Cara Mengambil Data Dari Komputer Lain

By | February 14, 2016

Cara mengambil data dari komputer lain – Mengambil data dari komputer lain merupakan sebuah kebutuhan guna mempermudah proses transfer data antar komputer. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masih banyak pengguna komputer yang memindahkan data antar komputer menggunakan media penyimpan baik flashdisk maupun harddisk eksternal. Cara tersebut masih efektif ketika file yang dipindah berukuran kecil. Namun apa jadinya jika kita ingin meminta file berukuran besar hingga ratusan giga. Tentunya kita akan sangat repot apabila kita tetap menggunakan media flashdisk atau hardisk eksternal untuk memindah nya.

Apabila komputer kita kebetulan terhubung dalam satu jaringan lan, maka proses mengambil data dari komputer lain bisa dikerjakan dengan cukup mudah. Proses pemindahan data dari komputer yang satu ke komputer yang lain bisa dikerjakan dengan mudah tanpa harus repot mengcopy data yang akan dipindah ke dalam media penyimpanan. Cukup dengan melakukan beberapa langkah saja kita sudah bisa melakukan proses pemindahan data dari komputer yang diinginkan.

Pada kondisi ini saya anggap bahwa komputer yang mau mengambil data dan yang mau diambil datanya sudah terkoneksi dengan baik. Setting ip dari masing-masing komputer juga sudah dilakukan sehingga proses pemanggilan ip atau computer name dari komputer yang di ingin kan bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah cara mengambil data dari komputer lain:

  1. Pada komputer yang di ambil datanya, silahkan anda klik kanan folder yang akan diambil datanya lalu pilih menu properties.
  2. Selanjutnya silahkan anda masuk ke tab share
  3. Pada tab shared tersebut, silahkan anda klik tombol shared.
  4. Lalu silahkan anda klik edit box dropdown, lalu pilih everyone, lalu klik tombol add
  5. Berikutnya klik tombol share yang ada pada bagian bawah
  6. Masih di tab shared, klik tombol advanced sharing, lalu akan dimunculkan jendela baru.
  7. Silahkan anda checklist share this folder
  8. Dan akhiri dengan klik tombol apply lalu ok, atau langsung klik tombol ok saja
  9. Berpindah ke komputer yang akan mengambil data, silahkan anda klik menu start kemudian pilih menu run
  10. Pada editbox jendela run silahkan anda ketik \\ip komputer yang akan diambil datanya. Sebagai contoh \\124.564.874, lalu tombol ok atau tekan tombol enter di keyboard.
  11. Maka setelah itu sebuah jendela baru akan terbuka dimana di jendela tersebut terdapat folder yang sebelumnya sudah anda share dan siap untuk dicopykan atau dipindah ke komputer yang anda gunakan.

Demikian tutorial cara mengambil data dari komputer lain dengan mudah dan tentunya lebih praktis serta menghemat tenaga. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mengambil Data Dari Komputer Lain was last modified: January 23rd, 2016 by admin