Cara mengatasi komputer restart sendiri

By | February 4, 2016

Cara mengatasi komputer restart sendiri – Komputer restart sendiri tentunya memang sangat menjengkelkan. Apalagi jika komputer tersebut sedang kita gunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang penting atau dikejar deadline. Maksud hati ingin membawa komputer yang restart sendiri ke teknisi, namun kita tetap dikejar waktu supaya pekerjaan lebih cepat selesai. Apabila kita bawa komputer tersebut maka sangat dimungkinkan waktu untuk menyelesaikan atau memperbaiki komputer yang restart sendiri perkolong cukup lama karena harus antri terlebih dahulu dengan yang lainnya.

Sebenarnya kita bisa mencoba terlebih dahulu mengatasi komputer yang restart sendiri. Asalkan kita mengetahui dasar-dasar dari perangkat keras komputer, maka setidaknya kita akan bisa menyelesaikan masalah komputer tersebut. Rata-rata permasalahan komputer yang restart sendiri terletak pada perangkat keras, walaupun tidak menutup kemungkinan perangkat lunak atau software sistem operasi juga sangat berpengaruh besar menimbulkan komputer sering restart sendiri.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi komputer yang restart sendiri termasuk adalah penyebabnya. Dengan metode seperti itu tentunya anda akan lebih terbantu dalam mendiagnosa sumber permasalahan dari komputer yang restart sendiri sekaligus langkah-langkah bagaimana mengatasinya supaya komputer menjadi normal kembali.

Berikut ini adalah cara mengatasi komputer restart sendiri lengkap dengan penyebabnya:

  1. Penyebab pertama komputer sering restart sendiri adalah prosesor yang terlalu panas atau sering disebut overheat. Processor yang terlalu panas biasanya disebabkan oleh banyaknya debu yang menempel di sekitar prosesor. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda lepas heatsink kemudian anda bersihkan permukaan processor menggunakan tisu atau kain yang lembut. Setelah permukaan processor kembali bersih silahkan anda oleskan pasta processor kemudian anda pasang kembali heatsink. Silahkan anda coba gunakan komputer kembali.
  2. Penyebab yang kedua komputer sering restart sendiri adalah kondisi power supply yang sudah drop atau tidak mampu mensuplai daya ke perangkat-perangkat yang ada di komputer. Untuk mengatasi hal tersebut tidaklah ada jalan lain kecuali kita mengganti power supply tersebut dengan yang baru jika memang kita sudah tidak ada waktu lagi untuk memperbaiki power supply tersebut. Namun apabila anda masih memiliki waktu untuk memperbaiki power supply tersebut tentunya hal tersebut akan lebih menghemat pengeluaran anda. Cara memperbaiki power supply yang rusak bisa anda lihat pada artikel yang lain yang juga sudah saya tulis pada blog ini.
  3. Hardisk yang salah satu bagiannya terkena bad sector juga menjadi salah satu penyebab komputer sering restart sendiri. Komputer akan restart sendiri ketika berusaha membaca file yang ada di bagian bad sector tersebut namun selalu gagal. Untuk melindungi sistem supaya tidak corrupt, maka komputer akan merestart dirinya sendiri. Untuk memperbaiki hal tersebut anda bisa mencoba melakukan scanning hardisk. Apabila bad sector itu terjadi karena kesalahan file maka biasanya masalah tersebut bisa terselesaikan. Namun apabila bad sector tersebut terjadi karena masalah hardware atau fisik, maka biasanya bad sector secara hardware akan sulit diperbaiki. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat partisi yang nantinya bagian yang bad sector tersebut dimasukkan ke dalam satu partisi yang tidak digunakan lagi.
  4. Vga yang rusak biasanya akan membuat komputer restart sendiri. Untuk memastikan apakah vga mengalami kerusakan atau tidak cukup mudah dilakukan yaitu dengan cara menjalankan game atau permainan yang berbasis grafis. Apabila pada kondisi normal komputer tidak restart sendiri, namun ketika digunakan untuk menjalankan game berbasis grafis komputer restart sendiri, maka bisa dicurigai vga mengalami kerusakan atau permasalahan. Untuk mengatasi vga yang rusak bisa anda coba dengan membersihkan konektor pada bagian kakinya dengan menggunakan penghapus pensil. Apabila cara tersebut tidak berhasil, maka vga yang rusak tersebut haruslah diganti dengan yang baru.
  5. Bagian lain yang sering membuat komputer restart sendiri adalah ram komputer. Ram yang rusak atau kendor pada socketnya sangat berpotensi membuat komputer restart sendiri. Bahkan kadang kala hanya karena konektornya yang kotor juga akan membuat komputer restart sendiri. Untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut tentunya anda perlu mencabut ram dari soketnya, kemudian membersihkan ram tersebut menggunakan penghapus pensil lalu memasangnya kembali.

Demikianlah tutorial mengenai cara mengatasi komputer restart sendiri yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara mengatasi komputer restart sendiri was last modified: January 23rd, 2016 by admin