Cara Mengatasi Sepeda Motor Lecet

By | December 21, 2014

Karena resiko penggunaan, sepeda motor bisa mengalami lecet. Lecet harga sepeda motor bisa disebabkan karena terserempet, tersenggol, atau beberapa kondisi lain yang disitu terjadi proses gesekan antara body sepeda motor dengan benda lainnya. Cara mengatasi sepeda motor lecet tidaklah terlalu sulit. Namun, sebagian orang lebih memilih ke bengkel untuk mengatasi sepeda motor yang lecet tersebut. Akan tetapi, bagi anda pengguna sepeda motor yang ingin berhemat, sebenarnya ada cara yang sangat mudah dimana anda bisa mengatasi sepeda motor yang lecet.

Lecet pada sepeda motor memang tidak berpengaruh kepada performa mesin. Namun lebih berpengaruh kepada penampilan sepeda motor. Tentunya sepeda motor yang mulus tanpa lecet akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan sepeda motor yang banyak lecet. Disamping itu, sepeda motor yang banyak lecet sentuh akan membuat pengendara sepeda motor tersebut kurang percaya diri.

Beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan sebelum kita melakukan perbaikan pada sepeda motor yang hari adalah ct epoxy, amplas, cat warna dan timbul. Epoxy berfungsi supaya warna cat yang baru nantinya lebih hidup, disamping juga berfungsi untuk menambah keras bagian yang didempul. Untuk melakukan pengecatan yang baru pada bagian yang di dempul bisa menggunakan spray gun jika memilikinya. Namun jika tidak anda juga bisa menggunakan cat semprot sederhana semacam pilox.

Cara mengatasi sepeda motor lecet bisa dilakukan dengan langkah langkah di bawah ini:

  • Amplas bagian yang akan ditempuh menggunakan amplas jenis kasar. Kemudian jika sudah dirasa halus, perhalus bagian yang di amplas tadi menggunakan apa yang lebih halus. Lakukan hal tersebut sampai dengan menggunakan amplas yang sangat halus.
  • Dempul bagian yang sudah halus tadi. Lakukan dengan sangat hati hati. Gunakan alat dempul yang baik. Namun jika anda sulit melakukannya bisa menggunakan tangan secara langsung. Biasanya mendempul untuk bagian yang sulit dijangkau.
  • Jika kebetulan ada menggunakan dempul kering maka boleh dicampur kan air.
  • Jika proses pendempulan sudah selesai, lanjutkan dengan proses pengecatan menggunakan epoxy.
  • Tunggulah beberapa saat tinggal epoxy betul betul kering.
  • Lanjutkan proses pendempulan menggunakan epoxy jika dirasa masih ada bagian yang kurang halus atau kurang rata.
  • Langkah finishing untuk proses mengatasi sepeda motor yang lecet adalah dengan melakukan pengamplasan pada dempul epoxy tadi. Silahkan amplas menggunakan jenis amplas halus pada bagian dempul epoxy hingga dirasa halus.
  • Proses terakhir adalah dengan melakukan pengecatan pada bagian yang di dempul pagi menggunakan cat yang anda miliki.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengatasi sepeda motor yang lecet. Tentunya langkah diatas akan lebih murah dibandingkan jika anda membawa sepeda motor lecet ke bengkel. Anda bisa berhemat puluhan ribu bahkan sampai dengan ratusan ribu untuk proses memperbaiki atau mengatasi sepeda motor yang lecet.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mengatasi Sepeda Motor Lecet was last modified: December 21st, 2014 by admin