Cara Mengecek CDI Sepeda Motor

By | December 15, 2014

CDI merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor. CDI sepeda motor berfungsi membangkitkan listrik tegangan tinggi​ yang nantinya akan di umpankan ke busi sepeda motor. Jika komponen CDI ini mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan. Lalu apakah ada cara memperbaiki CDI sepeda motor yang rusak tersebut? Ternyata sampai dengan saat ini belum ada cara yang efektif untuk memperbaiki CDI, kecuali menggantinya dengan yang baru. Yang ada barulah langkah bagaimana melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah kondisi CDI sudah rusak atau belum.

Untuk mengetahui kondisi CDI sepeda motor sudah rusak atau belum kita membutuhkan sebuah alat ukur yang namanya voltmeter. Dengan menggunakan voltmeter kita akan mengetahui tegangan kerja yang dimiliki oleh CDI sepeda motor tersebut.

Langkah langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan kerusakan pada CDI adalah sebagai berikut:

  • Pastikan posisi voltmeter bisa mengukur tegangan kerja sampai dengan diatas 300 volt.
  • Hubungkan kabel yang berwarna merah pada voltmeter kabel CDI yang menuju ke bagian koil.
  • Hubungkan kabel yang berwarna hitam pada voltmeter kebagian massa atau ground pada sepeda motor. Lebih mudahnya anda bisa hubungkan kabel berwarna hitam tersebut ke bagian body sepeda motor.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mencoba untuk menghidupkan sepeda motor tersebut, baik menggunakan elektrik starter maupun kick starter.
  • Perhatikan jarum yang ditunjukkan pada voltmeter. Jika jarum yang ada di voltmeter bergerak dengan posisi jarum menunjuk kan tegangan diatas 200 volt maka bisa dikatakan bahwa ada tegangan listrik yang bekerja pada CDI tersebut, bisa disimpulkan kondisi CDI masih bagus.
  • Berbeda ketika jarum yang ada di voltmeter dalam kondisi diam, walaupun sepeda motor dicoba untuk dihidupkan. Pada kondisi ini bisa disimpulkan kemungkinan CDI sepeda motor mengalami kerusakan.
  • Pemukiman di atas bisa dipastikan kebenarannya dengan catatan kondisi tegangan dan arus listrik dari spul ataupun pulser masih baik. Cara mengetahui 2 komponen tersebut masih baik adalah dengan mengukur tegangan yang keluar dari kedua komponen tersebut. Cara melakukan pengukurannya juga sama, yaitu menghubungkan kabel merah kebagian kabel spul yang menuju CDI dan kabel hitam dihubungkan ke bodi sepeda motor atau ground.
  • Jika tidak ada alat ukur voltmeter, maka bisa dilakukan pengecekan CDI sepeda motor dengan langkah yang cukup sederhana, yaitu lepas kabel di CDI yang menuju ke koil. Setelah itu tempelkan ke bagian bodi sepeda motor lalu coba nyalakan sepeda motor tersebut. Jika terdapat percikkan api, maka dimungkinkan CDI masih dalam kondisi yang cukup bagus.

Cukup sekian info cara mengecek kondisi CDI sepeda motor. Inti nya sebuah CDI sepeda motor jika sudah mengalami kerusakan maka akan cukup sulit untuk diperbaiki. Yang ada hanyalah mengganti dengan CDI sepeda motor yang baru.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Sepeda Motor InjeksiCara Memperbaiki Sepeda Motor Injeksi ​Teknologi motor injeksi merupakan teknologi motor baru sekarang ini. Ada banyak bagian yang berbeda antara motor injeksi dengan motor sebelumnya. Oleh sebab itu, banyak permasalahan dari […]
  • Cara Modifikasi Cb150rCara Modifikasi Cb150r Siapa sih yang tidak kenal dengan sepeda motor honda Cb150r? Sepeda motor honda Cb150r merupakan salah satu sepeda motor yang masuk ke dalam kategori sepeda motor […]
  • Cara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda MotorCara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor Lampu sein pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan menggunakan lampu sein pada sepeda motor, pengguna lain akan mengetahui ke arah mana sepeda motor […]
  • Cara Modifikasi VarioCara Modifikasi Vario Sepeda motor Honda Vario merupakan salah satu jenis sepeda motor matic yang cukup handal di jalanan. Apalagi sepeda motor Vario memiliki body yang cukup ramping dimana dia […]
Cara Mengecek CDI Sepeda Motor was last modified: December 15th, 2014 by admin