Cara Mendefrag Komputer Menggunakan Windows Defragment

By | February 9, 2016

Cara mendefrag komputer menggunakan windows defragment – Mendefrag komputer adalah salah satu bagian penting dari proses maintenance komputer berbasis sistem operasi windows. Fungsi dari proses beberapa itu sendiri adalah menata ulang posisi berbagai macam file di windows yang masih berantakan sekaligus merapikan berbagai macam file yang terdefragmentasi. Ada banyak software yang bisa digunakan untuk proses mendefrag hardisk namun pada bahasan artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara mendefrag komputer menggunakan windows defragment yang sudah disediakan di sistem operasi windows.

Komputer dengan sistem operasi windows yang secara rutin dan teratur akan membuat kinerja komputer akan selalu terjaga. Dengan proses defrag secara teratur maka posisi file yang ada di harddisk juga akan tertata rapi, sehingga windows akan lebih mudah mencari file yang diinginkan yang nantinya tentu akan berimbas performa dari sistem operasi windows menjadi lebih baik.

Cara mendefrag komputer menggunakan windows defragment juga memiliki konsep yang sama. Hanya saja karena perbedaan pada versi sistem operasi membuat tampilan dan cara memanggil software di windows menjadi berbeda. Untuk itulah anda harus memahami secara umum bagaimana langkah memanggil software yang berlaku di sistem operasi windows.

Berikut ini adalah cara mendefrag komputer menggunakan software defrag bawaan windows:

  1. Langkah pertama silahkan anda panggil software defrag bawaan windows dengan cara klik tombol start, kemudian pilih all program, lalu pilih aksesoris, pilih sistem tool dan cari disk defragmenter.
  2. Anda juga bisa mengganti langkah diatas dengan cara melakukan klik tombol start, kemudian dari disk defragment pada kolom pencarian. Cara ini berlaku untuk pengguna sistem operasi windows 7 ke atas.
  3. Setelah jendela disk defragment ditampilkan, langkah selanjutnya anda tinggal memilih disk mana yang akan di defrag. Lalu silahkan klik tombol analize atau langsung klik tombol untuk memulai proses file hardisk.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses file yang ada di dalam harddisk selesai.

Perlu diketahui bahwa proses membutuhkan waktu yang cukup lama apabila isi hardisk cukup besar. Dan yang perlu diketahui lagi adalah sangat disarankan untuk tidak menggunakan komputer pada saat proses disebut disk defrag. Larangan untuk menggunakan komputer pada saat proses disk defrag adalah supaya proses defrag hardisk tidak terganggu, karena apabila ada file yang sedang digunakan maka file tersebut tidak akan bisa ditata oleh software disk defrag tersebut.

Demikian tutorial singkat mengenai cara mendefrag komputer menggunakan software bawaan windows disk defrag. Mudah-mudahan artikel di atas bisa menambah ilmu dan wawasan anda sekalian. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mendefrag Komputer Menggunakan Windows Defragment was last modified: January 23rd, 2016 by admin