Cara Mengatasi Mesin Sepeda Motor Cepat Panas

By | December 15, 2014

Mesin motor yang pada saat digunakan terlalu panas lama kelamaan akan membuat mesin motor mengalami kerusakan​. Penyebab dari terlalu panasnya mesin motor memang cukup beragam. Banyak yang berpotensi menyebabkan panas mesin motor menjadi berlebihan. Oleh karena itulah kita perlu cara mengatasi mesin sepeda motor yang cepat panas. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti terus bahasan pada artikel kali ini.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi mesin sepeda motor yang cepat panas adalah sebagai berikut:

Secara teratur kita mengganti oli mesin

Dengan melakukan penggantian oli mesin secara teratur, maka kita juga sebenarnya melakukan proses perawatan pada seluruh bagian mesin yang ada di dalam. Dengan mengganti oli mesin secara teratur pula kita sebenarnya mengurangi banyaknya gesekan-gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin, yang pastinya karena minimnya gesekan yang ada di dalam mesin, maka panas yang akan muncul pada mesin juga bisa berkurang. Sejarah umum kita perlu mengganti oli mesin ketika jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km.

Kita harus tepat dalam memilih dan menggunakan oli

Pemilihan oli yang tepat akan membuat performa mesin tetap terjaga. Pemilihan oli ini berdasarkan zat aditif dan juga kekentalan. Ada motor yang membutuhkan oli dengan kekentalan tinggi, namun ada pula motor yang membutuhkan oli yang sedikit encer. Seperti apa oli yang dibutuhkan oleh motor kita? Anda bisa melihat jawabannya pada buku manual motor yang anda gunakan.

Lakukan pengecekan pada proses distribusi oli di dalam mesin

Pastikan bahwa semua komponen yang ada di dalam mesin mendapatkan proses pelumasan oli yang merata. Jangan sampai ada bagian di dalam mesin yang kering tanpa adanya proses pelumasan dari oli, karena hal tersebut pastinya akan membuat komponen tersebut menjadi extra panas.

Cek posisi piston pastikan dalam kondisi standar

Untuk hal ini kita bisa serahkan ke ahlinya yaitu para mekanik yang sudah bekerja di bengkel, karena untuk proses pengecekan posisi piston membutuhkan keahlian yang khusus.

Cairan pendingin harus diganti secara teratur

Bagaimana hari yang menggunakan radiator pastinya akan membutuhkan cairan pendingin. Cairan pendingin yang lama tidak diganti kiranya akan berubah menjadi kotor. Jika sudah terjadi seperti itu, maka berpotensi cairan tersebut tidak akan bisa mengalir secara sempurna. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap mesin yang didinginkan. Gunakan juga cairan pendingin yang sudah direkomendasikan.

Radiator harus dibersihkan secara rutin

Lagu terbaru berfungsi untuk menjaga supaya sirkulasi cairan yang ada di dalamnya bisa bekerja secara maksimal tanpa adanya potensi tersumbat atau yang lainnya.

Kondisi kepala silinder dan sirip harus dalam kondisi bersih

Untuk melakukan pengecekan kondisi ini juga kita bisa serahkan ke akhirnya. Pada saat kita melakukan servis rutin kita bisa minta tolong kepada teknisi untuk melakukan pengecekan kondisi kondisi kepala silinder dan sirip.

Kita bisa menambah kipas pada radiator

Walaupun terlalu ekstrim, penambahan kipas pada radiator akan sangat berpengaruh terhadap proses pendinginan mesin. Minimal proses pendinginan mesin akan lebih terbantu dengan adanya kipas tambahan. Tinggal yang sulit biasanya adalah bagaimana kita memasang kipas tambahan tersebut.

Busi dengan tipe dingin bisa kita gunakan

Busi dengan tipe dingin banyak sekali yang menjualnya. Namun memang harganya cukup berbeda dengan busi busi standar. Kisaran harganya sekitar 50.000. Busi dingin ini bisa juga disebut dengan istilah busi racing.

Bagian pelindung kaki bisa dibuka untuk memperlancar sirkulasi udara.

Pada beberapa motor, seperti pada motor satria FU terdapat bagian yang namanya pelindung kaki. Bagian ini bisa dibuka untuk memperlancar sirkulasi udara dalam proses pendinginan mesin.

Sekian dulu informasi singkat pada postingan kali ini. Semoga langkah mengenai cara mengatasi mesin sepeda motor cepat panas diatas bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Akhir kata, selamat mencoba beberapa langkah di atas, semoga sukses dan berhasil.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mengatasi Mesin Sepeda Motor Cepat Panas was last modified: December 15th, 2014 by admin