Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

By | November 13, 2014

​Blue screen pada komputer windows merupakan salah satu masalah yang kerap sekali ditemui oleh sebagian besar penggunaan sistem operasi windows. Blue screen pada windows tersebut tentunya sangat mengganggu bagi pengguna komputer windows itu sendiri, apalagi yang menggunakan komputer sebagai alat untuk bekerja sehari hari. Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi blue screen pada windows tersebut? Ya, pastinya kerusakan yang terjadi pada windows tersebut bisa diperbaiki dengan berapa teknik dan cara.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa blue screen pada komputer windows merupakan sebuah kegagalan sistem dimana windos tidak mampu lagi untuk menangani dan mengatasi seragam bug error yang terjadi baik secara software maupun hardware. Sehingga untuk memproteksi supaya sistem tidak terganggu secara keseluruhan, biasanya windows akan memilih untuk merestart kan dirinya sendiri. Dengan cara seperti itu diharapkan kerusakan akibat kegagalan sistem bisa diminimalisir.

Namun proses dari merestart tersebut menyebabkan pengguna komputer windows malahan tidak bisa bekerja pangandaran komputernya selalu restart. Namun disamping restart sebenarnya juga ada 1 proteksi lagi yang disebut dengan istilah blue screen atau bsod. Kegagalan sistem yang ditandai dengan munculnya blue screen juga disebabkan karena banyak masalah. Namun dengan munculnya pesan blue screen, setidaknya para teknisi komputer akan bisa menganalisa penyebab dari munculnya bluescreen tersebut.

Paling banyak ditemukan, masalah blue screen timbul lantaran software yang berjalan tidak sempurna. Disamping itu hardware yang tidak kompatibel atau sudah mengalami kerusakan juga sangat berpotensi untuk menimbulkan blue screen. Cara mengatasi blue screen pada komputer windows tersebut tentunya bisa di lakukan dengan memperhatikan pesan yang muncul pada blue screen tersebut.

Baiklah, saya tidak perlu panjang lebar lagi, di bawah ini akan saya ulas sedikit cara memperbaiki blue screen pada komputer berbasis windows. Silahkan disimak dan dipelajari.

  1. Dengan menggunakan scan malware. Malware merupakan bagian dari kelompok pengganggu dan perusak system dimana keberadaannya bisa mempengaruhi sistem kerja dari sistem operasi windows itu sendiri. Malware bisa masuk dalam sistem operasi windows dengan level yang cukup jauh. Sehingga mau tidak mau kita sebisa mungkin untuk sekarang membersihkan seandainya malware sudah masuk ke dalam komputer kita. Cara membersihkan malware tentunya dengan menggunakan antivirus yang terupdate dengan database yang terbaru.
  2. Menggunakan system restore. Jika suatu saat sistem windows anda mengalami kerusakan, makan fitur dari system restore bisa anda coba untuk digunakan. Fungsi dari system restore itu sendiri adalah mengembalikan settingan dari sistem operasi windows tersebut ke settingan dimana windows tersebut bisa bekerja dengan baik dan benar. System restore ini akan mengembalikan seluruh settingan termasuk di dalamnya adalah software yang sudah terinstal.
  3. Boot ke dalam safe mode. Dengan mencoba boot ke dalam safe mode berarti anda akan mengurangi beragam software dan driver yang mesti load dalam sistem operasi windows tersebut.safe mode tersebut juga bisa mengurangi beban kerja dari ram dan prosesor komputer. Disamping itu, safe mode mempunyai kelebihan berbagai macam service untuk antivirus tidaklah berjalan, sehingga safe mode sangat baik digunakan pada proses scanning virus.
  4. Menginstal driver dengan update yang terbaru. Dengan menggunakan driver yang terupdate, tentunya kinerja dari komputer akan semakin lebih bagus, karena software yang berperan sebagai pengendali hardware ini dalam kondisi yang paling baru. Tentunya, software yang di update tersebut adalah yang terbaik dari sekian ragam dan seri software driver yang pernah dikeluarkan oleh produsen hardware.
  5. Pengecekan terhadap masalah hardware. Walaupun jarang sekali terjadi, namun pada kenyataannya ketika kita mengganti hardware kadangkala komputer kita mengalami kerusakan atau error blue screen. Bluescreen tersebut muncul biasanya setelah kita menambahkan hardware baru. Jika anda mengalami kondisi seperti itu, maka bisa dipastikan hardware yang ada pasang bermasalah. Ram yang rusak juga biasanya akan menyebabkan blue screen pada
  6. Solusi paling jitu untuk mengatasi blue screen adalah dengan melakukan instalasi ulang sistem operasi. Dengan melakukan instalasi sistem operasi secara benar, maka juga akan berefek pada kinerja komputer yang cepat juga. Walaupun terkesan cukup sulit untuk melakukan instal ulang sistem operasi, namun pada kenyataannya setelah kita coba melakukan instalasi sistem operasi sendiri terkesan cukup mudah.

Demikianlah keenam paparan singkat pada postingan kali ini yang pertama cara memperbaiki atau mengatasi blue screen pada windows. Semoga saja apa yang saya posting kali ini bisa memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi pengunjung sekalian. Sekali lagi, saya selaku admin hanya bisa mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda pada blog yang sederhana ini. Semoga anda kedepan bisa lebih sering berkunjung ke perpustakaan. Silahkan di coba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows was last modified: November 13th, 2014 by admin