tujuannya adalah agar kendaraan kita lebih mudah untuk dilihat oleh pengendara yang lain yang berada di depan kita maupun yang ada di belakang kita. Pastikan juga lampu rem berfungsi dengan baik mana kalau anda menginjak pedal rem pada kendaraan.
  2. Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah mengecek kondisi ban. Anda harus memastikan bahwa tekanan udara yang ada didalam ban cukup baik. Apabila tekanan udara yang ada di dalam ban kurang, maka tentunya akan membuat kendaraan anda menjadi melayang diatas air atau mungkin bahkan menyebabkan mobil anda menjadi selip.
  3. Periksa juga kondisi bagian kemudi pada kendaraan. Pastikan bahwa seluruh kondisi bagian kemudi mulai dari pedal rem pedal kopling pedal gas dan bagian yang lainnya berfungsi dengan baik dan tidak terhalang oleh bagian lainnya. Jauhkan berbagai macam benda yang bisa mengakibatkan kondisi kemudi menjadi terganggu.
  4. Pastikan bahwa alas kaki tidak licin. Hal tersebut bertujuan supaya anda bisa lebih aman dan nyaman dalam mengemudikan kendaraan terutama mobil. Bagian alas kaki yang kering juga akan membuat pergerakan ke telapak kaki anda ke masing-masing pedal menjadi lebih baik. Pastikan juga tidak ada bagian yang merembes di dalam kabin mobil anda.
  5. Kurangi kecepatan mobil anda pada saat jalanan licin. Tentunya hal tersebut bertujuan agar anda lebih mudah mengendalikan mobil pada proses pengereman. Apabila mobil anda terlalu cepat melaju, maka tentunya anda akan lebih sulit untuk menghentikan laju kendaraan anda. Apabila anda melakukan pengereman secara mendadak juga akan membuat mobil anda tergelincir. Oleh sebab itu kontrol emosi anda untuk selalu memastikan bahwa kecepatan kendaraan anda selalu dalam batas wajar dan mudah untuk dikendalikan.
  6. Selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Jagalah jarak aman dengan kendaraan yang ada di belakang maupun di depan anda. Pastikan bahwa jarak tersebut mampu anda manfaatkan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengereman mendadak. Anda bisa memprediksi jarak dengan kendaraan di depan anda melalui lampu belakang dari kendaraan yang ada di depan anda, atau mungkin dengan menengok spion apabila kendaraan tersebut ada dibelakang anda.
  7. Hati-hati dengan genangan air. Hal tersebut dikarenakan di musim penghujan banyak sekali lubang jalan raya yang tergenang oleh air janganlahmemaksakan untuk menerjang lubang-lubang yang ada di jalan raya, karena kita tidak bisa memprediksi seberapa dalam lubang tersebut. Mungkin saja kalau lubang yang ada di jalan raya jika tidak terlalu dalam tidak akan menjadi masalah. Namun apabila ternyata lubang yang tergenang oleh air tersebut cukup dalam, maka tentunya akan membahayakan kondisi mobil dan pengendaranya.
  8. Kondisi banjir yang harus diwaspadai. Jangan sampai kita terjebak dengan macetnya jalan raya disertai dengan kondisi jalan yang banjir. Karena hal tersebut tentunya akan merepotkan kita. Apalagi jika mobil kita ikut terendam, maka tentunya sangat berbahaya bagi kondisi mesin dan juga kelistrikan yang ada di dalam mobil kita. Kemungkinan besar terjadinya konsleting pasti akan ada.

Demikianlah tutorial mengenai cara memperkecil resiko saat berkendara di jalan licin karena hujan. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selalu kunjungi blog sederhana ini.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Memperkecil Resiko Saat Berkendara Dijalan Licin Karena Hujan was last modified: October 27th, 2015 by admin